Connect with us

Healty

Siloam Hospitals Menghadirkan Tes Molekuler Isotermal, Deteksi Covid-19 Secara Cepat

Published

on


Finroll.com – Tes yang dilakukan secara masif dan massal untuk seluruh lapisan masyarakat masih menjadi salah satu solusi efektif mengatasi pandemi. Pasalnya, semakin cepat pasien teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat tertanggulangi.

Untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 PT Siloam International Hospitals Tbk atau Siloam Hospitals Group menghadirkan Tes Molekuler Isotermal.

Tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi COVID-19 dengan performa tinggi. Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, dimana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0% dan spesifisitas 97.9%.

“Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di jaringan rumah sakit kami di seluruh Indonesia, masyarakat akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes COVID-19 dengan performa tinggi,” ungkap Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady kepada Insan Media dalam Konferensi Persnya yang dilakukan secara daring di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Siloam Hospitals Group bersyukur dapat terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes COVID-19 yang komprehensif, mulai dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal),”Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” tambahnya.

Caroline Riady menjelaskan, performa tes dengan alat Abbott ID NOW™ ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji COVID 19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan (lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif), serta beragam,” jelasnya.

Keunggulan lainnya lanjut Caroline, Tes Molekuler Isotermal mudah diakses dan diterapkan terutama sebagai penggunaan POCT (Point of Care Test) performa tinggi dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi, serta dapat meminimalkan kesalahan hasil tes (false positive test result).

Tes molekuler isotermal tersedia di seluruh rumah sakit Siloam Hospitals Group ( Siloam Sentosa, Siloam Bekasi Sepanjang Jaya dan Siloam Bekasi Timur), mulai dari Rp 999.000 (minimum 10 orang). Selain digunakan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap,” lanjutnya.

Dengan sifatnya yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja.

“Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan tes di rumah (home care). Silakan hubungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan informasi mengenai layanan tes molekuler isotermal on-site maupun home care,” papar Caroline.

Hingga saat ini, Siloam Hospitals telah melakukan lebih dari 1.000.000 tes COVID-19 atau berkontribusi hampir 5% terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus terkonfirmasi positif.

Penyediaan tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran COVID-19 seefektif mungkin,” pungkasnya.

Advertisement

Healty

Panduan Merawat Kulit Kering

Published

on

Kulit

Merawat kulit kering tak boleh sembarangan. Shalat, kulit bisa lebih kering. Ini solusi bagi Anda untuk mencegah dan mengatasi kulit kering.

Banyak orang beranggapan kalau merawat kulit kering cukup menyulitkan. Salah-salah, kulit bisa semakin kering hingga mengganggu penampilan. Padahal, perawatannya tak sesulit yang dipikirkan. Yang terpenting, Anda melakukan kegiatan secara teratur dan sesuai.

Seperti Anda tahu, kulit memiliki fungsi penting bagi tubuh. Misalnya, membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Itulah yang penting, penting bagi Anda untuk melihat cara merawat kulit kering serta menjaga kesehatan kulit.

Kondisi Kulit Kering yang Sering Terjadi

Setiap orang memang memiliki jenis kulit yang berbeda, tapi kulit yang sehat umumnya akan tampak segar, lembap, elastis, serta bebas dari rasa gatal, terkelupas, atau perih. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bukanlah hal yang mudah. Sering kali ada masa di mana kulit menjadi bermasalah. Salah satu hal yang umum terjadi adalah kulit kering.

Kondisi ini ditandai dengan kulit terasa kencang atau tertarik, yang umumnya terjadi setelah mandi, kulit tampak berkerut, kusam, kasar, dan kadang terasa gatal. Dalam kondisi yang cukup berat, kulit kering bisa disertai kemerahan, tanda peradangan, dan terkelupas.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak hingga orang tua, tanpa memandang jenis kelamin atau jenis kulit. Meski demikian, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kulit kering, yaitu usia tua (lebih dari 65 tahun) serta tinggal di daerah kering dan dingin.

Penyebab Kulit Menjadi Kering

Sebelum mengetahui cara merawat kulit kering yang benar, terlebih dahulu harus diketahui apa saja yang dapat menyebabkannya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mencegah kondisi kulit menjadi lebih kering.

Penyebab kulit kering dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Berikut hal-hal yang masuk dalam kedua faktor tersebut.

1. Faktor Eksternal

  • Udara kering.
  • Berada di ruangan dengan pendingin udara.
  • Pakaian yang terlalu ketat.
  • Penggunaan sabun dan detergen yang tidak benar.
  • Penggunaan air panas saat mandi.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.

2. Faktor Internal

  • Faktor genetik.
  • Penuaan.
  • Memiliki alergi
  • Adanya penyakit tertentu

Ada cukup banyak yang dapat menyebabkan kulit kering, kan? Bagi Anda yang memiliki jenis kulit ini, ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kulit kering agar tahu cara merawat kulit kering dengan tepat.

Cara Melembapkan Kulit Kering

Merawat kulit kering memerlukan perawatan dari dalam dan luar. Berikut cara mengatasi kulit kering yang wajib Anda ketahui.

1. Hindari Menggunakan Air dengan Suhu Terlalu Panas
Anda boleh saja mandi dengan air hangat. Kadar panasnya sekitar satu derajat di atas suhu tubuh yaitu 38OC.

Ini karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Lalu batasi waktu mandi 5-10 menit.

2. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering
Sabun tersebut biasanya mencantumkan label “moisturizing” atau melembapkan. Sedapat mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi ataupun pewarna.

3. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit
Sabun antibakteri dan mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

4. Gunakan Pelembap
Segera setelah tubuh dikeringkan, gunakan pelembap ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah.

Gunakan pelembap alami yang mengandung vitamin E, minyak alpukat, minyak biji aprikot dan vitamin A.

Pelembap sebaiknya digunakan untuk mengatasi kulit bersisik, pecah-pecah, dan juga kering.

5. Minum Air Putih Cukup
Kulit kering sering kali menjadi pertanda tubuh yang dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi, salah satu cara melembapkan kulit kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yaitu 1,5–2 liter per hari.

6. Perawatan dari Dalam
Merawat kulit kering juga harus diupayakan dari dalam, yakni melalui makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E, omega 3, dan zinc merupakan cara alami mengatasi kulit kering.

7. Gunakan Krim Anti-Peradangan
Bila kulit kering Anda disebabkan oleh peradangan kulit, berkonsultasilah dengan dokter.

Dokter biasanya akan memberikan krim steroid yang disesuaikan dengan kondisi kulit Anda.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman
Hindari penggunaan pakaian yang berbahan wool karena mudah mengiritasi kulit. Sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun agar kulit Anda dapat “bernapas”.

9. Gunakan Humidifier
Udara kering, panas, dan ruang ber-AC membuat kulit semakin kering. Nah, untuk mengatasi kulit kering bersisik, gunakan humidifier untuk menambah kelembapan di dalam rumah.

Ada banyak cara merawat kulit kering dan tentunya tidak rumit yang bisa Anda lakukan. Dengan mengikuti panduan di atas dengan teratur, bukan tidak mungkin kulit Anda dapat kembali sehat dan segar kembali.

Sumber : klikdokter.com
Continue Reading

Healty

Cara Merawat Kulit Wajah yang Baik dan Benar

Published

on

Wajah

Cara merawat kulit wajah yang tepat tidak harus dengan produk perawatan wajah bermerek atau perawatan di klinik kecantikan yang mahal. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Kondisi tampilan kulit wajah dapat dilihat oleh berbagai faktor, seperti usia, lingkungan, kondisi medis tertentu, dan cara merawat kulit wajah yang Anda lakukan.
Merawat kulit wajah dengan cara yang benar dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, noda hitam, keriput, dan garis halus. Dengan kulit wajah bersih, awet muda, dan cerah berseri, Anda bisa tampil menawan dan lebih percaya diri.

Panduan Merawat Kulit Wajah yang Benar

Tampilan kulit dapat mencerminkan kondisi kesehatan tubuh Anda. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa mencoba perawatan kulit wajah di rumah dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:

1. Gunakan sabun pembersih muka sesuai jenis kulit

Tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama. Ada yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Berbeda jenis kulit, berbeda pula jenis perawatan yang cocok digunakan.

Misalnya, bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan memilih produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol dan wewangian.

Sementara itu, pemilik kulit berminyak yang diminta untuk menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut yang dapat melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak, misalnya pembersih wajah yang mengandung gliserin.

Karena rentan mengalami komedo dan jerawat, orang yang memiliki kulit berminyak juga disarankan untuk memilih produk perawatan kulit atau make up yang berlabel noncomedogenic agar tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

2. Bersihkan wajah secara rutin

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling sederhana adalah membersihkan wajah. Agar wajah tetap bersih, Anda perlu mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur.

Membersihkan wajah pada pagi hari bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin menempel di wajah saat tidur. Menjelang tidur, wajah juga perlu dibersihkan dari make up, debu, dan polusi yang menempel di wajah selama Anda beraktivitas di luar rumah.

Bila perlu, bersihkan wajah setiap kali selesai melakukan aktivitas yang menyebabkan Anda banyak berkeringat, misalnya setelah berolahraga. Hal ini karena keringat dan minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, sehingga memicu munculnya komedo dan jerawat.

3. Bersihkan wajah dengan cara yang benar

Selain dilakukan secara rutin, cara membersihkan wajah juga perlu dilakukan dengan benar. Untuk membersihkan wajah, awali dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

Selanjutnya, gunakan sabun cuci muka dan mulailah membersihkan wajah dengan melakukan pijatan lembut secara melingkar menggunakan ujung jari. Setelah itu, bilas wajah dengan air, lalu keringkan dengan cara menepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk bersih.

Jika perlu, Anda juga bisa mencoba memebersihkan wajah dengan teknik double cleansing.

4. Gunakan pelembap

Memakai pelembab juga menjadi bagian penting dari cara merawat kulit wajah. Pelembap wajah sebaiknya digunakan setelah mencuci muka. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah.

Namun, Anda perlu memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilihlah pelembap berbahan dasar air dan bebas kandungan minyak.

Pelembab wajah yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit wajah, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit.

Beberapa bahan yang efektif untuk melembapkan kulit antara lain gliserol, ceramide, dan niacinamide.

5. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit dan kanker kulit, serta memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput.

Saat menggunakan tabir surya, Anda disarankan memilih tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30 dan gunakan setiap hari meski cuaca sedang tidak panas sekalipun. Penggunaan tabir surya perlu diulang setiap 2 jam sekali atau lebih sering ketika Anda sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

Tak hanya menggunakan tabir surya, Anda juga perlu mengenakan pakaian lengan panjang, celana panjang, kacamata hitam, dan topi lebar, saat beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, hindari pula paparan sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi hingga 4 sore.

6. Jalani pola hidup sehat

Cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat, yaitu dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat cukup, kelola stres, serta berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Hal terpenting dari cara merawat kulit wajah adalah melakukannya secara rutin. Setiap perawatan membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas Anda sehari-hari.

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit wajah, seperti jerawat yang parah atau bekas luka di wajah, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter kulit. Untuk mengatasi masalah pada kulit dan merawat kulit wajah, dokter dapat memberikan penanganan dan melakukan perawatan kulit sesuai kondisi dan jenis kulit Anda.

Sumber: alodokter.com

Continue Reading

Healty

Tips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Sering Bekerja Di Depan Layar Komputer

Published

on

Kaca Mata

Finroll.com – Bagi kamu yang sering bekerja di depan layar komputer, hal ini harus diwaspadai terutama untuk kesehataan pada mata kamu. Seberapa penting sih menjaga kesehatan mata? Seperti yang telah kamu ketahui bahwa mata merupakan alat indra penglihatan yang sangat berguna bagi kita untuk melihat sekeliling dengan jelas dan terang. Segala aktivitas yang dapat bertindak dengan cepat, agar mata kita sehat dan tidak merasa perih, serta gatal-gatal. Akibat setiap hari sering di depan layar monitor membuat mata menjadi merah dan gatal-gatal. Usahakan jangan digaruk atau dikucek matanya ya guys, nanti akan menjadi lebih parah dan bisa mengakibatkan iritasi pada bagian pupilmu. Sehingga kerusakan yang parah,

Tahukah kamu? Mata yang memiliki ciri khas loh, beberapa penglihatan yang jelas dan tidak buram, mata bening, memiliki kadar kelembapan mata yang baik, dan tidak merah atau gatal gatal. Dengan mata yang sehat kita dapat melihat sekeliling dengan jernih karena titik penglihatan pada mata yang jatuh di arah yang benar, dan tidak terlihat buram ini merupakan salah satu ciri mata yang sehat. Selalu menjaga kesehatan mata dimanapun berada akan mencegah kerusakan mata dan kita bisa melihat dengan jelas dan tidak terasa buram.

Lalu apa saja sih tips menjaga kesehatan mata agar sehat? Bagaimana kurang memperhatikan kesehatan mata? Mata rusak biasanya kebiasaan kontrol mata tidak rutin kepada dokter kesayangan, dan beberapa penyakit mata yang harus anda waspadai dan diketahui akan dibahas ini satu persatu.

Tips menjaga kesehatan mata

Berbagai tips yang didapatkan dari berbagai sumber memang berbeda-beda, namun sebaiknya kita telaah terlebih dahulu pada setiap gejalanya. Apakah kamu merasakan keluhan dan terasa mata ada sedikit yang berbeda dalam pandangan? Waspada ya guys takutnya itu berefek terhadap kesehatan mata, lalu apa yang harus dilakukan guna membuat mata menjadi lebih sehat ? Nah yuk ikuti tips menjaga kesehatan mata agar sehat. Sudahkah kamu tahu cara mencegah kerusakan pada mata? Membaca itu penting untuk pengetahuanmu agar lebih luas dan kita jadi lebih berhati-hati lagi untuk menjaga kesehatan mata dalam melakukan kegiatan apapun. Berikut tips menjaga Kesehatan pada mata:

  • Sering mengkonsumsi buah-buahan beserta sayur-sayuran hijau
    Beragam jenis buah dan sayur, namun dengan bahan organik ini pastinya menyehatkan ya guys. Khususnya bagi kamu pecinta buah dan sayur. Lalu apa saja buah dan sayur yang dapat melindungi sistem saraf mata kita, adapun sayuran yang wajib kamu konsumsi dalam keseharian seperti: wortel, brokoli, bayam dan lain-lain. Sedangkan untuk buah-buahan bisa kamu konsumsi ada alpukat, pisang, manga beserta ubi jalar dan buah yang menjadi favoritmu.
  • Minum air putih
    Selain mengatasi dehidrasi pada tubuh kita, meminum air putih juga bisa membuat mata kita menjadi lembab dan tidak mengalami kering. Jika mata kering hal yang tidak diinginkan akan terjadi seperti gatal, perih, dan sakit. Banyaklah meminum air putih guna menyeimbangkan kadar udara di mata kita.
  • Melihat hijau-hijauan
    Sejenak melihat sekeliling yang hijau pada saat lama berada di depan komputer. Jika berlama-lama memandangi layar komputer bisa kamu berhenti dan melihat hijau-hijauan untuk melenturkan syaraf agar mata jadi lebih fokus lagi.
  • Kedip-kedipkan dan memejamkan mata
    Memejamkan mata selama 15 detik untuk mengurangi rasa pedih saat terkena radiasi di komputer dan Mengedipkan mata selama 5 detik sekali dn tidak melotot kelayar komputermu.
  • Radiasi diperkecil
    Kurangi cahaya pada komputer agar berkurang dengan cahaya yang sedang pada layar monitor.
  • Senam mata
    Menggerak-gerakan mata kekiri dan kanan untuk senam ringan agar mata lebih rileks

Itulah kegiatan yang bisa kamu lakukan dalam keseharian saat berkantor, ini membuat kesehatan mata kamu menjadi lebih sehat, meskpun berlama-lama menghadapi komputer sehingga pengerjaan tugas yang diberikan dengan cepat terselesaikan.

Akibat mata keseringan di depan layar komputer

Apakah mata kamu mengalami keadaan mata yang beda? Kamu harus cepat periksakan ke Dokter untuk dicek kesehatan mata agar cepat sembuh. Disarankan kamu jangan sembarang pakai obat mata tanpa resep dokter ya. Itu akan mengakibatkan kerusakan mata yang parah, dan jika dibiarkan saja mungkin akan berdampak permanen pada matamu. Pentingnya selalu menjaga kesehatan mata pelajaran dapat melihat dengan jelas dan terang.

Akibat mata rusak dengan kegiatan yang sering berada di depan layar komputer adalah:

  1. Rabun jauh
  2. Rabun dekat
  3. Gatal-gatal dan perih
  4. Iritasi dan membuat mata merah
  5. Kepala mejadi pusing Karena terkena radiasi

 

Sumber: kantorkita.co.id

Continue Reading

Trending