Connect with us

International

Purti Raja Salman Akan Diadili di Paris Terkait Dugaan Kasus Penganiayaan

Published

on


Purti Raja Salman Akan Diadili di Paris Terkait Dugaan Penganiayaan

Finroll.com – Putri Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, akan disidangkan di Paris bulan depan, atas tuduhan menyuruh pengawalnya memukuli seorang pekerja di ibukota Perancis, kata sebuah sumber kepada kantor berita AFP hari Rabu (12/6).

Kasus terhadap Putri Hassa binti Salman berasal dari dugaan serangan di Avenue Foch, apartemen mahal di Paris barat pada September 2016.

Sidang pengadilan dijadwalkan pada 9 Juli, kata sumber itu. Tersangka korban mengatakan, ia dipekerjakan untuk melakukan perbaikan di apartemen Putri Hassa. Putri itu marah setelah pekerja itu memotretnya, dan sang putri menuduhnya foto itu akan dijual ke media.

Dia menuduh sang putri, yang dikatakan berusia 40-an, kemudian memerintahkan pengawalnya untuk memukulinya.

Majalah Le Point melaporkan, putri itu berteriak: “Bunuh dia, anjing, dia tidak pantas hidup”.

Pekerja itu mengatakan, ia dipukul di wajahnya, tangannya diikat dan dipaksa untuk mencium kaki sang putri selama disiksa satu jam. Peralatan kerjanya disita sebelum dia diijinkan pergi.

AFP melaporkan pada saat kejadian bahwa luka-lukanya sangat parah sehingga ia diminta untuk tidak bekerja selama delapan hari.

[source: voa]
Advertisement Valbury

International

Kapal Perang AS Meledak, 21 Orang Luka-luka

Published

on

By

Ledakan dan kebakaran kapal USS Bonhomme Richard di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di San Diego. (AP/Lt. John J. Mike)

Finroll.com, Jakarta – Sedikitnya 21 orang terluka akibat ledakan dan kebakaran di atas kapal USS Bonhomme Richard di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di San Diego. Insiden itu terjadi ada Minggu 12/7 waktu setempat.

“Tujuh belas Pelaut dan empat warga sipil sedang dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa di rumah sakit setempat,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Letnan Commander Patricia Kreuzberger mengatakan para pelaut di USS Bonhomme Richard mengalami luka ringan akibat kebakaran dan telah dilarikan ke rumah sakit.
Dilansir dari CNN, Pasukan Angkatan Laut Pasifik AS pada Minggu sore menulis di Twitter bahwa semua kru telah meninggalkan kapal.

Salah seorang petugas pemadam kebakaran San Diego (SDFD), Mónica Muñoz, mengatakan petugas pemadam kebakaran menembakkan tiga alarm di kapal pada Minggu pagi. Beberapa agensi berbeda juga dilaporkan ikut membantu memadamkan kobaran api.

“Federal Fire mengerahkan kru mereka di atas kapal bersama kru pemadam kebakaran Angkatan Laut AS dari tepi pantai untuk melawan api guna menemukan titik api dan memadamkannya,” kata Kepala Divisi Federal Fire San Diego, Rob Bondurant, dalam sebuah pernyataan.

Hingga kini belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran. Namun seorang pejabat pertahanan menyebut laporan awal menunjukkan kebakaran dimulai di dek sumur (the well deck). Dek sumur merupakan tempat keluar-masuknya kapal pendarat kecil dari perut kapal. Dia juga mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Mark Esper telah diberitahu tentang insiden tersebut.

Menurut Angkatan Laut AS, USS Bonhomme Richard adalah kapal serbu ambifi. Ketika kebakaran terjadi, ada 160 orang di dalamnya dan saat ini kapal yang memiliki seribu awak itu tengah menjalani perawatan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Petahana Andrzej Duda Terpilih Lagi Jadi Presiden Polandia

Published

on

By

Presiden Polandia Andrzej Duda. (AFP/JANEK SKARZYNSKI)

Finroll.com, Jakarta – Petahana, Andrzej Duda telah memenangkan pemilihan presiden Polandia pada pilpres putaran kedua, Minggu (12/7) yang berlangsung sengit. Duda akan menjadi presiden Polandia untuk kedua kalinya dalam waktu lima tahun ke depan.

Dilaporkan Associated Press, Komisi pemilihan Polandia mengatakan bahwa Duda mengantongi 51,21 persen suara dari 99,97 persen distrik. Duda unggul atas rivalnya, Rafal Trzaskowski yang mendapatkan 48,79 persen suara.

Kepala komisi pemilihan, Sylwester Marciniak mengatakan hasil resmi penghitungan suara akan diumumkan kemudian.

Marciniak mengatakan hasil penghitungan suara bisa sedikit berbeda, tetapi Duda sudah unggul dengan mengantongi hampir 500 ribu suara lebih banyak dari Trazskowski.

“Terima kasih kepada rakyat Polandia yang memilih suara dan memberi suara mereka. Saya ingin berterima kasih kepada kalian dari lubuk hati yang paling dalam,” katanya kepada massa yang berkumpul di Pultusk.

Kemenangan Duda mengakhiri kampanye sengit yang didominasi isu-isu budaya. Media pemerintah hingga gereja Katolik turut berpengaruh memberikan dukungan pada Duda yang merupakan politikus Partai Hukum dan kehakiman.

Partai yang menaungi Duda berusaha untuk memperbesar mayoritas di parlemen dan memberlakukan kebijakan sosial, yudisial dan imigrasi yang konservatif. Banyak pihak di Uni Eropa mengkritisi kebijakan semacam itu, menyebutnya anti-demokratis.

Kebijakan itu termasuk melarang kelas mengenai hak-hak kaum gay di sekolah. Dia pernah menyebut homoseksualitas lebih buruk dibanding komunisme.

Sementara rivalnya dari Partai Platform Sipil, Trazskowski saat kampanye berjanji untuk mempertahankan program kesejahteraan yang populer, tapi mengatakan akan memblokir segala legislasi yang katanya tidak konstitusional. Dia juga mengatakan akan memulihkan hubungan baik dengan Uni Eropa.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

International

Mengenal Teknologi Kereta Peluru Jepang Shinkansen Terbaru

Published

on

By

Ilustrasi kereta cepat Jepang Shinkansen. (Rsa via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-3.0)

Finroll.com, Jakarta – Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan kelancaran perjalanan.

Kereta juga disebut mampu mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas rata-rata.

Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada 2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi operasional, kecepatan akan dibatasi di 285 kilometer per jam.

Perusahaan perakit  kereta baru ini sangat menekankan keamanan. Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan sehingga  berhenti lebih cepat jika terjadi keadaan darurat.

Kereta juga dilengkapi dengan sistem self-propulsion baterai lithium-ion  yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap berjalan meski saat listrik padam.

Kereta juga mampu berjalan ke lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa bumi.

Dilansir dari Japan Times, lebih banyak kamera juga telah dipasang di setiap gerbong, ditingkatkan dari  dua kamera menjadi enam di setiap gerbong.

Beberapa komponen juga ditingkatkan sehingga akan memakan lebih sedikit di bawah kereta dibandingkan dengan  model yang lama. Hal ini membuat jumlah gerbong bisa ditingkatkan dari 4 menjadi 16 gerbong.

Desain Ini juga mengurangi konsumsi energi sekaligus mempercepat waktu produksi, menjadikannya pilihan yang lebih menarik bagi operator internasional.

“Dengan membuat mekanisme di bawah lantai N700S lebih ringan dan lebih ringkas, kami menciptakan standar baru. Standar baru ini juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis kami ke luar negeri,” ujar wakil kepala departemen bisnis kereta  Central Japan Railway (JR Central), Masayuki Ueno.

Dilansir dari CNN, penampilan N700S tidak terlihat terlalu berbeda dari model N700 atau N700A yang lama.

Tapi apabila dilihat lebih dekat, kereta baru memiliki hidung yang lebih bersudut, ‘pipi’ yang lebih lebar dan desain lampu yang lebih ramping.

Di bagian interior, kursi yang dirancang baru memungkinkan penumpang untuk berbaring lebih jauh, menawarkan kenyamanan lebih terutama untuk pengendara jarak jauh. Setiap kursi juga memiliki colokan listrik tersendiri.

Pencahayaan interior telah dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan lebih santai. Rak bagasi di atas kepala akan menyala di setiap pemberhentian untuk mengingatkan penumpang terhadap barang-barang mereka.

Sistem suspensi aktif baru dapat membantu menyerap gerakan kereta sehingga perjalanan akan terasa lebih mulus dan minim getaran.

Huruf ‘S’ dari N700S adalah singkatan dari ‘Supreme’ melayani jalur Tokaido Shinkansen, yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

Ini adalah model kereta peluru baru pertama yang ditambahkan ke jalur Tokaido Shinkansen oleh JR Central dalam 13 tahun, Peluncuran yang semula dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade Tokyo pada 2020 yang ditunda menjadi 2021 akibat pandemi Covid-19.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending