Jumat, 19 Maret 2021

Ini Dia 5 Rekomendasi Pasta Gigi Untuk Gigi Berlubang!


Sehabis makan yang manis-manis atau sebelum tidur, orang tua kita pastilah menyuruh anaknya untuk pergi menggosok gigi. Tentu saja saat menggosok gigi kita menggunakan sikat gigi dan pasta gigi atau kalian lebih sering menyebutnya dengan odol. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya pasta gigi memiliki beberapa macam?

Ya, pasta gigi memiliki beberapa macam jenis yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masinng gigi, seperti terdapat pasta gigi untuk gigi yang sensitif, gigi berlubang ataupun untuk memutihkan gigi. Nah sehubungan dengan macam dari pasta gigi, kali ini kita akan membahas tentang salah satu dari jenis pasta gigi, yaitu pasta gigi untuk gigi berlubang.

Sebelumnya apa kamu tahu pasta gigi terbuat dari bahan apa saja? Apakah pasta gigi untuk gigi berlubang bahannya sama dengan jenis yang lainnya? Yuk kita simak!

Kandungan Pasta Gigi Untuk Gigi Berlubang

Ternyata tidak semua jenis pasta gigi bisa cocok untuk gigi yang berlubang. Penyebab dari gigi berlubang atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu karies atau cavities adalah karena terdapat penumpukan pada plak gigi karena tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik.

Plak sendiri merupakan lapisan yang terbentuk akibat dari sisa hasil makanan, air liur serta banyaknya bakteri. Lalu bakteri tersebut kemudian berkembang dan menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan luar gigi (enemel). Jika lapisan terluar pada gigi terus terkikis, bukan tidak mungkin dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Besar atau tidaknya gigi berlubang juga ditentukan oleh banyaknya bakteri yang menumpuk pada gigi. Maka dari itu, sebelum gigi menjadi berlubang harus dirawat dengan baik dan benar, dengan cara minimal menggosok gigi minimal sebanyak dua kali sehari.

Pada umumnya kandungan bahan pada pasta gigi untuk gigi berlubang haruslah terdapat fluoride dan bahan aktif lainnya yang dapat mencegah gigi berlubang di dalamnya. Fluoride merupakan sebuah mineral yang dapat melindungi bagian terluar gigi dari bakteri dan terbukti efektif untuk mencegah, melindungi dan memperkuat lapisan terluar gigi.

Kamu tidak perlu khawatir terhadap fluoride ini, karena Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa fluoride dalam pasta gigi aman untuk digunakan. Selain itu juga pastikan untuk mengecek bahan lainnya dalam pasta gigi dan menghindari bahan yang menjadi pemicu alergi atau iritasi seperti parabens, asam sitrat, natrium lauril sulfat dan lainnya.

Perlu ditegaskan bahwa pasta gigi untuk gigi berlubang ini memiliki peran untuk mencegah dan melindungi dari berlubangnya gigi, sehingga jika gigi sudah berlubang besar tidak dapat membuat lubang pada gigi tertutup atau sembuh. Jika sudah terlanjur berlubang besar, dianjurkan untuk segera menemui dokter.

Setelah tahu dengan bahannya, dibawah ini terdapat beberapa rekomendasi pasta gigi untuk gigi berlubang yang bisa dijadikan referensi untuk membeli pasta gigi nantinya. Yuk langsung kita intip!

ina palm 2021

5 Rekomendasi Pasta Gigi Untuk Gigi Berlubang

1. Pasta Gigi Sensatia Botanicals Herbal Blend Natural Toothpaste

finroll sensatiabotanicals

Pasta gigi Sensatia Botanicals ini memadukan bahan-bahan herbal dan ekstrak peppermint di dalamnya. Selain itu juga terdapat beberapa bahan aktif seperti calcium glycerolphosphate, organic sea salt dan minyak daun betel. Kandungan bahan aktif ini dapat membantu melindungi dan memperkuat lapisan terluar gigi sehingga gigi berlubang pun dapat dihindari.

2. Pasta Gigi Colgate Maximum Cavity Protection

finroll colgate

Di dalam pasta gigi Colgate Maximum Cavity Protection mempunyai kandungan agen abrasif yang bermanfaat untuk menyapu bersih sisa makanan yang bisa menyebabkan terbentuknya plak gigi. Selain itu rasa mint pada pasta gigi membuat nafas menjadi segar dan sudah disetujui oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan FDA (Foods and Drugs Administration) sehingga aman untuk digunakan.

3. Pasta Gigi Sensodyne Repair and Protect Extra Fresh

finroll sensodyne

Pasta gigi dari Sensodyne ini dapat melindungi gigi berlubang sekaligus memberikan perlindungan untuk gigi yang sentif. Terdapat juga teknologi Novamin yang dapat membentuk lapisan mineral hingga 1,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan alami dentin. Hebat bukan pasta gigi yang satu ini? Memiliki dua keuntungan dalam satu produk saja!.

4. Pasta Gigi Enzim Classic Mild

finroll enzim

Produk pasta gigi yang satu ini mempunyai tiga bahan aktif di dalamnya, yaitu enzim Amiloglucosidase (AMG), Laktoperoksidase (LPO) dan Gluco-oksidase (GO) yang dapat mengontrol perkembangan dari bakteri dalam mulut. Kelebihan lainnya adalah pasta gigi Enzim Classic Mild tidak menggunakan detergen, yang mana detergen ini berfungsi sebagai pembuat busa pada pasta gigi sehingga tidak membuat mulut menjadi kering setelah menggosok gigi.

5. Pasta Gigi Pepsodent Fresh Cool Mint

finroll pepsodent

Pasta gigi Pepsodent ini memiliki double action formula yang dapat bekerja dengan maksimal dan efektif melindungi dari gigi berlubang. Selain itu terdapat bahan Active Micro-Calcium dan Pro-Fluoride Complex yang merupakan agen pelindung terbaik bagi gigi serta membuat nafas menjadi segar karena terdapat mint di dalamnya.

Nah itu dia beberapa rekomendasi pasta gigi untuk gigi berlubang. Kalau kamu mau pilih yang mana nih? Jangan lupa untuk memilih sesuai kebutuhan ya dan juga jangan lupa untuk rajin menggosok gigi kamu. Happy Smile Happy Me!

Komentar

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACAAN TERKAIT