Connect with us

Kuliner

Rendang, Simbol Kasih Sayang Masyarakat Minangkabau

Published

on


Finroll.com – Rendang bukan sekadar masakan tradisional, tapi syarat dengan makna dan sejarah masyarakat Minang Sumatera Barat. Bahkan Rendang dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia dari survei yang dilakukan oleh CNN. Burger King pun pernah membuat Rendang Burger pada tahun 1987.

Sebagai masakan tradisi, Rendang diduga lahir sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya. Sebagai kuliner tradisional Minang mulai ditulis secara masif awal abad ke-19. Bahkan menurut sejarawan dari Universitas Andalas, Padang, Gusti Asnan,

Rendang patut diduga ada sejak abad ke-16. Dari lliteratur yang tertulis di abad ke-19, masyarakat Minang di wilayah darat biasa melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura yang membutuhkan waktu sekitar satu bulan melewati sungai.

Karena sepanjang perjalanan tidak ada perkampungan, para perantau menyiapkan bekal makanan yang tahan lama, yaitu Rendang. Juga hikayat Rendang berkaitan dengan kedatangan orang-orang India dan Arab ke kawasan pantai barat Sumatera Barat. Dalam sejarah abad ke-13 dan ke-14 kawasan Minang sudah didiami orang-orang India.

Dahulu masyarakat tradisional mengawetkan makanan menggunakan metode pengasapan dan pengeringan. Pengasapan dan pengeringan dilakukan dengan memasak dalam waktu yang lama sampai kuahnya kering. Adapun Rendang sendiri berasal dari kata ”merandang”, memasak santan kelapa sampai mengering perlahan.

Tak hanya itu, Rendang memiliki filosofi cerminan kesatuan dalam masyarakat Minangkabau yang disimbolkan dengan daging sebagai Niniak Mamak, pimpinan suku tempat bertanya, mengadu dan mengambil keputusan. Kelapa lambang Candiak Pandai atau kaum intelektual yang memiliki intelegensia, kecerdasan emosi dan spiritual. Cabai lambang alim ulama atau tokoh yang sangat tegas atau pedas dalam menegakkan kebenaran. Bumbu lambang dari seluruh masyarakat Minangkabau yang patuh dan menjalankan seluruh aturan dan kearifan lokal yang dibuat dan disepakati.

 

goodnewsfromindonesia

Kuliner

Rasakan Kenikmatan Sajian Barbeque di Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum

Published

on

Finroll.com — Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum kembali berkreasi dengan ragam kulinernya lewat sajian barbeque yang dapat dinikmati setiap hari Jumat pada pukul 18:00 hingga 21:00 di Swiss-Cafe Restaurant.

Di area luar Swiss-Cafe Restaurant, berhadapan langsung dengan kolam renang, yang menjadi salah satu spot favorit tamu yaitu Pool Terrace, dengan pemandangan langit Jakarta.

Disinilah tamu dapat menikmati live cooking ragam menu barbeque seperti ayam bakar dengan bumbu Taragon, sayap ayam dengan saus barbeque, sate sosis daging sapi dan ayam, daging sapi bakar dan masih banyak lagi yang disajikan secara buffet sepuasnya dengan harga Rp 198.000net/orang.

Selain aneka sajian barbeque, live music juga tersedia untuk menghibur pengunjung hingga pukul 21:00 WIB.

“Kami sengaja menampilkan menu barbeque setiap hari Jumat yang merupakan akhir pekan bagi kebanyakan para pelaku bisnis dimana biasanya mereka akan berkumpul sejenak bersama sahabat ataupun rekan kerja sebelum kemudian kembali ke rumah.

Namun tentu saja, kehadiran paket ini pun dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berkumpul bersama keluara sambil menikmati pemandangan langit jakarta atau sekedar alunan musik dimana tamu dapat merequest lagu kesukaan mereka,” Kata Nurhayati Basir, General Manager Swiss-Belresidences Rasuna Epicentrum.

“Selain itu, kehadiran kolam renang kami yang iconic ini menjadi area instagrammable untuk berfoto selfie maupun bersama sahabat dan keluarga selepas menikmati berbagai sajian kuliner di Swiss-Cafe Restaurant.

Kami juga menyediakan doorprize berupa voucher menginap di kamar Deluxe yang diundi pada saat event berlangsung,” Tambahnya.

Swiss-Cafe Restaurant sendiri terletak di lantai 1 hotel menawarkan berbagai menu tradisional hingga internasional.

Dengan tata dekor yang simpel dan perabotan bergaya retro-modern, menambah suasanaapik saat matahari terbenam, dengan sentuhan lampu gantungnya.

Sementara itu, Epic Lounge and Bar yang terinspirasi oleh gaya 60an dengan kursi bergaya lounge individual serta bangku di konter barmenampilkan ragam koktail dan camilan ringan.

Memiliki 323 kamar mulai dari tipe kamar Deluxe hingga Suite, fasilitas hotel pun dilengkapi dengan pusat kebugaran, kolam renang dan layanan spa.

Sebagai hotel di area bisnis, tersedia 18 ruangan MICE dengan fasilitas modern untuk menyelenggarakan berbagai pertemuan bisnis maupun jamuan sosial.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungihttps://www.swiss-belhotel.com/id-id/swiss-belresidences-rasuna-epicentrum.(red)

Continue Reading

Kuliner

5 Minuman Kopi yang Paling Populer di Kafe, Kamu Suka yang Mana?

Published

on

By

Kopi

Finroll.com – Kopi jadi minuman wajib banyak orang untuk memulai hari. Dari sekian banyak racikan kopi di kafe, ternyata ada yang paling sering dipesan orang. Apa saja?

Setiap orang bisa menikmati kopi kapanpun dan dimanapun. Baik saat pagi, siang, sore maupun malam, tapi kopi kerap diandalkan sebagai penambah semangat saat sarapan pagi.

Saat ini banyak kafe kopi yang menawarkan aneka varian kopi sensasional. Ada cappuccino hingga mocha late, berikut 5 varian kopi ala kafe yang paling populer di kalangan penikmat kopi.

1. Cappucino
Cappucino termasuk salah satu varian kopi paling populer. Kopi ini bisa dengan mudah ditemui di manapun mulai dari kedai kopi, kafe hingga restoran berbintang sekalipun.

Secangkir kopi tradisional Italia ini terdiri dari campuran espresso dan buih susu. Komposisi cappucino terdiri dari 1/3 kopi espresso, 1/3 susu dan 1/3 buih susu. Tetapi jumlah espresso bisa dipesan ‘single shot’ atau ‘double shot’.

Aroma yang nikmat dan rasa kopi yang cukup kuat menjadikan cappucino banyak disukai penikmat kopi. Cappucino juga bisa disajikan panas maupun dingin tapi kebanyakan orang menikmatinya dalam versi hangat karena aromanya lebih kuat.

2. Espresso
Penggemar kopi pekat paling suka menikmati espresso. Secangkir espresso diolah dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas di bawah tekanan tinggi. Sesuai dengan namanya, espresso berarti express atau cepat yang artinya kopi ini diseduh untuk segera disajikan.

Untuk membuat espressi setidaknya dibutuhkan 7-9 gram kopi bubuk yang kemudian diseduh dengan air panas pada temperatur 90 derajat celsius. Hasil seduhan kopi ini menghasilkan kopi dengan crema atau buih kecoklatan di atasnya.

Selain bisa dinikmati langsung, espresso juga jadi bahan dasar untuk membuat varian kopi lain seperti cappucino, cafe latte hingga mocha late.

3. Cafe Latte
Varian kopi yang satu ini populer di kalangan orang yang ingin menikmati kopi dengan rasa lembut. Cafe latte dibuat dengan mencampur 25 persen espresso dan 75 persen susu. Inilah yang membuat cafe latte terasa lebih creamy.

Semburat aroma dan rasa kopi terbilang tipis, inilah salah satu alasan penggemar cafe latte lebih dominan wanita. Cafe latte juga bisa disajikan panas maupun dingin.

Selain punya sensasi rasa kopi yang lembut, cafe latte juga memikat lewat kreasi latte art buatan barista. Steamed milk dalam jumlah banyak memungkinkan para barista mengukir gambar di atas cafe latte. Kini bahkan banyak kreasi latte art 3 dimensi hingga latte art aneka warna yang bikin cafe latte tampil instagenik.

5. Cafe Mocha

Sebutan lain cafe mocha adalah kopi cokelat karena kopi diolah dengan tambahan cokelat. Komposisi cafe mocha ala kafe adalah dua sloki espresso yang dicampur susu dan cokelat.

Biasanya jenis cokelat bubuk yang populer digunakan untuk cafe mocha. Aroma kopi, susu dan cokelat bercampur sehingga menghasilkan aroma yang kaya. Soal rasa, cafe mocha cenderung memiliki rasa pahit legit dengan konsistensi yang kental.

Untuk membuatnya lebih nikmat, cafe mocha dalam versi dingin biasa disajikan dengan tambahan whipping cream. Selain bisa dinikmati di kafe, varian kopi ini juga mudah dibuat di rumah bahkan takarannya bisa disesuaikan agar rasanya sesuai selera.

Continue Reading

Kuliner

Mau Investasi Usaha Minuman Kekinian Yang Bisa Dicicil?

Published

on

Finroll.com — Produk inovasi minuman kekinian kian digemari masyarakat, hal ini ditandai dengan menjamurnya berbagai brand impor maupun lokal produk serta antrian panjang disetiap booth maupun gerai yang memasarkan produk minuman kekinian.

Salah satu yang paling anyar yakni brand lokal ‘Black Pink Redvelvet’ yang memasarkan minuman yang menggunakan toping cheese redvelvet dengan 5 pilihan rasa, yakni coklat, alpukat, green tea, stroberi dan juga coklat redvelvet.

Tak hanya menawarkan minuman kekinian dengan varian rasa yang beragam, Black Pink Redvelvet juga menawarkan peluang investasi menjanjikan melalui bisnis kemitraan seharga 6,8 juta rupiah.

Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan lengkap serta pelatihan meracik minuman. Sehingga calon mitra bisa langsung memasarkan produk Black Pink Redvelvet saat memutuskan bergabung.

“Untuk paket lengkap kemitraan Black Pink Redvelvet kami jual dengan harga terjangkau, yakni sekitar 6 jutaan dan harga tersebut sudah termasuk perlengkapan dan pelatihan bagi calon pemitra yang memutuskan bergabung,” ungkap Lesmana selaku Marketing Manager Black Pink Redvelvet.

Menariknya lagi, bagi Kalian yang ingin menjadi mitra Black Pink Redvelvet namun tidak memiliki modal yang cukup, Kalian tak perlu pusing, berbeda dengan kerjasama kemitraan lainnya, Black Pink Redvelvet memberikan kesempatan dengan program cicilan selama satu tahun.

“Kami juga menyadari, keterbatasan modal menjadi permasalahan utama seseorang memulai suatu usaha kemitraan. Untuk itu kami memberikan program cicilan selama satu tahun, sehingga para pemitra bisa langsung memasarkan produk Black Pink Redvelvet tanpa menunggu uang terkumpul seluruhnya,” sambung Lesmana.

Jangan lewatkan kesempatan menjadi bagian dari kesuksesan memasarkan produk minuman kekinian Black Pink Redvelvet.

Nah buat kalian yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra bisa hub 087878867776, atau Instagram @es.blackpink, kemudian juga bisa langsung datang ke training center mall taman palem lantai LG no 162.(red)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Trending