Selasa, 9 Februari 2021

Tips Agar Perut Tak Terasa Begah Usai Makan Siang


Setelah separuh hari bekerja, waktu makan siang merupakan momen yang ditunggu untuk kembali mengisi energi sebelum lanjut bekerja.

Hanya saja, Anda terkadang tak menyadari bahwa waktu selepas makan siang kerap menjadi perjuangan terberat untuk tetap terjaga di tempat kerja. Rasa mengantuk hingga perut begah sering terjadi karena kurangnya kontrol saat makan siang.

Untuk itu, berikut sejumlah cara menyegarkan kembali diri Anda dan menghindari food coma atau perut begah usai jam makan siang.

1. Buat tubuh bergerak

Sebelum kembali bekerja, bangun dari meja Anda dan coba bergerak dengan jalan cepat di sekitar kantor atau rumah Anda.

Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan pencernaan. Anda akan bersemangat selama Anda tidak banyak duduk.

Usahakan berjalan ke toilet terjauh atau bahkan berjalan ke toilet satu lantai ke atas. Anda juga dapat melakukan beberapa peregangan saat melakukannya.

2. Makan siang yang lebih ringan

Setelah makan, tubuh Anda mengangkut lebih banyak darah ke sistem pencernaan Anda.

Makanan berat membutuhkan lebih banyak darah, yang menyebabkan kekurangan darah dan nutrisi sementara di otak Anda, sehingga menyebabkan rasa pening.

Untuk mengatasinya, coba makan lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat.

Kurangi karbohidrat seperti pasta dan roti, karena membuat otak Anda memproduksi serotonin, zat kimia yang membantu menciptakan suasana hati yang tenang dan menyenangkan, sekaligus membuat triptofan, zat kimia yang bertanggung jawab atas kantuk.

Protein adalah cara terbaik karena terbukti membuat Anda merasa lebih kenyang dibandingkan dengan jumlah kalori yang sama dari karbohidrat atau lemak.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

3. Bicaralah dengan kolega Anda

Coba berbincang-bincang dengan kolega Anda (SMS, Zoom, atau tatap muka) karena satu atau dua menit itu bisa membuat perbedaan.

Mudah-mudahan, sesuatu yang lucu muncul dari percakapan dan Anda akan tertawa terbahak-bahak. Ledakan energi itu diyakini akan menghasilkan keajaiban.

4. Minum banyak air

Pastikan untuk menghindari minuman berkarbonasi atau minuman manis setelah makan. Mereka dapat membuat kadar gula Anda lebih tinggi, menghambat orexin, zat kimia otak yang membuat Anda merasa terjaga.

Memiliki banyak air tidak hanya baik untuk kesehatan, Anda juga akan mendapatkan energi karena terus berjalan ke toilet.

5. Makan apel

Lawan kantuk dengan mengunyah apel – semua gerakan rahang Anda dengan setiap gigitan renyah akan membuat Anda melewati penurunan di sore hari.

Proses mencerna gula alami membantu membangunkan tubuh Anda dan kemudian mempertahankannya selama yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproses apel. Pilihan sehat ini juga bisa mengalahkan konsumsi kafein.

6. Acupressure

Berikan tekanan pada titik-titik stimulasi acupressure ini – bagian atas kepala Anda, atas belakang kedua sisi leher Anda, tepat di bawah kedua lutut dan di bagian belakang tangan Anda di antara ibu jari dan telunjuk.

Menurut penelitian oleh Pusat Penelitian Kelelahan dan Sakit Kronis Sistem Kesehatan University of Michigan, acupressure dapat membantu tetap terjaga dan terhindar dari begah.

7. Mengirim Kabar ke teman

Alihkan pikiran Anda dengan mengirim kabar ke teman. Ini memberi Anda sesuatu untuk difokuskan dan kemungkinan akan mencerahkan hari Anda, sehingga Anda memiliki lebih banyak motivasi untuk terus bekerja.

Namun jangan lakukan ini terlalu lama, karena ini justru bisa mengganggu tugas yang sedang dikerjakan.

Sumber : cnnindonesia.com

BACAAN TERKAIT