Connect with us

Automotive

Tak Mampu Bersaing, Datsun dan Chevrolet ‘Pamit’ dari Indonesia Januari 2020.

Published

on


Finroll.com, Jakarta – Persaingan di pasar otomotif Tanah Air semakin ketat. Agen pemegang merek atau APM mobil harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bertahan dalam menawarkan produk kendaraan, dan memberikan layanan purnajual bagi pelanggannya.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, bukan hal yang mustahil APM mengakhiri bisnisnya. Cara ini yang dipilih oleh dua merek otomotif global, Chevrolet dan Datsun. Keduanya memutuskan untuk tidak lagi menjual produknya di Indonesia pada tahun 2020. Chevrolet pun telah resmi menyatakan tidak lagi menjual produknya mulai akhir Maret 2020.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, sebelum mengakhiri bisnisnya, APM mobil biasanya memang memberitahukan via surat resmi. Hal ini seperti yang sudah dilakukan General Motors (GM) yang memutuskan untuk tidak lagi menjual mobil Chevrolet.

“Jadi begini, kalau kayak kemarin GM memang ada ke Kemenperin, menyampaikan akan berhenti untuk jualan tetapi komitmen untuk menjamin aftersales-nya. Tetapi untuk kasus Datsun ini agak berbeda, karena Nissan masih tetap ada di sini. Jadi masih banyak produknya untuk Nissan Group,” ujarnya di sela Inagurasi Quick Charging Mitsubishi Motors di Senayan, Jakarta, Selasa 26 November 2019.

Saat ini, kata Putu, pihak Datsun sedang mencari waktu yang tepat untuk bisa bertemu dengan Menteri Perindustrian, guna memberitahukan perubahan strategi bisnisnya secara resmi. Sehingga tidak terjadi informasi yang menyesatkan tentang tutupnya merek asal Jepang tersebut.

Menurutnya, salah satu alasan Datsun tutup adalah karena kurang mampunya bersaing dengan banyak merek yang menjual produk-produk kendaraan untuk masyarakat di berbagai wilayah Nusantara. Hal ini, kata Putu, merupakan hal yang biasa terjadi di berbagai bidang bisnis, termasuk otomotif.

“Datsun ingin menyampaikan juga secara resmi, sudah bertelpon saat saya di Jepang kemarin. Mereka bilang ingin melapor bahwa ada perubahan strategi. Menurut pihak Datsun, perubahan strategi ini akan dilakukan mulai Januari 2020,” ucapnya.

Advertisement Valbury

Automotive

Varian Baru CBR250RR SP Quick Shifter, Lebih Mahal Rp15 juta

Published

on

Finroll – Jakarta, Astra Honda Motor (AHM) merespons peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R dengan meluncurkan varian baru CBR250RR dengan tambahan fitur Quick Shifter dan Assist/Slipper Clutch pada Jumat (24/7). Varian baru bernama CBR250RR SP ini dijual Rp76,7 juta, lebih mahal Rp10 jutaan dari varian lainnya.

AHM menjelaskan Quick Shifter ‘mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling’.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

Secara umum quick shifter adalah fitur yang membuat penggantian gigi transmisi manual ke atas dan ke bawah tanpa perlu menekan pedal kopling. Fitur yang diadaptasi pada motor produksi massal dari teknologi balapan ini memudahkan pengendara karena penggantian gigi bisa dilakukan lebih cepat dan bisa tanpa jeda.

Quick Shifter pada CBR250RR SP punya empat mode, yaitu untuk naik dan turun gigi, naik gigi saja, turun gigi saja, dan bisa tidak diaktifkan.

Sementara Slipper Clutch dijelaskan AHM sebagai fitur yang ‘berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim’.

Slipper Clutch atau yang dikenal juga dengan sebutan back-torque limiter adalah kopling spesial yang berguna mencegah efek engine brake saat kecepatan motor berkurang drastis. Fitur yang juga dikembangkan di arena balap ini bertugas mencegah kelebihan putaran mesin dan roda belakang mengunci saat pengereman.

Selain kedua fitur tersebut AHM juga terpantau telah menambah sedikit tenaga dan torsi pada mesin 2-silinder 250 cc DOHC milik CBR250RR. Kini tenaganya diklaim 40 hp dan torsi 25 Nm, pada versi mesin sebelumnya menghasilkan 38 hp dan torsi 23 Nm.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

CBR250RR SP tersedia tiga pilihan warna, yakni Bravery Red Black, Honda Racing Red dan juga Special Edition Garuda x Samurai buat memperingati 17 Agustus. Kedua warna pertama dijual Rp76,7 juta, namun khusus untuk harga pilihan warna perayaan Hari Kemerdekaan akan diumumkan kemudian.

Harga CBR250RR SP lebih mahal Rp15 juta ketimbang varian paling rendah CBR250RR, STD Black Freedom, yang dilego Rp61,6 juta. Sedangkan varian lain CBR250RR, yaitu STD Man Gunpowder, STD Bravery Mat Red, STD Honda Racing Red masing-masing dijual Rp66,1 juta.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Goda Konsumen Ningrat, BMW Rilis Seri 8 Gran Coupe

Published

on

Finroll – Jakarta, BMW Indonesia kembali menggoda konsumen ningrat melalui sedan terbaru 840i Gran Coupé M Technic. Sedan empat pintu yang berukuran besar ini bakal jadi barang langka sebab cuma dipasarkan tidak sampai 10 unit.

Sebelum 840i Gran Coupé M Technic mendarat di dalam negeri, BMW Indonesia sudah pernah menjual 8 Series versi coupe atau dua pintu pertama pada tahun lalu, yakni M850i xDrive Coupe seharga Rp3,479 miliar dan M850i xDrive Coupe M Carbon Rp3,709 miliar.

BMW 840i Gran Coupé M Technic dikatakan Presiden Direktur BMW Indonesia Ramesh Divyanathan lahir dari pengembangan mobil sport dua pintu M8 GTE, unit gran tourer yang membawa bendera BMW di balap ketahanan.

Produksinya dilakukan pabrik BMW di Dingolfing di Lower Bavaria, Jerman sama seperti Seri 8 Coupe.

840i Gran Coupé M Technic merupakan sedan paling besar BMW saat ini, ukuran jarak sumbu rodanya 3.023 mm atau lebih panjang 201 mm dari BMW 8 Series Coupé. Sedangkan panjang keseluruhannya 5.082 mm, lebar 1.932 mm, dan tinggi 1.407 mm.

Beda dari M850i Coupe yang memakai mesin V8 4.000 cc, 840i Gran Coupé M Technic menggendong mesin enam silinder 3.000 cc yang menghasilkan 340 hp dan torsi 500 nm. Akselerasi mobil ini cukup mumpuni, hanya 5,2 detik untuk menempuh 100 km per jam dari posisi diam.

840i Gran Coupé M Technic telah disematkan BMW Live Cockpit Professional. Ini terdiri dari sistem navigasi dan multimedia, ditambah cluster instrumen resolusi tinggi full digital dengan layar diagonal 12,3 inci dan Control Display 10,25 inci.

Sistem operasional BMW 7.0 pada mobil ini hadir dengan banyak fungsi digital modern yang disesuaikan kebutuhan pengemudi.

Terdapat juga fitur bantuan pengemudi yakni Driving Assistant yang hadir dengan Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan Crossing traffic warning rear, Rear collision prevention, juga Active cruise control dengan fungsi Stop & Go, sistem bantuan pengemudi berbasis kamera dan radar yang terdiri dari Cruise control with approach control dan front collision warning with brake intervention.

840i Gran Coupé M Technic meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2020.

840i Gran Coupé M Technic meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2020.

Sedangkan untuk melengkapi tampilan sporty, mobil ini menggunakan pelek light-alloy 20 inci BMW M Y-spoke.

BMW 840i Gran Coupé M Technic dibanderol Rp2,735 miliar, BMW Indonesia juga menjual versi dua pintu 840i Gran Coupé M Technic yang juga cuma tersedia 10 unit dengan harga Rp2,8 miliar. Kedua harga itu berlaku on the road dan unit sudah bisa didapatkan di dealer resmi BMW mulai 23 Juli.

“Dengan hadirnya varian empat pintu BMW Seri 8 Coupé, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah,” kata Divyanathan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Automotive

Mobil Terlaris Juni 2020: MPV Harga Miliaran Masuk 5 Besar

Published

on

By

Toyota Alphard. (Dok. Toyota Astra Motor)

Finroll.com, Jakarta – Kelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia pada Juni mengubah urutan daftar mobil terlaris. Namun sama seperti Mei, mobil paling laku pada Juni merupakan jenis mobil komersial.

Mobil terlaris pada Juni adalah Suzuki Carry. Kendaraan niaga ringan ini berada di posisi satu dengan catatan penjualan 1.701 unit menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Posisi kedua ditempati mobil termurah Honda, Brio Satya, sebanyak 562 unit. Jika daftar mobil terlaris dihitung tanpa mobil komersial, maka model LCGC ini yang jadi nomor satu.

Toyota Innova berada di posisi ketiga mobil terlaris Juni dengan hasil 523 unit. Sementara keempat secara mengejutkan diisi oleh MPV harga miliaran Toyota Alphard sebanyak 506 unit. Berdasarkan situs resmi Toyota Astra Motor, Alphard dilego Rp997,8 juta – Rp1,95 miliar.

Posisi kelima ada pikap Mitsubishi Colt L300 dengan penjualan sebanyak 501 unit, keenam Toyota Rush 460 unit, ketujuh Toyota Calya 435 unit, kedelapan Suzuki XL7 407 unit, kesembilan Toyota Avanza 401 unit, dan ke-10 terdapat mobil niaga Isuzu Traga sebanyak 339 unit.

Pasar mobil komersial diakui lebih bergairah ketimbang mobil penumpang semasa pandemi Covid-19 oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS). Direktur Pemasaran SIS 4W Donny Saputra mengatakan Carry yang juga mobil terlaris Suzuki pada Juni bisa laku sebab banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bermunculan.

Kata Donny kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat serta dukungan dari perusahaan pembiayaan kredit mobil pada Juni mendorong peningkatan penjualan mobil komersial.

“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi,” kata Donny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/7).

Secara keseluruhan penjualan mobil nasional naik 255 persen pada Juni menjadi 12.623 unit. Kenaikan itu menjadi salah satu bukti Agen Pemegang Merek mulai sedikit lebih percaya diri mendistribusikan unit ke dealer-dealer.

Sementara data ritel pada Juni juga menunjukkan kegairahan dengan hasil 29.862 unit. Itu meningkat 74,8 persen dibanding Mei 17.083 unit.

Daftar mobil terlaris Juni 2020

Suzuki Carry 1.701 unit
Honda Brio Satya 562 unit
Toyota Kijang Innova 523 unit
Toyota Alphard 506 unit
Mitsubishi L300 501 unit
Toyota Rush 460 unit
Toyota Calya 435 unit
Suzuki XL7 407 unit
Toyota Avanza 401 unit
Isuzu Traga 339 unit

Mobil terlaris Mei 2020

Mitsubishi Triton 279 unit
Suzuki XL7 196 unit
Toyota Innova 186 unit
Mitsubishi Xpander 173 unit
Suzuki Carry 140 unit
Suzuki APV 136 unit
Toyota Rush 114 unit
Suzuki Jimny 112 unit
Mitsubishi Pajero Sport 109 unit
Toyota Avanza 91 unit

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending