Rabu, 2 Juni 2021

5 Tips bagi Pemula yang Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Berlari


Melakukan latihan kardio selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Meski demikian, jika kita adalah seseorang yang lebih suka berlari untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelumnya, terutama bagi para pemula. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang perlu diperhatikan, simak lima tips bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari sebagai berikut ini.

  1. Melakukan pemanasan dan peregangan Jangan mulai berlari tanpa pemanasan dan peregangan yang tepat. Sebab, melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berlari dapat membantu otot mengembang dan meningkatkan refleks yang pada gilirannya mencegah cedera.

Berbagai jenis latihan peregangan atau pemanasan dapat membantu kita melumasi sendi dan otot-otot.

  1. Pakai sepatu lari yang tepat Jika kita adalah seorang pelari atau pemula yang ingin berlari, maka kita harus memiliki sepasang sepatu lari yang tepat. Menggunakan sepatu lari yang bagus tidak hanya akan mencegah segala bentuk cedera, tetapi juga membuat lari kita lebih lancar dan konsisten.

Sepasang sepatu yang bagus membantu mengatur dampak yang bergerak ke atas kaki saat kaki kita menyentuh tanah.

  1. Hindari makan berlebihan Jangan makan berlebihan sebelum berlari, meskipun kita mungkin berpikir bahwa berlari akan membantu mencerna makanan. Saat berlari, darah mengalir ke otot rangka yang membantu kita berlari, sedangkan aliran darah ke sistem pencernaan menurun. Itulah sebabnya tubuh kita tidak dapat mencerna makanan. Hal ini pada gilirannya dapat memicu peradangan, menyebabkan kram, dan rasa sakit yang parah pada tubuh.
  2. Tetap terhidrasi Menghidrasi diri sendiri adalah kunci untuk menurunkan berat badan, terutama ketika kita telah memilih untuk menurunkan berat badan dengan bantuan berlari. Minum banyak air membuat kita berenergi untuk jangka waktu yang lebih lama dan menghindari episode dehidrasi setelah jangka panjang. Hindari juga minuman manis atau berkafein. 5. Konsistensi adalah kunci Jika kita ingin menurunkan berat badan dengan bantuan lari, maka kita harus ingat bahwa konsistensi adalah kuncinya. Apabila kita berlari selama satu atau dua hari dan kemudian berhenti, itu tidak akan membuahkan hasil apa pun. Jadi, kalau kita benar-benar ingin menurunkan berat badan, tetap berpegang pada rencana dan mulailah membangun tingkat ketahanan diri. Hal ini tentu saja akan membantu kita tetap di jalurnya dan mendorong keberhasilan dalam menurunkan berat badan.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT