Connect with us

Peristiwa

Selamat dari Kerusuhan Wamena, Warga Madura: Banyak Orang Papua yang Baik

Published

on


Kerusuhan Wamena berdampak bagi warga Sampang, Madura, Jawa Timur yang merantau di tanah Papua. Puluhan warga Sampang yang tinggal satu kontrakan di Wamena kini lega setelah bisa keluar dari Wamena dan terhindar dari konflik horizontal di Jalan Hom Hom, Wamena, Papua.

Gimana enggak nih, 21 orang satu kontrakan warga Sampang yang bekerja sebagai pengojek motor itu melewati situasi mencekam saat detik-detik diserbu massa pada 23 September 2019, saat kerusuhan itu pecah. Kala itu, unjuk rasa menjadi bentrok antara massa dengan aparat Brimob.

Saat massa liar, pintu kontrakan warga Sampang yang semuanya bekerja sebagai pengojek itu digedor-gedor. Untungnya dalam usaha melarikan diri mereka diselamatkan orang Papua. Ternyata banyak orang Papua yang baik.

Berikut faktanya berdasarkan pengakuan dari warga Sampang, Qoim, yang akhirnya bisa kembali ke Madura bersama istri dan dua anaknya seperti yang dikabarkan VIVAnews:

Polisi mundur lempar batu

Saat kerusuhan pecah pada 23 September 2019, Qoim mengaku sedang berada di kontrakan bersama teman-temannya, sekitar 21 orang.

Terus polisi datang berhadap-hadapan tuh. Tapi karena dilempar batu oleh massa, petugas mundur tepat di depan kontrakan Qoim dan teman-teman.

Dikepung

Massa beraksi liar. Qoim mengisahkan situasi makin kalut, saat massa menggedor-gedor pintu kontrakan. Semua yang di dalam diminta keluar tapi mereka memilih bertahan di dalam kontrakan.

Bingung dengan situasi mencekam di luar. Qoim dan teman-teman berinisiatif menjebol atap belakang bagian belakang dan kemudian naik ke atap. Mereka kemudian meloncat dan melarikan diri, dan untungnya mereka kemudian bertemu dengan Brimob dan akhirnya diamankan di Kodim.

Banyak orang Papua baik

Begitu menjebol atap kontrakan, salah satu teman Qoim, Ahmadi mengatakan mereka terus berjuang lho mencari lokasi aman. Mereka berlarian ke belakang kontrakan, melewati rumah-rumah warga. Untungnya nih, mereka diberi lewat oleh warga setempat.

“Jadi, banyak juga orang Papua yang baik,” ujar Ahmadi kepada VIVAnews.

Nginap di Kodim

Qoim dan rekannya akhirnya bisa menginap di Markas Kodim dan di evakuasi ke Bandara Wamena, yang sudah berkumpul puluhan ribu pendatang Papua yang menunggu diterbangkan dengan pesawat Hercules ke kampung halaman.

Qoim mengungkapkan langsung mendaftar untuk dievakuasi begitu tiba di bandara. Empat hari berselang, Jumat 27 September 2019, baru bisa diterbangkan evakuasi.

Sampai di daeral asal

Penerbangan evakuasi tidak langsung ke Jawa Timur. Dari Wamena, pesawat terbang mampir di Timika dan ke Makassar. Kemudian di terbangkan ke Semarang, Jawa Tengah dan langsung ke Surabaya, Jawa Timur.

Sesampai di Jawa Timur, Qoim diistirahatkan di Asrama Transito untuk dipulangkan ke masing-masing kampung mereka

International

Hujan Deras, Banjir dan Longsor Tewaskan 16 Orang di Jepang

Published

on

By

Hujan lebat semalaman memincu banjir dan tanah longsor di Jepang pada Minggu (5/7). Setidaknya 16 orang tewas karena bencana itu, dua di antaranya lansia. llustrasi. (Kyodo News via AP).

Finroll.com, Jakarta – Hujan lebat yang memicu banjir besar dan tanah longsor di Jepang menewaskan 16 orang pada Minggu (5/7). Kabar tersebut dikonfirmasi setelah mereka sempat dinyatakan dalam kondisi kardio-pernapasan, istilah yang digunakan Jepang sebelum dokter secara resmi menyatakan orang tersebut meninggal dunia.

Dua di antaranya ialah seorang perempuan dan laki-laki berusia 80-an yang berada di wilayah Kumamoto barat tewas akibat tanah longsor. Hal tersebut dilaporkan media nasional setempat, NHK, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Sementara itu, 20 orang lainnya dalam kondisi kardio-pernapasan, istilah yang digunakan Jepang sebelum dokter secara resmi menyatakan orang tersebut meninggal dunia.

Gubernur Kumamoto, Ikuo Kabashima, pada Sabtu (4/7) mengungkapkan 14 orang dari korban terdampak hujan lebat tersebut merupakan penghuni panti jompo. Enam orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Pemerintah daerah dan kota yang terdampak bencana belum bisa segera mengonfirmasi jumlah kematian. Mereka menyatakan masih fokus meredam penyebaran virus corona di tempat-tempat penampungan evakuasi.

Bencana alam itu membuat pemerintah setempat menerbitkan imbauan evakuasi terhadap lebih dari 200 ribu penduduk.

Awak tanggap darurat telah keluar sepanjang malam guna mencari orang hilang dan menyelamatkan warga yang masih terjebak di rumah mereka.

Melansir AFP, meski hujan telah reda di Kumamoto sejak Minggu (5/7) pagi, banyak masyarakat yang masih terisolasi di daerah tersebut akibat jembatan runtuh dan memblokir jalan serta tanah longsor.

Di sisi lain, masyarakat di Kota Yatsushiro membuat tanda besar SOS di atas tanah kawasan sekolah dasar. Sekitar 10 orang melambaikan handuk putih meminta pertolongan dari helikopter serta media.

Sebelumnya, badan pengawas cuaca di Jepang menurunkan peringatan hujan dari tingkat tertinggi ke satu tingkat di bawahnya untuk Kumamoto dan dekat Kagoshima.

Namun, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta warga setempat tetap waspada. Sekitar 10 ribu tentara juga diinstruksikan bersiap untuk bergabung dengan tim SAR. Persiapan itu menjadi salah satu langkah untuk tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

International

Serangan ke Pusat Rehabilitasi Narkoba Meksiko, 24 Tewas

Published

on

By

Finroll.com, Jakarta – Sejumlah pria bersenjata melakukan serangan ke sebuah pusat rehabilitasi narkoba di kota Irapuato, Meksiko hingga menewaskan sedikitnya 24 orang dan tujuh lainnya luka-luka.

Pihak berwenang mengatakan serangan membabi buta itu terjadi pada Rabu (1/7). Sekretaris keamanan publik Irapuato, Pedro Cortes mengatakan pelaku penyerangan sempat masuk ke area pusat rehabilitasi dan memaksa orang-orang yang berada di sana untuk berlutut ke tanah hingga melepaskan tembakan ke beberapa orang.

“Kami mendapat laporan bahwa para pria bersenjata menggunakan mobil merah, belum ada informasi lebih lanjut soal para pelaku,” ujar Cortes.

“Laporan awal yang kami terima diketahui 24 orang tewas dan tujuh lainnya cedera.”

Saat ini pihak berwenang sedang berupaya menemukan kendaraan yang digunakan oleh para penyerang. Belum diketahui motif di balik serangan ini.

Serangan serupa ke pusat rehabilitasi narkoba di Guanajuato juga sempat terjadi pada 6 Juni lalu. Dalam serangan tersebut dilaporkan sembilan orang tewas di tempat, sementara satu lainnya meninggal ketika tiba di rumah sakit.

Irapuato berada di Provinsi Guanajuato yang kerap terjadi kekerasan dan kejahatan secara terorganisir. Guanajuato merupakan pusat industri penting di Meksiko. Daerah tersebut merupakan pusat manufaktur otomotif, penerbangan, dan industri berat internasional lainnya.

Denyut bisnis di Irapuato menarik kelompok kejahatan seperti Jalisco dan kartel narkoba Santa Rosa de Lima melancarkan aksi pemerasan, penculikan, hingga pencurian bahan bakar.

Penembakan oleh pria bersenjata bukan pertama kali terjadi di Meksiko. Sebelumnya pada 21 Juni lalu pihak berwenang menangkan 26 anggota kartel narkoba Santa Rosa de Lima setelah membakar sebuah kendaraan untuk memblokir jalan di kota Celaya, Salamanca, dan Villagran.

Serangkaian kekerasan yang terjadi di Meksiko mendapat reaksi dari Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang mengatakan jika pemerintahannya tidak akan membiarkan adanya kekacauan dan aksi anarkis kelompok bersenjata di negaranya.

Meksiko tahun lalu mencatat rekor 34.582 kasus pembunuhan, tertinggi sejak pencatatan dimulai resmi pada 1997.(cnnindonesia.com)

Continue Reading

Nasional

Underpass Senen Jakarta Pusat Ditutup 30 Hari

Published

on

By

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan underpass Senen Extension di kawasan Senen, Jakarta. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Finroll.com, Jakarta – Arus lalu lintas di underpass Senen, Jakarta Pusat dari arah Cempaka Putih menuju ke arah Senen ditutup akibat proyek perpanjangan underpass mulai Selasa (30/6).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penutupan jalan itu akan berlangsung selama satu bulan atau 30 hari.

“Ditutup sementara sehubungan pekerjaan pembangunan underpass Senen extension di Simpang Senen, Jakarta Pusat,” kata Sambodo saat dihubungi, Selasa (30/6).

Kendati demikian, kata Sambodo, pihaknya telah menyiapkan rute alternatif lain bagi pengendara. Rute itu disiapkan agar para pengendara terhindar dari kepadatan lalu lintas di seputar Simpang Senen.

“Untuk mengurangi kepadatan lalu Iintas di Simpang Senen. kendaraan dari arah Timur atau Pulogadung dapat melalui jalan alternatif,” ucap Sambodo.

Lebih lanjut, Sambodo mengimbau kepada para pengendara untuk tetap mengikuti rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan.

Berikut ini alternatif jalan yang disiapkan selama penutupan Underpass Senen:

1. Arah Ancol:
-Jalan Letjend Suprapto
-Jalan Tanah TInggi Barat
-Jalan Benyamin Sueb

2. Arah Tugu Tani:
-Jalan Kemayoran Gempol
-JalanGaruda
-Jalan Bungur Raya
-Jalan Gunung Sahari 3
-Jalan Gunung Sahari
-Jalan Budi Utomo

3. Arah Matraman:
-Jalan Salemba Raya

(cnnindonesia.com)

 

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending