Minggu, 21 Februari 2021

10 Tips Agar Cepat Pulih Pasca Persalinan


Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan adalah masa pemulihan usai persalinan normal. Pasalnya, tidak sedikit ibu yang mengalami nyeri akibat luka robek pasca persalinan.
Seorang dokter obgyn bernama Anna Targonskaya, MD mengatakan bahwa waktu pemulihan pasca persalinan normal merupakan waktu dimana seorang wanita membiarkan tubuh serta vagina kembali pulih. Sehingga, 10 Tips Agar Cepat Pulih Pasca Persalinan ,jangan berharap tubuh dapat pulih hanya dalam waktu singkat.

10 Tips Agar Cepat Pulih Pasca Persalinan , Waktu pemulihan mungkin berbeda pada setiap orang karena sistem tubuh wanita berbeda dalam menanggapi kehamilan dan persalinan,” kata Targonskaya, dikutip dari laman Flo.

  1. Kompres es
    Biasanya, 24 jam pertama pasca melahirkan, dokter akan menyarankan ibu untuk mengompres area bengkak di daerah vagina dengan menggunakan es. Hal ini diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan.
  2. Mandi air hangat
    Mandi air hangat selama 20 menit juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri. Namun, ibu harus mengusahakan untuk menghindari posisi berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama.

Selain itu, sebelum dan sesudah buang air kecil, ibu juga bisa mengusap area perineum dengan air hangat guna mencegah iritasi pada kulit yang robek karena air seni.

  1. Lakukan senam kegel
    Selanjutnya, ibu bisa mulai mencoba senam kegel setelah melahirkan atau usai ibu merasa nyaman. Pasalnya, gerakan dalam senam kegel dapat memperkuat kembali otot dasar panggul, sehingga dapat mengontrol buang air kecil atau stres inkontinensia. Ibu dapat melakukan latihan senam kegel sebanyak 3 set setiap harinya.
  2. Konsumsi makanan bergizi
    Menjaga pola makan bisa membantu meredakan kelelahan dan melawan sembelit usai melahirkan. Usahakan untuk makan lima porsi kecil sepanjang hari ya, Bunda.
    Makanan harus mengandung kombinasi karbohidrat kompleks dan protein untuk energi. Selain itu, perbanyak konsumsi serat untuk mencegah wasir.
  3. Perbanyak minum air putih
    Selain makanan bergizi, kebutuhan cairan tubuh juga harus diperhatikan setelah melahirkan normal. Minumlah setidaknya delapan gelas per hari.

Hindari juga konsumsi minuman alkohol dan berkafein. Jenis minuman ini bisa memengaruhi suasana hati dan bikin Bunda sulit tidur.

  1. Gunakan pakaian longgar
    Hindari mengenakan pakaian ketat usai melahirkan normal. Sebab, tubuh kita masih merasa sakit akibat persalinan.

Jika tetap ingin mempertahankan aliran darah yang sehat dan menjaga tekanan di seluruh tubuh, gunakanlah pakaian yang longgar.

  1. Jangan paksakan buang air besar
    Jangan coba-coba mendorong atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Sebaiknya, minum banyak cairan, makan makanan tinggi serat, guna membantu melunakkan feses.
    Memaksakan buang air besar bisa meningkatkan tekanan pada bagian tubuh yang sudah sakit. Akibatnya, pemulihan usai melahirkan normal jadi lebih lama.
  2. Istirahat cukup
    Setelah melahirkan dan memiliki bayi, tubuh mungkin mudah lelah. Untuk mengatasinya, Bunda bisa beristirahat dengan tidur.

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional secara keseluruhan. Jika memungkinkan, coba tidur saat si kecil juga tidur.

  1. Periksa tiroid
    Kelelahan dan perubahan berat badan umumnya dialami ibu usai melahirkan normal. Tapi, masalah ini bisa menandakan Bunda mengalami masalah tiroid lho.

Perlu diketahui, beberapa wanita dapat mengalami masalah tiroid dalam satu tahun usai melahirkan. Meski tiroid bisa kembali normal, tidak ada salahnya memeriksakan ke dokter.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri
    Usai melahirkan normal, ibu biasanya mengalami nyeri serta kram dan mungkin berlanjut saat menyusui. Nyeri umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Jika rasa nyeri mengganggu dan tak kunjung hilang, sebaiknya tanyakan dokter untuk diresepkan obat pereda nyeri. Perlu diingat, jangan konsumsi obat sembarangan ya.

BACAAN TERKAIT