Connect with us

MotoGP

Repsol Honda Puas dengan Aksi Alex Marquez pada Tes MotoGP

Published

on


Rider Repsol Honda Alex Marquez (AFP/Jose Jordan)

Finroll.com, Jakarta – Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, mengaku puas dengan aksi Alex Marquez pada tes MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia. Puig tak menyangka aksi Alex melebihi ekspektasi.

Alex Marquez mengikuti jejak sang kakak dengan bergabung ke Repsol Honda di MotoGP 2020. Alex sudah menjajal motor RC213V musim lalu pada tes di Valencia dan Jerez.

Dia baru menggeber motor RC213V 2020 dalam tes MotoGP di Sirkuit Sepang dari 7 sampai 9 Februari 2020. Hasilnya, pembalap berusia 23 tahun itu menjadi rookie terbaik, dengan meraih posisi ke-18 dalam catatan waktu.

Berdasarkan hasil, Alex tertinggal 0,693 detik dari Fabio Quartararo yang menjadi tercepat dalam tiga hari tes MotoGP Sepang.

“Alex sudah melakukan tes yang bagus karena Sabtu (9/2/2020) kemarin, dia baru melakukan simulasi balap,” ujar Puig seperti dikutip Motorsport.

“Jujur, dia lebih baik dari yang kami kira. MotoGP itu sulit dan tes pertama di Sepang itu rumit. Namun, dia punya metode, sangat terstruktur,” lanjutnya.

Berbeda

Marc Marquez tampak dibuntuti sang adik, Alex Marquez pada sesi tes pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Sepang, Malaysia (Twitter/Repsol Honda)

Puig menjelaskan Alex punya gaya yang berbeda dengan Marquez. Apa saja perbedaan itu?

“Dia sangat berbeda dari kakaknya dalam hal bagaimana mengenal motor. Namun secara dasar, keduanya sangat sama. Kekuatan mental mereka sama, itu terlihat dari mereka bicara, analisa dan persiapan sebelum tes,” ujar Puig.

Alex pun merasa lebih baik dengan tes MotoGP. Dia mengaku cukup puas dengan apa yang dilakukannya di Sepang.

“Saya merasa semakin baik di setiap harinya, setiap hari jadi lebih kencang. Saya membaik di setiap hari, itu penting. Itu yang paling penting buat saya. Kita tahu di pramusim hanya punya tiga hari lebih,” kata Alex.

Sumber: Motorsport

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Defri Saefullah/Editor: Windi Wicaksono/Published: 10/2/2020)

MotoGP

Valentino Rossi Ngotot Bawa Tim Kru Sendiri ke Petronas Yamaha

Published

on

By

Valentino Rossi dikabarkan semakin dekat untuk bergabung dengan Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP 2021. (AFP/Vincent Thian)

Finroll.com, Jakarta – Valentino Rossi belum juga mencapai kata sepakat untuk bergabung dengan Petronas Yamaha SRT. Terdapat ganjalan dalam negosiasi kedua belah pihak.

Menurut kabar yang beredar, masalah kru membuat Valentino Rossi belum juga menandatangani kontrak dengan Petronas Yamaha. The Doctor konon ingin membawa tim krunya sendiri.

Musim depan, Valentino Rossi dipastikan tidak akan mengendarai motor Monster Energy Yamaha di ajang MotoGP. Posisinya digantikan pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo.

Mantan pelatih Valentino Rossi, Luca Cadalora, menyebut bahwa pengumuman pembalap berusia 41 tahun itu bergabung dengan Petronas Yamaha akan dilakukan akhir pekan ini di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol.

Tapi, Manajer Tim Petronas, Johan Stigefelt, mengakui bahwa pembalap kelahiran Urbino, Italia itu, sampai hari ini belum sepakat menunggangi motor Petronas Yamaha untuk MotoGP 2021.

“Seperti yang semua orang tahu, kami tengah bernegosiasi dengan dia dan perlu waktu. Bukan hal yang mudah, banyak hal yang harus dibahas sebelum disepakati. Semoga segalanya segera akan lebih jelas,” jelas Johan Stigefelt, seperti dilansir GP One.

Solusi Terbaik

Saat ditanya apakah benar Valentino Rossi meminta untuk membawa tim kru sendiri yang dipimpin David Munoz, Stigefelt membenarkan. “Itu satu di antaranya, dan merupakan hal yang penting,” tuturnya.

Namun, Stigefelt menyatakan, pihak Rossi dan Petronas perlu mencari solusi terbaik untuk masalah itu. Pria asal Swedia ini percaya Valentino Rossi menghormati dan yakin dengan kinerja orang-orang di Petronas Yamaha.

“Ini merupakan sesuatu yang dihormati Valentino dan dibahas jelas dalam diskusi. Kami tidak akan mengubah tim secara keseluruhan. Kami percaya dengan kru kami, itu akan bagus untuknya,” ungkap Stigefelt. (Bola.com)(GE)

Continue Reading

MotoGP

Jadwal Lomba Pembalap Indonesia Andi Gilang di Moto2 Spanyol, 17-19 Juli

Published

on

By

Satu-satunya pembalap Indonesia di kelas Moto2 2020, Andi Gilang (nomor motor 27). (MotoGP)

Finroll.com, Jakarta – Tidak seperti MotoGP yang akan menjalani seri perdana musim 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini, untuk kelas Moto2, lomba nanti merupakan putaran kedua.

Untuk diketahui, Moto2 2020 sudah memainkan seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar, pada bulan Maret lalu.

Pada lomba di Jerez nanti, pembalap Indonesia, Andi Gilang bakal berlomba bersama Honda Team Asia. Untuk diketahui, di Qatar, ia finis posisi 22 dan kini bakal berlomba pada trek yang sudah ia kenal betul karakteristiknya: Jerez.

Sebelum turun berlomba di Moto2 Spanyol, Andi Gilang dan pembalap lainnya bakal menjalani sesi tes pada hari Rabu (15/7/2020). Sesi tes tersebut akan berlangsung dua sesi.

Masing-masing sesi berlangsung selama 40 menit. Artinya semua pembalap hanya punya waktu 80 menit untuk kembali menyentuh motor setelah lama vakum akibat pandemi virus corona sebelum akhirnya turun berlomba di Moto2 Spanyol.

Berikut jadwal lomba yang akan dijalani Andi Gilang di Moto2 Spanyol.

Jadwal Lomba Moto2 Spanyol

Jumat, 17 Juli

15.55 WIB Latihan Bebas 1

20.10 WIB Latihan Bebas 2

Sabtu, 18 Juli

15.55 WIB Latihan Bebas 3

20.10 WIB Kualifikasi

Minggu, 19 Juli

17.20 WIB Lomba (Bola.com)(GE)

Continue Reading

MotoGP

Petronas Yamaha Umumkan Perpanjangan Kontrak Franco Morbidelli, tapi Valentino Rossi Masih Teka-teki

Published

on

By

Franco Morbidelli gagal raih poin di MotoGP Argentina (Francesco Cacace/AFP)

Finroll.com, Jakarta – Petronas Yamaha mengumumkan pembalap pertama mereka untuk MotoGP 2021. Tapi sayangnya sosok tersebut bukan Valentino Rossi sehingga masa depannya di MotoGP masih teka-teki.

Tim satelit Yamaha ini justru memperpanjang kontrak pembalap mereka di MotoGP 2020 dan sekaligus anak didik Valentino Rossi di akademi, Franco Morbidelli, Senin (13/7/2020).

Morbidelli yang gabung Petronas Yamaha sejak musim 2019, kini mengantongi kontrak berdurasi dua musim ke depan atau membuatnya tetap di tim sampai MotoGP 2022.

“Saya sangat senang bisa memperpanjang kontrak bersama Petronas Yamaha Sepang Racing Team, di mana kami merasakan musim fantastis tahun lalu. Kami bekerja begitu baik untuk meraih sukses,” kata Morbidelli dalam keterangan resminya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih buat mereka atas kesempatan yang mereka berikan. Sebuah kebanggaan bisa memperkuat tim ini,” tambahnya.

Tidak Gunakan Motor Pabrikan

Untuk diketahui, Franco Morbidelli merasakan empat kali start dari baris depan dan tujuh kali finis enam besar sepanjang MotoGP 2019. Alhasil bersama Petronas Yamaha, ia finis posisi tujuh klasemen.

Namun pada MotoGP 2020, Franco Morbidelli jadi satu-satunya pembalap Yamaha yang tampil tidak menggunakan motor pabrikan.

Pasalnya rekan setimnya, Fabio Quartararo sudah dipastikan memiliki motor dengan spesifikasi sama seperti Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

“Kami dengan bangga mengkonfirmasi bahwa Franky akan lanjut bersama kami musim depan. Dia merupakan pembalap bertalenta dan aset fantastis untuk tim,” kata Prinsipal Petronas Yamaha, Razlan Razali. (Bola.com)(GE)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending