Connect with us

Peristiwa

Pindah Ibukota, Ini Dua Kabupaten yang Diusulkan Gubernur Kaltim

Published

on


Finroll.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor ke Istana Kepresidenan hari ini. Kedatangannya bertepatan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi ibu kota baru.

Kepada awak media, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor ke Istana Kepresidenan mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan dua kabupaten untuk dijadikan lokasi ibu kota RI yang baru.

“Kawasannya yang sudah kita sampaikan kepada Bapak Presiden, kita sampaikan kepada tim pengkaji, termasuk kepala Bappenas, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan nyambung ke Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata dia ditemui, Senin (26/8/2019).

Isran menjelaskan bahwa dua kabupaten itu saling berdekatan dan akan cukup luas bila dijadikan lokasi ibu kota baru.

“Dua kabupaten itu terhubung dan itu yang kita tawarkan yang kita sampaikan kepada Pak Presiden,” tegas dia.

Berdasarkan dokumen rencana pemindahan ibu kota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kaltim punya delapan keunggulan untuk menjadi lokasi ibu kota baru.

Pertama, Kaltim dekat dengan dua bandar udara (bandara) besar di Balikpapan yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan bandara besar di Samarinda yaitu Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

Kedua, Kaltim dekat dengan akses jalan tol Balikpapan-Samarinda yang sepanjang 99,35 kilometer (km). Ketiga, Kaltim dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Keempat, Kaltim memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih.

Keunggulan yang kelima dari Kaltim yakni memiliki struktur demografi heterogen. Maksudnya, sebagian besar penduduk Kaltim merupakan pendatang.

Sehingga, masyarakat Kaltim lebih mudah menerima hal-hal baru atau juga bertemu dengan pendatang-pendatang baru lainnya. Perlu diketahui, dengan pemindahan ibu kota ke Kaltim maka sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta juga turut pindah ke Kaltim.

Kaltim memiliki lokasi delineasi Kaltim dilewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di sekitar Selat Makassar. Keunggulan tersebut membuat Kaltim bebas dari bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran hutan.

Ketujuh, letak Kaltim tidak berbatasan langsung dengan batas negara. Terakhir, Kaltim memiliki ketersediaan lahan dengan status Area Penggunaan Lain (APL), hutan produksi dengan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan hutan produksi yang bebas konsesi, keunggulan ini menjadi bekal pemerintah untuk mempermudah pengadaan lahan ibu kota baru.

Meski memiliki delapan keunggulan yang jadi bekal pemerintah menentukan calon ibu kota, Kaltim masih memiliki dua kelemahan.

Pertama, Kaltim masih memiliki potensi bencana banjir pada wilayah yang dekat dengan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Kedua, ketersediaan sumber daya air tanah di Kaltim masih rendah.

Nasional

Di Surabaya 1.000 Lebih Pasien Corona Berhasil Sembuh

Published

on

Finroll – Jakarta, Jumlah pasien sembuh dari virus corona (Covid-19) di Jawa Timur terus bertambah. Tercatat pada Rabu (3/6) jumlah pasien Covid-19 yang sembuh atau terkonversi negatif mengalami pertambahan sebanyak 292 orang.

Dengan tambahan 292 pasien itu, maka total pasien Covid-19 yang sembuh di Jawa Timur mencapai 1.091 orang. Sehingga rasio tingkat kesembuhan di Jatim mencapai 20,55 persen.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang tekah bekerja keras luar biasa.

“Terus bertambahnya pasien Covid-19 kita yang sembuh ini, tak lepas dari kerja keras dari seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang dan memberikan dedikasi terbaiknya untuk menyembuhkan para pasien,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (3/6) malam.

Khofifah pun mengajak para pasien yang telah sembuh dari Covid-19 itu agar mau melakukan donor plasma, atau plasma convalescent. Menurutnya hal itu akan sangat membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 dengan kondisi berat hingga sangat berat.

“Akan sangat bermanfaat bagi pasien Covid-19 lain yang kondisinya berat dan sangat berat,” kata Khofifah.

Meski demikian, terdapat pula pertambahan sebanyak 172 pasien terkonfirmasi positif baru, sehingga total kumulatif kasus positif corona di Jatim menjadi 5.310 orang. Dari jumlah itu 3.727 pasien di antaranya masih menjalani perawatan.

Tambahan sebanyak 172 kasus itu rinciannya yakni 1 dari Lumajang, 7 dari Kota Batu, 1 dari Magetan, 19 dari Sidoarjo, 1 dari Bondowoso, 1 dari Kota Pasuruan, 2 dari Mojokerto, 10 dari Gresik, 5 dari Pasuruan, 35 dari Kediri.

Kemudian 1 dari Ponorogo, 1 dari Pamekasan, 2 dari Kota Mojokerto, 2 dari Kota Malang, 1 dari Kota Kediri, 2 dari Bojonegoro, 5 dari Jombang, 5 dari Situbondo, 5 dari Malang, 11 dari Sampang, 55 dari Kota Surabaya dan 36 dalam tahap verifikasi domisili.

Selain itu, jumlah pasien meninggal juga bertambah sebanyak 8 orang. Rinciannya 2 dari Sidoarjo, 1 dari Pamekasan, 2 dari Jombang, 3 dari Kota Surabaya. Sehingga jumlah total pasien Covid-19 Jatim yang meninggal dunia menjadi 437 orang, atau setara dengan 8,23 persen.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Nasional

Anies Berkeras Tolak Warga Masuk Jakarta Tanpa SIKM

Published

on

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan masyarakat luar Jabodetabek yang hendak masuk ke Jakarta wajib mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM). Bagi yang tidak memiliki SIKM, dipastikan tidak dapat masuk ke wilayah Jabodetabek.

“Saya imbau ke masyarakat, bila tidak punya SIKM, kedinasan yang relevan dalam 11 sektor, jangan lakukan perjalanan, tunda, kerja dari jauh pakai video conference,” kata Anies di KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5).

Anies menegaskan pesan ini sudah disampaikan sejak April lalu. Saat itu ia meminta agar warga tidak meninggalkan Jakarta, dan kalaupun sudah terlanjur keluar Jakarta maka proses kembalinya akan dipersulit.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memastikan, bagi warga yang tidak mengantongi SIKM akan langsung diputar balik kembali ke daerah asal.

“Tunda dulu ke Jakarta. daripada memaksa berangkat dan harus diputar balik,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini tentu akan membuat masyarakat yang diputar balik merasa tidak nyaman. Namun, hal ini harus ditegaskan lantaran demi mencegah penyebaran virus corona semakin masif.

“Bagi mereka yang merasa dikembalikan mungkin tidak nyaman, tapi lebih tidak nyaman lagi bagi jutaan warga Jakarta bila kita membiarkan orang keluar masuk, artinya kita tidak menghargai kerja keras jutaan orang yang berada di rumah selama dua bulan,” tuturnya.

Kebijakan pembatasan keluar masuk Jakarta tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta.

Dalam Pasal 4 ayat 3 Pergub tersebut dinyatakan, larangan berpergian keluar atau masuk provinsi DKI Jakarta hanya berlaku bagi masyarakat yang yang tidak memiliki KTP non-Jabodetabek. Sementara itu, bagi warga yang berdomisili dan ber-KTP Jabodetabek masih bisa leluasa berpergian di dalam area Jabodetabek.

“Mereka yang tidak punya surat izin keluar masuk tidak akan diperbolehkan untuk lewat. Dan persyaratan ini harus dipenuhi,” kata Anies saat konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Senin (25/5). (CNN)

Continue Reading

Nasional

Kasus Positif Akan Naik, BNPB Sebut Puncak Covid-19 Awal Juni

Published

on

Finroll – Jakarta, Kurva puncak penyebaran corona atau Covid-19 di Indonesia diperkirakan kan terjadi pada awal Juni 2020.

Pelaksana tugas Deputi II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengatakan setelah mengalami puncak Covid-19, kurva akan menurun.

“Kalau puncak di sana (awal Juni), kita juga harus siap dengan kapasitas rumah sakit. Insya Allah nanti kalau semuanya testing ini selesai dan puncaknya bisa tercapai, dan setelah itu mudah-mudahan bisa landai ke bawah,” tutur Dody dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI yang berlangsung secara daring pada Selasa (12/5).

 Jumlah kasus positif corona atau Covid-19 di Indonesia, Selasa (12/5) mencapai 14.749 kasus, sementara jumlah pasien meninggal berjumlah 1.007 orang, dan pasien sembuh sebanyak 3.063 orang.

Dilansir dari peta sebaran di situs covid19.go.id, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 484 orang.

“Jumlah pasien dalam perawatan 10.679 orang,” demikian informasi dari situs covid19.go.id, Selasa (12/5) pukul 15.25 WIB.

Dodi juga mengatakan, pekan depan akan banyak kenaikan jumlah kasus positif karena jumlah orang yang diperiksa juga bertambah.

“Nanti mungkin jangan kaget bapak ibu bahwa minggu depan itu akan cenderung banyak naiknya,” kata Dody.

Menurut Dody, Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 sedang meningkatkan kapasitas baik dari segi laboratorium maupun sumber daya manusia. Targetnya, lanjutnya, kenaikan kapasitas pengecekan mulai akhir pekan ini.

Sementara, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia bahkan dunia, hingga saat ini belum dapat menjawab mengenai pertanyaan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

Perlu disadari bahwa hingga saat ini memang belum ditemukan vaksin untuk mengobati Covid-19. Kendati demikian, beberapa ahli dan pakar dunia tengah berlomba untuk menemukan ramuan yang tepat untuk mengobati virus SARS-CoV-2 yang utamanya menyerang paru-paru manusia tersebut.

“Seluruh dunia juga tidak tahu, karena virus ini, untuk vaksinnya belum ditemukan. Jadi, maka dari itu, sampai dengan vaksin belum ditemukan, kita harus bisa selalu berhadapan dengan virus ini,” ungkap Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta (12/5).

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending