Kamis, 21 Oktober 2021

Siapa Juaranya? Ranking Kecepatan Internet 5 Operator Seluler Indonesia


Aplikasi pengukur kecepatan internet Speedtest merilis laporan berisi peringkat kecepatan internet dari 5 operator seluler di Indonesia.

Laporan ini dibuat berdasarkan data Speedtest Intelligence sepanjang kuartal-III 2021. Speedtest menggunakan sampel ponsel yang ditenagai chip dengan teknologi jaringan terbaru untuk menghitung pengalaman serta performa internet dari operator seluler di Tanah Air.

Peringkat kecepatan disajikan dalam bentuk Speed Score yang 90 persen pembobotannya didasarkan pada kecepatan download, sementara 10 persen sisanya dari kecepatan upload. Penjelasan selengkapnya bisa disimak di laman ini.

Nah. menurut laporan Speedtest, rangkin kecepatan internet operator seluler di Indonesia adalah sebagai berikut.

Telkomsel menjadi operator seluler dengan kecepatan paling tinggi di Indonesia yaitu dengan Speed Score sebesar 30,49. Di posisi kedua ada Indosat Ooredoo dengan skor 25,68.

Urutan ketiga ditempati oleh XL Axiata dengan skor kecepatan internet mencapai 23,93. Selanjutnya, Smartfren ada di urutan keempat dengan skor 19,03. Hutchison 3 (Tri) duduk di posisi kelima dengan skor 15,52.

Sebagai catatan, Telkomsel sendiri telah resmi menggelar jaringan 5G sejak Mei lalu. Sementara Indosat Ooredoo baru operator seluler kedua di Indonesia yang resmi menggelar 5G sejak bulan Juni.

Peringkat konsistensi

Selain mengukur kecepatan, Speedtest juga mengukur tingkat konsistensi jaringan internet yang disediakan masing-masing operator seluler.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Speedtest, Kamis (21/10/2021), skor konsistensi ini adalah atribut yang digunakan untuk mengidentifikasi penyedia layanan memberikan kualitas layanan yang stabil.

Jababeka industrial Estate

Untuk mengukur peringkat ini, Speedtest menggunakan angka ambang batas kecepatan unduh minimum 5 Mbps dan kecepatan upload minimum 1 Mbps.

Hasilnya, Telkomsel juga berada di urutan pertama yang memiliki skor konsistensi tertinggi, yakni 85,7 persen. Kemudian diikuti oleh XL Axiata dengan skor 82,7 persen. Operator seluler Indosat Ooredoo menempati peringkat ketiga dengan skor 82,6 persen.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Tri yang memiliki skor konsistensi 79,1 persen dan Smartfren di urutan kelima dengan skor 68,2 persen.

Sumber : kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT