Minggu, 13 Juni 2021

Diskon 100 Persen PPnBM Diperpanjang, Begini Respons Toyota


FinrollAuto, JAKARTA – Diskon pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) sebesar 100 persen resmi diperpanjang hingga Agustus 2021. Langkah ini menjadi upaya pemerintah guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” ujar Agus Gumiwang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/6/2021).

Perpanjangan insentif PPnBM DTP diusulkan Menperin dan disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (11/6).

Menanggapi hal tersebut, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, menilai relaksasi membutuhkan waktu agar suplai bisa memenuhi permintaan yang melonjak.

Menurutnya, program yang bergulir secara periodik per tiga bulan tersebut terlampau cepat bagi industri untuk menambah kapasitas.

“Kalau, toh, kapasitas ditingkatkan tapi kemudian turun lagi dalam waktu dekat, juga jadi tidak optimal. Jadi, sudah tepat kalau ada rencana perpanjangan sehingga kenaikan permintaan dapat terealisasikan,” kata Bob.

Sejak 1 Maret 2021, pemerintah menerapkan kebijakan PPnBM DTP terhadap pembelian mobil baru. Program ini dimulai untuk mobil penumpang 1.500cc dengan kandungan lokal tertentu. Skemanya, per tiga bulan diberlakukan perubahan potongan pajak, yakni Maret-Mei diskon 100 persen, Juli-Agustus 50 persen, dan Oktober-Desember 25 persen.

Pada Maret saat awal diberlakukan diskon PPnBM ini, sudah ada kenaikan penjualan mobil baru hingga 28,85 persen. Sementara itu, April 2021, lonjakan penjualan mencapai 227 persen dibanding periode yang sama tahun 2020 (yoy).

Melihat respons dan efek positif tersebut, pemerintah melakukan perpanjangan fasilitas PPnBM 100 persen untuk penjualan mobil 4×2 berkapasitas hingga 1500 cc hingga Agustus 2021. Selanjutnya, periode PPnBM 50 persen diperpanjang sampai dengan Desember 2021.

Jababeka industrial Estate


Sumber / Bisnis.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT