Jumat, 15 Januari 2021

Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental


Berkebun merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan dan bisa membuat hati gembira. Ini telah dibuktikan oleh penelitian medis dengan berkebun bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda.
Berkebun bisa dilakukan disela- sela kesibukan seperti pada pagi hari atau waktu pulang kerja sore hari, dengan adanya aktifitas berkebun bisa meningkatkan kesehatan jantung,

Ini 5 manfaat berkebun untuk kesehatan fisik dan mental sebagai berikut :

  1. Menurunkan berat badan
    Dengan berkebun tubuh akan bergerak dan bisa membakar kalori tubuh, bisa turun 5-7 kilogram. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Westminster University, Inggris, seseorang yang rutin mengurus tanaman di kebun maupun pot memiliki angka BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak suka berkebun.
  1. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Meski bukan tergolong aktivitas kardio, berkebun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dalam the British Journal of Sports Medicine, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Berkebun memang membuat tangan Anda kotor. Namun, bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian dalam jurnal Science. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi.
  3. Menjaga kesehatan otak
    Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun bermanfaat dalam melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.
  4. Meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan
    Kekuatan tangan, fleksibilitas, dan koordinasi, merupakan hal yang penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Berkebun merupakan cara yang efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Sumber : hellosehat.com

BACAAN TERKAIT