Connect with us

Science & Technology

Soal Kebocoran Data , Facebook Cuma Didenda Rp 8,6 Miliar

Published

on


Soal Kebocoran Data , Facebook Cuma Didenda Rp 8,6 Miliar

Finroll.com – Masih ingat kasus Cambridge Analytica?. Kabar terbaru mengungkapkan bahwa Facebook akan menghadapi denda atas penyalahgunaan data pengguna dari pihak ketiga.

Sayang, denda yang menyeret data pengguna Facebook mencapai 87 juta dari seluruh dunia, termasuk satu juta berasal dari Indonesia, sangat kecil. Dikutip dari The Verge, Selasa (30/10/2018) Facebook akan menghadapi denda 500 ribu Euro (Rp 8,6 miliar) dari Inggris atas skandal Cambridge Analytica.

“Kami menganggap kontroversi ini menjadi sangat serius. Kami menerapkan hukuman maksimum di bawah undang-undang sebelumnya,” ujar Kepala Komisi Informasi Inggris (ICO) dalam sebuah pernyataannya.

Bila denda tersebut benar-benar dijatuhkan, maka angka tersebut sungguh tak ada apa-apanya dengan pemasukan perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Facebook menghasilkan USD 5,1 miliar dalam laba bersih di kuartal terakhir, di mana angka yang sulit untuk membandingkan sanksi skandal Cambridge Analytica.

Bila dilihat secara laba per harinya, nilai hukuman atas penyalahgunaan data penggunaan Facebook itu tak terlihat sama sekali. Tetapi, bila mengerucut laba Facebook per jamnya, maka akan terlihat dampaknya. Namun, lagi-lagi jadi catatan, perusahaan akan mendapatkan pendapatan yang sama dengan denda tersebut dalam waktu kurang dari 15 menit.

Denda ini bisa menjadi buruk untuk di masa mendatang. Ketika regulator Inggris mengumumkan denda tersebut, mereka memastikan untuk dicatat bahwa Facebook sekarang terikat oleh aturan ketat perlindungan GDPR di Eropa, di mana perusahaan bisa dihukum USD 22 juta bila melanggar aturan.

source: Detikinet
Advertisement

Science & Technology

Quipper Hadirkan Aplikasi Belajar Online Versi Terbaru

Published

on

Finroll.com — Bagi sebuah produk digital atau aplikasi, ulasan pengguna adalah hal yang utama. Dari para pengguna kita dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan dari sebuah produk.

Selain konten yang lengkap dan berkualitas, dalam sebuah aplikasi pendidikan, kenyamanan dan tampilan yang menarik juga sangat penting.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat penggunanya nyaman dan betah berlama-lama dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Menanggapi masukkan dan saran dari para penggunanya, pada tahun lalu tim Quipper Indonesia melakukan riset sederhana terkait User Experience (UX) dan User Interface (UI), serta pembaharuan dari sisi teknologi.

Kombinasi tersebut menghasilkan aplikasi belajar online Quipper versi terbaru yang berbeda dan memberikan tambahan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan kenyamanan belajar online agar siswa dapat meraih hasil yang maksimal.

Dalam press conference yang bertema The All-New Quipper di kawasan Thamrin, Ruth Ayu Hapsari – Business Development Manager Quipper Indonesia mengatakan “Berdasarkan riset kami, pelajar menginginkan tampilan desain aplikasi belajar yang lebih fun karena dapat meningkatkan motivasi belajar.

Namun perlu dipastikan elemen dan teknologi di dalam aplikasi sesuai dengan kegunaan dan fungsi aplikasi belajar supaya siswa dapat belajar dengan nyaman. Oleh karena itu kami menyajikan The All-New Quipper bersama dengan beberapa fitur baru dan tentunya Masterclass, sehingga kini siswa dapat langsung berdiskusi dan berkonsultasi dengan Tutor dan Coach di aplikasi yang sama.”

Selain itu, dalam sesi talkshow yang menghadirkan Quipper Super Teachers yang terdiri dari artis berprestasi seperti Febby Rastanty, Vidi Aldiano, Tasya Kamila dan Gita Gutawa mereka juga menyampaikan kebanggaannya atas konsistensi yang dilakukan oleh Quipper dalam menyajikan aplikasi belajar online yang berkualitas. Menurut Gita Gutawa, “Aplikasi Quipper yang baru ini gampang banget digunakannya.

Misalnya aku mau belajar pelajaran yang kemarin aku pelajari tapi lupa cari dimana, aku bisa tinggal lanjutin dengan fitur resume learning.

Bahkan bisa dilakukan meskipun aku ganti device dari hp ke laptop. Ditambah lagi ada fitur Tanya Tutor dan Bimbingan Online langsung di aplikasi, aku yakin pengguna Quipper jadi makin terbantu lagi proses belajar online-nya .“

Tidak hanya menampilkan update terkait aplikasi dan para Quipper Super Teachers dari kalangan artis berprestasi, Quipper juga memberikan penghargaan bagi sekolah dan siswa di Jakarta yang paling aktif menggunakan layanan Quipper dalam mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Sekolah yang menerima penghargaan antara lain SMAN 3 Jakarta, SMAN 98 Jakarta dan SMAN 39 Jakarta.

Dalam pidatonya Country Manager Quipper Indonesia – Yuta Funase mengatakan, “Penting bagi kami untuk mengetahui bahwa pengguna Quipper benar-benar aktif dan memanfaatkannya untuk memaksimalkan belajar.

The All-New Quipper kami persembahkan bagi mereka yang mengutamakan pengalaman belajar yang berkualitas dan nyaman sehingga dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa.”

Sebagai pionir aplikasi belajar online berbasis video pada tahun 2015, Yuta menambahkan bahwa di tengah derasnya arus informasi teknologi dan ribuan produk yang menjamur, kita harus berani untuk menjadi unik dan menonjol.

Namun harus selalu fokus pada tujuan utama, dalam hal ini Quipper selalu berupaya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi seluruh pelajar di Indonesia.(red)

Continue Reading

Science & Technology

Sudah Dijual, Perlukah Beli Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold?

Published

on

By

Samsung akhirnya menjual Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold di Korea Selatan, Eropa dan Amerika Serikat setelah melalukan sejumlah perbaikan.

Namun masalah pada ponsel ini ternyata masih ada. TechCrunch melaporkan kerusakan ponsel setelah satu hari digunakan. Kerusakan terjadi padapixel yang berada di di bawah layar lipat utama padahal ponsel digunakan secara normal.

TechCrunch melaporkan kemungkinan ponsel ini rusak karena pengguna mendorong layar terlalu keras.

Kini ponsel lipat Samsumg ini hadir dengan banyak peringatan yang intinya agar pengguna memperlakukan ponsel ini dengan lembut. Dalam peringatan yang ada pada ponsel dikatakan: hindari menekan layar dengan keras. Ketuk dengan ringan untuk menjag perangkat tetap aman.

Disarankan pula untuk menjauhkan ponsel dari magnet, air atau debu, yang berarti benda-benda seperti debu yang ada di saku dapat masuk ke engsel dan menyebabkan kerusakan, meskipun ada pelindung baru untuk membantu mencegah itu terjadi semudah sebelumnya. Anda bahkan tidak bisa menggunakan pelindung layar, ujar CNBC International, seperti dikutip Senin (30/9/2019).

Peringatan lainnya: “Jangan menekan layar dengan benda keras atau lunak, seperti pena atau kuku atau berikan tekanan berlebihan,” saran Samsung.

Bagi CNBC International, peringatan ini cukup baik tetapi pengguna bisa kurang nyaman dengan ponsel seharga US$1.980 per unit tetapi khawatir ponsel rusak dengan pemakaian normal.

Samsung memang memberikan kemudahan mengganti layar seharga US$149 tetapi pengguna harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan penggantian bila mitra Samsung tidak bisa memperbaiki ponsel di hari yang sama.

Jadi perlukah sekarang membeli ponsel Lipat, Samsung Galaxy Fold sekarang? Semua kembali kepada Anda.

Continue Reading

Science & Technology

Esports and Gaming Convention (ExGCon) Segera Digelar Tahun Ini!

Published

on

“Gaming Convention pertama di Indonesia yang menjadi titik temu seluruh elemen dan stakeholders industri gaming”.

Finroll.com — Indonesia’s Largest Content Creator Network Famous Allstars kembali hadir dengan gebrakan baru, ExGCon (Esports and Gaming Convention) yang didedikasikan khusus bagi para pelaku dan pencinta eSports & gaming.

Digelar dari tanggal 13 – 15 Desember 2019 di Kartika Expo Center Balai Kartini Jakarta, Di ExGCon, para penikmat dan pelaku industri gaming akan saling bertemu, terhubung, dan berkolaborasi dalam kehidupan nyata demi mencapai satu tujuan, menumbuhkan komunitas  gaming  dengan ekosistem lebih positif dan suportif melalui kecintaan terhadap gaming.

Selain itu, team profesional  eSports  Team RRQ, ONIC Esports,  serta  cosplayer local dan mancanegara, seperti Lola Zieta, Punipun, Ruri Ruru juga akan hadir untuk menyapa para penggemarnya di Indonesia. Yang menarik dari event ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengikuti seluruh kegiatan yang akan diselenggarakan.

Aoura Lovenson Chandra, CEO Famous Allstars menjelaskan, “Bertentangan dengan opini yang mendiskreditkan, kami percaya bahwa gaming bersifat sosial yang menghubungkan para individu.

Melalui gaming, kita bisa bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai macam negara, yang memiliki kisah, narasi, serta inspirasi positif, sehingga pada akhirnya dapat membuka pikiran serta mengubah persepsi yang ada, karenanya untuk pertama kalinya kami menggelar ExGCon dengan konsep interaktif dan inovatif.

Melalui ExGCon kami berharap dapat mengumpulkan berbagai komunitas  gaming di Indonesia dalam acara yang memiliki format berbeda dengan event gaming pada umumnya, dimana lebih fokus pada konsep turnamen,”  jelasnya.

Digelar di minggu kedua bulan Desember mendatang, acara ini akan dibuka dengan acara Award Show bagi figur-figur inspiratif dan terpilih dari industri gaming  Indonesia.

Pada hari kedua dan ketiga pengunjung dapat menikmati  berbagai  Experience  Zones yang menyajikan aneka format  gaming, seperti arcade games, PC games, mobile games,  hingga  VR rilisan para  game publisher selaku partner resmi ExGCon. Akan dapat dinikmati juga di akhir pekan tersebut, serangkaian program seru, seperti Cosplay Parade, All Stars Match, Meet & Greet  dengan  cosplayer idola serta pro players dari mancanegara. Penampilan dari beberapa grup band dan musisi ternama Indonesia, salah satunya adalah JKT48, juga akan menambah serunya ExGCon.

“Harapannya dari acara ExGCon ini, industri gaming di Indonesia bisa terus berkembang dan bertumbuh serta ExGCon bisa menjadi salah satu wadah untuk seluruh ekosistem yang ada dalam industri gaming di Indonesia. Selain itu, ExGCon juga bisa menjadi salah satu konten hiburan di industri gaming yang dinanti-nantikan setiap tahunnya,” tutur Wijaya Nugroho, Business Development, eSports Manager Garena Indonesia.

Andrian Pauline, CEO RRQ juga mengungkapkan antusiasmenya, “Team RRQ, sebagai salah satu team  eSports  terbesar di Indonesia mempunyai harapan besar agar ExGCon menjadi tempat berkumpulnya para pelaku dan pencinta eSports dan gaming, khususnya para fans Team RRQ.”

Alex Wijaya selaku Business Director Famous Allstars  mengungkapkan harapannya atas digelarnya event ini. “Kami berharap ExGCon akan menjadi ajang tahunan yang dinantikan para  gamers dan fans. Berbagai elemen telah kami siapkan mulai dari  awards, experience  dengan  game developers/publishers, tournament, music performance sehingga ExGCon akan menjadi tempat untuk para fans bertemu dengan idola-idola mereka, mulai dari pro players, casters, hingga cosplayers.(red)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending