Senin, 22 Februari 2021

KAI Batalkan 13 Perjalanan Kereta Api Akibat Banjir


PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membatalkan sejumlah perjalanan kereta jarak jauh. Itu dilakukan usai sejumlah jalur terendam banjir Jakarta.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan penghentian pemberangkatan juga dilakukan karena pondasi batu di sejumlah rel tergerus banjir.

“Dampak cuaca ekstrem di area Daop 1 Jakarta, mengakibatkan perjalanan KA Jarak Jauh terhambat. Hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55 +100 sampai dengan KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 CM,” kata Eva lewat keterangan tertulis, Minggu (21/2).

Eva menyampaikan ada tujuh keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen yang dibatalkan hari ini. Pembatalan keberangkatan dilakukan terhadap KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari), KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi), dan KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal).

Kemudian, KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto), KA 106 Jayabaya (Pasar Senen-Malang), KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng), serta KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto).

-->

Selain dari Stasiun Pasar Senen, ada enam keberangkatan kereta dari Stasiun Gambir yang juga dibatalkan. Pembatalan meliputi KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung), KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng), KA 72A Gajayana (Gambir-Malang), KA 42 Argo Parahyangan (Gambir-Kiaracondong), KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan), KA 4 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi).

KAI Sediakan Bus Gratis

Sementara itu, untuk mengakomodasi perjalanan penumpang yang sudah terlanjur berangkat dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, PT KAI menyediakan bus gratis. Para penumpang dijemput di Stasiun Cikampek, Klari, atau Karawang dan akan diantar ke stasiun tujuan.

Eva menjelaskan PT KAI mempersilakan penumpang untuk membatalkan tiket perjalanan. KAI menjamin uang penumpang kembali secara penuh.

citraland

“Bagi penumpang KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen,” ujarnya.

Sumber Berita : CNN Indonesia

BACAAN TERKAIT