Rabu, 23 Juni 2021

Lembaga Zakat Dunia Siapkan Panduan Pengelolaan Zakat, Ini Tujuannya


World Zakat Forum (WZF) atau Lembaga Zakat Dunia bersama BAZNAS RI menggelar Expose World Zakat Performance Index (WZPI). Acara ini bertujuan meningkatkan pemahaman publik mengenai buku WZPI sebagai indikator kinerja lembaga zakat.

Sejumlah praktisi lembaga zakat dari seluruh negara-negara anggota WZF dan kalangan akademisi dari berbagai universitas di dunia hadir dalam acara yang diadakan pada Selasa (22/6). Sekretaris Jenderal WZF Zainulbahar Noor, Wakil Sekretaris Jenderal Regional Eropa Elnur Salihovic, Regional Afrika Barat Muhammad Lawal Maidoki, dan Regional Asia Selatan Ayub Miah turut hadir dan memberi sambutan pada kegiatan Expose WZPI ini.

Para pimpinan WZF mendukung keberadaan buku WZP untuk dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan zakat global.

“Saya sangat mengharapkan lembaga-lembaga zakat di bawah WZF untuk dapat menerima secara terbuka panduan ini agar pengelolaan zakat di negara masing-masing dapat dilakukan dengan baik dan kami berharap WZPI dapat mendorong terbentuknya standarisasi model evaluasi kinerja lembaga zakat di seluruh dunia,” ujar Sekretaris Jenderal WZF Zainulbahar Noor dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (23/6/2021).

Sekretaris Eksekutif WZF Irfan Syauqi Beik yang juga menjadi pembicara inti dalam kegiatan expose, menyampaikan secara terperinci mengenai indikator-indikator dan juga skala penilaian pada WZPI kepada para peserta kegiatan expose. Pada akhir sesi, Irfan mengulas tentang pentingnya pengukuran kinerja lembaga zakat menggunakan WZPI.

“WZPI akan diterapkan secara bertahap di negara-negara anggota WZF untuk melihat sejauh mana WZPI dapat diterapkan,” kata Irfan.

“Saya optimis bahwa indikator-indikator yang ada pada WZPI dapat diterapkan di berbagai kondisi dan situasi, dan WZPI merupakan living document yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan zakat di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Expose World Zakat Performance Index (WZPI) diselenggarakan secara online dan disiarkan melalui kanal YouTube BAZNASTV.

Sumber : news.detik.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT