Sabtu, 27 Februari 2021

Air Mawar Memiliki Berbagai Manfaat Untuk Wajah, Apa Saja?


Air mawar memang sudah lama dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit favorit. Manfaat air dari mawar mulai dari melembapkan kulit, mengatasi iritasi, hingga melawan tanda-tanda penuaan dini. Air mawar adalah air yang dihasilkan dari kelopak bunga mawar yang disuling menggunakan teknologi uap. 

Mengingat wanginya yang khas, bahan alami yang umum digunakan di Iran dan wilayah Timur Tengah ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Meski demikian, air mawar juga dapat diolah menjadi bahan dasar dalam sejumlah produk kecantikan hingga bahan makanan dan minuman. 

Apa Manfaat Air Mawar ? Simak Penjelasan Berikut Ini

1. Air Mawar Sebagai Toner Wajah

Salah satu manfaat air mawar yang utama adalah sebagai toner wajah. Menggunakan toner wajah yang terbuat dari air mawar dapat membuat kulit wajah lembap dan tampak segar. Fungsi toner wajah dari air mawar juga mampu membersihkan pori-pori wajah dari tumpukan kotoran, minyak, dan sisa make up yang tak ikut terangkat saat proses mencuci muka.  Di samping itu, penggunaan toner wajah dari air mawar secara rutin dapat mencegah pembentukan jerawat yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. 

2. Air Mawar Mengencangkan kulit

Manfaat air mawar berikutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Sebuah laporan ilmiah mengemukakan bahwa air mawar mengandung tanin. Kandungan tanin tersebut diyakini mampu memberi efek cerah pada kulit serta pori-pori kulit lebih kencang. 

3. Air Mawar Mengobati jerawat

Manfaat air mawar untuk wajah berjerawat mungkin bisa menjadi kabar baik untuk kamu. Manfaat air mawar untuk wajah berjerawat muncul berkat kandungan antimikroba di dalam air mawar yang dipercaya dapat meringankan peradangan pada jerawat secara alami. Sebuah studi menyatakan bahwa penggunaan minyak mawar terbukti efektif sebagai zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

Tak hanya mengurangi ukuran jerawat yang meradang dan memerah, manfaat air dari mawar bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Guna memaksimalkan manfaat air mawar untuk wajah berjerawat, Anda bisa memakai serum wajah atau krim khusus untuk jerawat yang mengandung essence air mawar.

4. Air Mawar Memperlambat tanda-tanda penuaan

Memperlambat tanda-tanda penuaan juga jadi manfaat air mawar untuk wajah. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Inflammation, manfaat air dari mawar untuk menghambat tanda-tanda penuaan berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Fungsi antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan polusi udara dan radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Dengan demikian, dengan menggunakan air mawar, tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput serta garis halus di wajah dapat dihindari. 

5. Air Mawar Meringankan iritasi kulit

Manfaat air mawar untuk wajah lainnya adalah meringankan iritasi kulit. Air mawar merupakan produk perawatan kulit yang memiliki pH 4.0-4.5. Sebuah hasil riset yang dimuat dalam Journal Current Problems in Dermatology menyarankan penggunaan produk perawatan kulit dengan rentang pH 4.0-5.0 untuk meminimalisir gejala iritasi kulit yang mungkin timbul. 

6. Meredakan Peradangan Pada Kulit

Meredakan peradangan pada kulit ternyata juga merupakan manfaat air mawar untuk wajah. Menurut jurnal yang diterbitkan National Institute of Health Amerika Serikat, manfaat air dari mawar untuk meredakan peradangan pada kulit berasal dari kandungan asam fenolat dan vitamin C.

Manfaat air dari mawar dapat meringankan peradangan yang disebabkan oleh kulit terbakar sinar matahari (sunburn), penggunaan kosmetik yang menimbulkan kulit kemerahan, hingga penyakit kulit tertentu, seperti eksim dan rosacea. Selain itu, manfaat air dari mawar mengandung antiseptik dan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Terutama jenis luka yang disebabkan oleh goresan maupun luka bakar.

infimas Mulia

7. Air Mawar Mengatasi Mata Lelah

Manfaat air mawar lainnya adalah mengatasi mata lelah. Kamu hanya perlu mengompres area kelopak mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Kemudian, diamkan selama 5 menit. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata. 

Selain berbagai manfaat seperti yang disebutkan di atas, air mawar juga bermanfaat sebagai penghambat pertumbuhan elastase dan kolagenase yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Meski air mawar aman digunakan, waspadai pula efek sampingnya!

Sumber : SehatQ

BACAAN TERKAIT