Selasa, 22 Juni 2021

Hasil Pertandingan Euro 2020: Bungkam Rusia, Denmark Melesat dan Raih Tiket 16 Besar


Jakarta – Timnas Denmark yang awalnya berada di posisi juru kunci Grup B Euro 2020 akhirnya berhasil memastikan diri lolos ke 16 besar Euro 2020 sebagai runner-up setelah menang telak 4-1 atas Rusia di Parken Stadium, Copenhagen, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Kekalahan yang dialami Finlandia dari Belgia di pertandingan Grup B lain juga berkontribusi untuk keberhasilan Tim Dinamit.

Denmark lolos ke 16 besar Euro 2020 dengan hanya mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan, terpaut enam poin di belakang Belgia yang menjadi juara grup setelah menang 2-0 atas Finlandia, yang juga mengoleksi tiga poin tapi kalah dalam selisih gol.

Denmark berhasil membuka keunggulan pada menit ke-38 dan membuat suasana di Telia Parken Stadium, Copenhagen, riuh sorokan. Sebuah tembakan dari luar kotak yang dilepaskan oleh Mikkel Damgaard meluncur indah ke sudut kiri atas gawang Rusia dan mengoyak jala gawang.

Berawal dari umpan pendek Pierre-Emile Hojbjerg, Damsgaard yang berada lurus dengan gawang Rusia, mengontrol bola dan kemudian melepaskan tembakan yang meluncur akurat ke sudut kiri atas gawang yang hanya bisa dilihat begitu saja oleh kiper Rusia, Matvey Safonov, yang tampak terpukau dan tak sempat mengeluarkan refleks untuk terbang dan menghalaunya.

Setelah mempertahankan keunggulan 1-0 hingga 45 menit pertama berakhir, Denmark berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-59. Kesalahan back pass yang dilakukan oleh bek sayap Rusia membuat Yussuf Poulsen yang masih ada di area pertahanan Rusia berhasil mengejar bola dan mengoyak jala gawang Rusia.

Rusia mendapatkan penalti pada menit ke-68 karena pemain Denmark, Jannik Vestergaard melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Artem Dzyuba melakukan eksekusi dengan baik untuk menaklukkan Kasper Schmeichel dan memperkecil jarak menjadi 1-2.

Namun, Denmark tidak menyerah dan kembali memperbesar jarak dengan Rusia lewat gol Andreas Christensen pada menit ke-79. Setelah momen kemelut di depan gawang Rusia, bola rebound ditembak Christensen dari luar kotak penalti yang meluncur deras merobek gawang Rusia.

Tak berhenti sampai di situ, Denmark memanfaatkan momentum terpuruknya Rusia untuk mencetak gol keempat lewat skema serangan balik cepat. Sebuah tembakan dilepaskan oleh Joakim Maehle dari ujung kotak penalti dan mengoyak jala gawang Rusia untuk keempat kalinya.

Keunggulan 4-1 yang diraih Denmark bertahan hingga laga berakhir. Tim Dinamit yang baru meraih kemenangan pertamanya di Euro 2020 ini pun berhasil memastikan diri melangkah ke 16 besar Euro 2020 sebagai runner-up Grup B.

Susunan Pemain

Yussuf Poulsen (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya ketika pertandingan Grup B Euro 2020 antara Rusia melawan Denmark yang berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark pada Senin (21/06/2021). (AP/Pool/Martin Meissner)
Yussuf Poulsen (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya ketika pertandingan Grup B Euro 2020 antara Rusia melawan Denmark yang berlangsung di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark pada Senin (21/06/2021). (AP/Pool/Martin Meissner)

Rusia (3-4-2-1): Matvei Safonov; Fyodor Kudryashov, Igor Diveev, Goergiy Dzhikiya; Daler Kuzyaev, Roman Zobnin, Magomed Ozdoev, Mario Fernandes; Aleksandr Golovin, Aleksey Miranchuk; Artem Dzyuba

CIMB NIAGA

Pelatih: Salamovich Cherchesov

Denmark (3-4-2-1): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestegaard; Daniel Wass, Pierre Emile-Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Mahle; Martin Braithwaite, Mikkel Damsgaard, Yussuf Poulsen

Pelatih: Kasper Hjulmand

Sumber : Bola.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT