Connect with us

Science & Technology

Wow! Samsung Rilis Ponsel Rp1 Jutaan di Indonesia

Published

on


Samsung Electronic Indonesia resmi meluncurkan Samsung Galaxy A10s. Dikutip dari keterangan pers Samsung, Selasa, 17 September 2019,ponsel ini disebut bisa menjadi andalan generasi live, dengan kombinasi fitur yang value yang dihadirkan.

“Era of Live kini telah dimiliki oleh semua kalangan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali bagi mereka yang masih menikmati kreasi foto sebagai konten andalan yang dapat diunggah secara live melalui akun media sosial mereka. Namun, terkadang tidak semua smartphone menawarkan kemampuan yang serba guna dengan harga yang juga bersaing,” kata Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy A10s dibekali dengan dual camera 13+2 MP yang memiliki kemampuan Live Focus, sehingga membuat hasil konten live lebih epik.

Kemampuan untuk menghadirkan hasil foto bokeh juga dimiliki Samsung Galaxy A10s dengan memanfaatkan dual camera tersebut. Fungsi ini juga dapat digunakan pada kamera depan dengan lensa 8MP yang membuat foto maupun video live ataupun vlog semakin terang dan tajam.

Ada juga teknologi fingerprint scanner serta face recognition untuk kenyamanan mobile pengguna, hingga all day battery 4.000 mAh yang siap menemani segala kegiatan untuk tetap nge-live sepanjang hari.

Selain itu, Samsung Galaxy A10s juga didukung dengan fitur seperti AR Sticker, yang dapat diaplikasikan pada hasil foto.

Pada bagian layar mengusung konsep Infinity Display-V yang luas dengan 6,2 inch High Definition+. Sedangkan kemampuan audionya Dolby Atmos2.

Galaxy A10s dibanderol Rp1.899.000. Smartphone ini akan hadir dalam tiga pilihan warna menarik dan kekinian, yaitu Merah, Hijau, dan Hitam.

Science & Technology

Cara Aktifkan Fitur Hapus Data Otomatis Google

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Google menyatakan telah menambahkan fitur hapus otomatis data pengguna setelah tiga bulan atau 18 bulan. Perusahaan itu menyebut penambahan fitur untuk menjaga privasi pengguna.

Tak semua aplikasi Google memiliki fitur untuk menghapus data pengguna setelah tiga bulan. Fitur hapus data pengguna otomatis itu hanya tersedia untuk layanan pencarian Google, Youtube, dan Google Maps saja.

Berikut langkah untuk mengaktifkan fitur hapus otomatis.

Cara aktifkan fitur hapus otomatis di Google Chrome:
1. Perbarui aplikasi Google dan pastikan jaringan internet menyala ketika menggunakan fitur tersebut.

2. Buka account.google.com lewat peramban atau aplikasi Google di ponsel.

3. Pada bar search atau pencarian ketik “Activity controls”.

4. Selanjutnya, aktifkan Web & App Activity jika ingin menggunakan fitur baru Google tersebut.

5. Pilih fitur otomatis hapus data yang diinginkan pada bar “Auto-delete”

6. Pilih fitur hapus otomatis, apakah 3 bulan, 18 bulan atau menghapus data secara manual (don’t auto delete).

Cara aktifkan fitur hapus otomatis di Google Maps:
1. Klik profil pada aplikasi atau tombol tumpuk tiga pada peramban.
2. Pilih Maps Activity.
3. Pilih opsi Auto-delete atau Hapus Otomatis.
4. Pilih fitur hapus otomatis, apakah 3 bulan, 18 bulan atau menghapus data secara manual (don’t auto delete).

Cara aktifkan fitur hapus otomatis di Youtube:
1. Klik profil pengguna pada peramban atau aplikasi
2. Pilih “Your data in Youtube” atau “Data Anda di Youtube”
3. Pilih “Manage your Youtube Watch History” atau “Manage your Youtube Search History”
4. Pilih fitur otomatis hapus data yang diinginkan pada bar “Auto-delete”
5. Pilih fitur hapus otomatis, apakah 3 bulan, 18 bulan atau menghapus data secara manual (don’t auto delete).

Sebelumnya, Google mengatakan fitur baru tersebut tidak tersedia di semua paltform. Pengguna pun perlu mengaktifkan sendiri fungsi hapus otomatis tersebut.

“Kami akan secara aktif mengingatkan Anda tentang adanya kontrol hapus otomatis melalui notifikasi di dalam produk serta melalui email, agar Anda dapat memilih setelan hapus otomatis yang sesuai,” ujar Product Manager Google Greg Fair, Selasa (30/6).

Bagi pengguna yang tidak mengaktifkan fitur hapus otomatis, Google akan secara berkala mengingatkan untuk memilih setelan hapus otomatis. Fitr itu sengaja dihadirkan agar Google menyimpan lebih sedikit data pengguna secara default (pengaturan bawaan).

Khusus pengguna baru Youtube, Google mengatakan pihaknya menyediakan periode hapus otomatis sampai 36 bulan.

Google pun menyediakan dua opsi, apakah pengguna ingin menghapus data secara manual atau otomatis.

Continue Reading

Science & Technology

Link Data Bocor di Medsos, Tokopedia Klaim Bukan Kasus Baru

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Tokopedia mengklaim jutaan data pengguna yang bocor di media sosial (medsos) bukanlah data baru. Pihaknya juga akan menyeret penyebar ke ranah hukum. “Kami menyadari bahwa pihak ketiga yang tidak berwenang telah mem-posting informasi secara ilegal di media sosial dan forum internet terkait cara mengakses data pelanggan kami yang telah dicuri,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak, dalam keterangan tertulisnya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (5/7).

“Kami ingin menegaskan bahwa ini bukanlah upaya pencurian data baru dan informasi password pengguna Tokopedia tetap aman terlindungi di balik enkripsi,” imbuhnya.

Sebelumnya, lembaga riset siber CISSReC pada Sabtu (4/7) menemukan link atau tautan yang berisi 91 juta data pengguna Tokopedia yang disebar di salah satu grup di Facebook dan bisa diunduh secara bebas.

Kepala CISSReC Pratama Persadha menyebut tautan yang sudah dibagikan secara cuma-cuma sejak Jumat (3/7) tersebut berasal dari salah satu akun bernama @Cellibis, yang mengaku membelinya di darkweb seharga US$5 ribu (Rp70 juta), di forum Raidsforum.

Pada Mei, 91 juta data pengguna Tokopedia dinyatakan bocor dan menyebar di darkweb. Data itu berupa user ID, email, nama lengkap penguna, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel, dan password yang masih ter-hash atau tersandi. Data yang bocor ini dijual dengan harga US$5 ribu.

Infografis Tips Terhindar Diskon ‘Tipu-tipu’ e-Commerce Saat RamadanFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Nuraini melanjutkan bahwa pihaknya meminta penghapusan data yang tersebar itu karena merupakan pelanggaran hukum.

“Kami telah melaporkan hal ini ke pihak kepolisian dan juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum,” ucapnya.

Sebagai tindak lanjut, kata dia, Tokopedia sudah berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak berwenang terkait pencurian data ini.

“Dan telah menerapkan langkah-langkah keamanan sesuai standar internasional. Kami juga telah mengarahkan pengguna kami atas langkah-langkah lebih lanjut yang harus mereka ambil untuk memastikan perlindungan data pribadi mereka,” tandas Nuraini.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Science & Technology

Tutorial Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Windows 10 semakin digemari karena mendukung setiap pekerjaan. Tak ayal sistem operasi banyak dicari pengguna PC atau laptop. Untuk diketahui, buat kamu yang sudah upgrade ke Windows 10 dan cara mengaktifkannya ada dua cara, yaitu dengan digital license atau product key yang membutuhkan koneksi internet yang baik.

Cara aktivasi Windows 10 dengan digital licence
1. Saat memulai aktivasi pilih “I don’t have a product key”.

2. Masuk ke Windows dengan akun Microsoft yang telah tersambung. Windows 10 akan diaktifkan secara otomatis saat itu.

3. Tekan tombol windows pada keyboard, lalu arahkan kursor ke pengaturan, kemudian pilih menu “Update and Security”.

4. Jika Windows tidak aktif, cari dan pilih menu “Troubleshoot”.

5. Selanjutnya pilih activate windows kemudian aktifkan, atau pilih “‘I changed hardware on this device recently’, if applicable”.

6. Jika mendapatkan prompt masuk, ikuti langkah selanjutnya yang tertera.

7. Pilih perangkat yang digunakan dan centang “This is the device I’m using right now’.

– Langkah terakhir adalah pilih “activate,” Windows 10 akan teraktivasi.

Jika di atas adalah cara mereka yang telah memiliki lisensi digital atas Windows 10, maka ada juga cara bagi yang belum memiliki lisensi digitalnya, atau disebut mengaktifkannya dengan product key.

Cara aktivasi Windows 10 dengan Product Key
Product key berisikan kode 25 karakter. Selama instalasi calon pengguna akan diminta memasukkan kunci produk 25 karakter tersebut. “Product Key” bisa ditemukan pada “Activation Metode” yang tertera pada komputer. Perlu diketahui bahwa Microsoft hanya menyimpan “Product Key” jika membeli dari toko online Microsoft.

Pengguna dapat mengetahui hal tersebut dengan cara melihat dalam akun Microsoft yang dimiliknya, kemudian lihat dalam menu “Order history”, jika memilikinya maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan lisensi “Product Key”.

2. Tekan tombol Windows, kemudian ke “Pengaturan” pada komputer, lalu pilih “Update and Security”, lalu “Aktivasi”.

3. Tekan tombol “Change Product Key”.

4. Masukkan kunci produk kek pop up box dan tekan “next”.

5. Tekan aktifkan, tunggu beberapa jam maka Windows akan teraktivasi.

Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMSPico
Aktivasi Windows 10 dengan cara menggunakan aplikasi semacam windows activator. Namun perlu dicatat bahwa cara ini adalah ilegal dan melanggar copyright, sangat mungkin kita berurusan dengan hukum. Selain itu, tidak bisa dijamin keamanan produk.

Nama aplikasi tersebut adalah KMSPico, program aktivator yang bisa digunakan untuk mengaktivasi sistem operasi Windows maupun Microsoft Office. Berikut adalah cara aktivasi Windows 10 dengan menggunakan KMSPico:

1. Matikan antivirus yang digunakan pada komputer.

2 Download dulu aplikasi KMSPico.

3. Ekstrak file aplikasi tersebut.

4. Klik kanan pada file KMSPico, lalu pilih “Run as administrator”

5. Klik pada tombol merah untuk aktifkan Windows 10 sekaligus Microsoft office, kemudian tunggu hingga proses aktivasi Windows 10 selesai.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending