Jumat, 15 Oktober 2021

Jembatan Tercantik di Indonesia


Indonesia sebagai wilayah yang dikelilingi banyak perairan, banyak sekali dibangun jembatan sebagai akses penghubung antarkawasan.
Selain digunakan sebagai jalur penghubung untuk kendaraan atau pedestrian, beberapa jembatan juga dijadikan ikon landmark daerah setempat.

Jembatan-jembatan ini disebut memiliki keunikan baik dari sisi arsitektur maupun pemandangan sekitar. Berikut daftar jembatan tercantik di Indonesia yang cukup terkenal.

1. Jembatan Layang Semanggi, Jakarta

Di ibu kota Jakarta terdapat jembatan layang indah dan bentuknya menyerupai daun semanggi, berada di persimpangan antara Sudirman-Gatot Subroto.

Menurut sejarah, jembatan layang Semanggi dibangun pada 1951. Saat itu, Presiden Soekarno menjadi pencetus ide karena filosofinya memuat nilai pemersatu bangsa.

2. Jembatan Cikurutug, Purwakarta

finroll jembatan cikurutug purwakarta
finroll jembatan cikurutug purwakarta


Apabila naik kereta jurusan Jakarta-Bandung, tentunya akan melewati jalur yang disebut paling mengerikan di dunia yaitu jembatan Cikurutug.

Saking mengerikannya, kereta yang melintas jalur ini harus dipacu dengan kecepatan rendah supaya tetap seimbang. Anda juga bisa melihat jembatan Cikurutug jika lewat Tol Cipularang.

3. Jembatan Cikubang, Padalarang

finroll jembatan cikubang padalarang
finroll jembatan cikubang padalarang

Jembatan Cikubang merupakan jembatan kereta terpanjang di Indonesia yang melintas sepanjang 300 meter, di atas sawah, jurang, dan perbukitan.

CIMB NIAGA

Mulai digunakan sejak 1906, jembatan Cikubang sampai saat ini masih kokoh berdiri dengan tinggi 80 meter dari dasar Sungai Cikubang.

4. Jembatan Suramadu, Surabaya

finroll jembatan suramadu surabaya
finroll jembatan suramadu surabaya

Jembatan tercantik di Indonesia berikutnya yaitu jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Ada tiga bagian di jembatan ini: jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama, dengan panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter.

Yang menarik, gemerlap lampu warna-warni yang menghiasi Jembatan Suramadu saat malam hari menambah keindahan pemandangan Selat Madura.

5. Jembatan Pasupati, Bandung

finroll jembatan pasupati bandung
finroll jembatan pasupati bandung

Flyover Pasupati atau Jembatan Pasupati ini menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melalui kawasan Lembah Cikapundung.

Memiliki panjang 2,8 kilometer dan lebar 30-60 meter, jembatan Pasupati dinobatkan sebagai jembatan terpanjang kedua di Indonesia serta ikonis di Bandung.

6. Jembatan Ampera, Palembang

finroll jembatan ampera palembang
finroll jembatan ampera palembang


Serupa dengan jembatan yang di Kota London, dulu Jembatan Ampera (amanat penderitaan rakyat) bisa mengangkat ruas jalannya ketika ada kapal yang melintas di Sungai Musi.
Tapi saat ini sudah tidak bisa lagi. Jembatan Ampera pernah menjadi jembatan terpanjang dunia dan memiliki empat jalur yang terhubung ke daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Masyarakat juga bisa menikmati keindahan nyala lampu terang Jembatan Ampera dari kejauhan.

7. Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

finroll jembatan kutai kartanegara kalimantan timur
finroll jembatan kutai kartanegara kalimantan timur

Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan gantung yang melintasi Sungai Mahakam, dengan panjang 710 meter.

Keberadaan jembatan Kutai Kartanegara menjadi penghubung ke Kota Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang hingga Kota Samarinda.

Banyak pelancong yang menyempatkan diri berkunjung ke jembatan gantung ini. Ketika malam hari, Jembatan Kartanegara tampak dibalut dengan lampu di sisi kawat-kawat sisi jembatan.

8. Jembatan Barelang, Kota Batam

finroll jembatan barelang kota batam.
finroll jembatan barelang kota batam.

Jembatan yang disebut juga dengan Jembatan Habibie ini dikenal memiliki panorama cantik laut Cina Selatan yang mengagumkan.

Jembatan Barelang menjadi daya tarik wisatawan karena menghubungkan antara Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

9. Jembatan Tukad Bangkung, Bali

finroll jembatan tukad bangkung bali
finroll jembatan tukad bangkung bali


Di daerah Badung, Bali ada jembatan Tukad Bangkung yang juga indah dan menghubungkan Badung, Bangli, serta Buleleng.

Jembatan Tukad Bangkung menjadi jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai yang tertinggi di Asia sekaligus tahan gempa hingga 7 skala Richter.

Dari atas jembatan, pengunjung dapat melihat panorama hijau dan air jernih di bawahnya.

10. Jembatan Kelok Sembilan, Sumatera Barat

finroll jembatan kelok sembilan sumatera barat
finroll jembatan kelok sembilan sumatera barat

Jembatan dengan panjang 300 meter yang berlokasi di Payakumbuh, Sumatera Barat ini sangat fenomenal karena memiliki tikungan tajam dan berbatasan dengan jurang.

Meski terkesan mengerikan, namun pemandangan Kelok Sembilan sangat unik.

Dibangun dengan konsep alam yang ramah lingkungan, terdapat dua cagar alam dekat jembatan, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Har.n

11. Jembatan Siak, Riau

finroll jembatan siak riau
finroll jembatan siak riau


Selain cantik, Jembatan Siak di Provinsi Riau ini sangat megah serta bagian puncaknya terdapat restoran yang bisa dikunjungi wisatawan.

Untuk menikmati pemandangan dari atas jembatan, pengunjung harus memesan menu dari restoran tersebut. Agar bisa naik ke atas, ada lift khusus yang disediakan bagi pengunjung.

12. Jembatan Youtefa, Papua

finroll jembatan youtefa papua
finroll jembatan youtefa papua

Jembatan tercantik di Indonesia yaitu Jembatan Youtefa terbilang baru karena mulai digunakan pada 2019 lalu, dengan akses penghubung ke Holtekamp dan Hamadi.

Tidak hanya indah serta megah, Jembatan Youtefa ini menjadi landmark Kota Jayapura sekaligus pernah ditampilkan dalam uang pecahan Rp75 ribu edisi HUT ke-75 RI.

Sumber : cnnindonesia.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT