Connect with us

Business

Takut Rencana Revisi UU RKUHP, Turis Australia Ramai-ramai Batalkan Wisata ke Bali

Published

on


Finroll.com — Wisatawan asal Australia ramai-ramai mulai membatalkan rencanan liburan ke Bali karena takut rencana Revisi Kitab Undang Undang Hukum Pidana ( RKUHP).

Disebutkan: “Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda Kategori II,” tertulis dalam Pasal 417 RKUHP.

Pengelola 30 villa di Bali, Elizabeth Travers mengatakan saat ini sudah ada pembatalan pesanan karena wacana RKUHP.

“Meskipun undang-undang belum berubah, saya sudah menerima beberapa pembatalan. Salah satu klien mengatakan mereka tidak lagi yakin untuk ke Bali karena mereka bukan pasangan menikah,” kata Travers di Denpasar dikutip dari Dailymail, Senin (23/09/2019).

Travers yang sudah tinggal di Bali selama 15 tahun mengatakan jika benar disahkan, RKUHP akan membawa dampak serius bagi pariwisata di Bali. Bahkan, ada juga turis asal Australia yang memandang skeptis RKUHP.

Seperti turis perempuan yang tak disebutkan namanya, diwawancara oleh jaringan TV asal Australia, 9News. “Ini benar-benar konyol. Aku tak tahu bagaimana cara mereka mempolisikan hal ini. Aku rasa butuh banyak waktu,” katanya.

Sementara Kalangan media di Australia hari Jumat (20/9/2019) menyoroti kontroversi salah satu pasal dalam RKUHP berpotensi mengancam kedatangan para turis asing ke Bali bila diloloskan oleh DPR. Kontroversi Pasal Perzinahan di KUHP menyebutkan “Mereka yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara satu tahun.

Turis asing yang mengunjungi Bali bisa dikenai juga pasal serupa Departemen Luar Negeri Australia sudah mengeluarkan peringatan perjalanan berkenaan dengan kemungkinan lolosnya pasal tersebut,” .

Pasal yang berkenaan dengan hukuman bagi mereka yang tidak menikah namun tinggal bersama, tindakan yang bisa dilaporkan ke polisi dan pelakunya bisa dikenai hukuman penjara “Perubahan hukum bisa menghancurkan turisme di Bali” demikian judul berita koran The Age di Melbourne dan The Sydney Morning Herald (SMH) di Sydney yang merupakan bagian dari kelompok media Fairfax.

Koran lainnya The Daily Telegraph yang merupakan bagian dari kelompok News Group juga menulis hal serupa. “Jangan pergi: Warga Australia Disarankan Hindari Bali” tulis beritanya.

Dampak dari kemungkinan lolosnya pasal perzinahan tersebut adalah bahwa turis asing termasuk dari Australia yang tidak menikah atau belum menikah bisa dikenai pasal tersebut ketika mereka berlibur ke Bali atau daerah wisata Indonesia lainnya.

Kekhawatiran tersebut tampaknya nyata, dengan situs peringatan perjalanan di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) sudah diperbarui dengan memasukkan peringatan agar turis berhati-hati dengan kemungkinan pasal tersebut diloloskan pekan depan.

“Kami memperbaiki peringatan perjalanan dengan memasukkan informasi baru mengenai kemungkinan perubahan pada UU Hukum Pidana Indonesia. Perubahan UU itu akan mulai berlaku dua tahun setelah UU tersebut disahkan,” demikian peringatan DFAT yang dibuat hari Jumat (20/9/2019).

Berbagai kedutaan asing di Indonesia diperkirakan juga sedang menunggu dan melihat apakah pasal tersebut akan diloloskan oleh DPR minggu depan, sebelum mengeluarkan peringatan perjalanan.

The Age dan SMH mengutip Prof Tim Lindsay dari Universitas Melbourne mengenai dampak dari pasal perzinahan tersebut kalau diloloskan. “Apakah turis harus membawa surat nikah ketika mereka berkunjung ke Indonesia?” kata Prof Lindsay.

Prof Lindsay yang juga adalah Direktur Centre for Indonesian Law, Islam and Society di universitas tersebut mengkhawatirkan dampak dari pasal tersebut yang bisa digunakan oleh pihak tertentu untuk pemerasan terhadap warga asing.

“Warga asing bisa menjadi sasaran pemerasan. Akan mudah sekali bagi polisi di Bali mengatakan anda tidak menikah, anda harus membayar. Ini besar kemungkinannya terjadi,” kata Prof Lindsay seperti dikutip the Age.

Seorang pengamat lain Aaron Connelly yang bekerja di lembaga pemikir International Institute for Strategic Studies di Singapura mengatakan bila pasal tersebut diloloskan, maka dampaknya terhadap kedatangan turis asing ke Bali dan daerah lainnya akan besar.

Padahal Presiden Jokowi dan jajaran Pariwisata sedang berusaha menjual destinasi baru selain Bali agar menarik lebih banyak turis datang.

“Kedutaan Asing di Jakarta secara diam-diam sudah memberitahu anggota DPR bahwa mereka akan mengeluarkan peringatan perjalanan dan liputan media asing akan buruk soal ini. Namun pendapat mereka tampaknya tidak diperhatikan,” kara Connelly.

“Saya kira para anggota parlemen tidak mengerti bahwa pasal ini tidak berlaku untuk turis asing, namun mereka mereka tidak mengerti itu akan berdampak pada pariwisata.”

Menurut The Age, di Denpasar beberapa turis asing yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka akan menghindari untuk datang ke Bali bila pasal dalam UU tersebut disahkan.

Turis perempuan asal Inggris Rose Hughes dan pacarnya Jake Rodgers yang berasal dari Norwich mengatakan mereka tidak akan datang lagi bila ada perubahan aturan mengenai perzinahan tersebut.

“Saya bisa mengerti bahwa kita tidak bisa bergandengan tangan atau berciuman di kuil atau di kawasan rumah ibadah.”

“Namun saya tidak mau dipenuhi rasa khawatir melakukan sesuatu yang normal di Inggris namun bisa menjadi masalah di sini. Ya saya akan mempertimbangkan untuk datang ke Bali,” katanya.

Seorang turis lain adalah Perth bernama Kelly Ann mengatakan perubahan UU itu bila diloloskan tidak akan mempengaruhi keputusannya untuk berkunjung ke Bali lagi.

“Saya kira mereka yang masuk kategori tersebut tidak akan datang lagi. Kami akan datang lagi tahun depan, dan Bali akan kehilangan beberapa orang yang tidak mau datang lagi.”

Dalam reaksinya Ketua Bali Tourism Board (BTB) Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan bahwa pasal tersebut bila diloloskan tidak akan berlaku bagi turis asing.

“Kami tidak khawatir. UU menghendaki adanya laporan seseorang. Sebagai tujuan wisata, kami juga menghormati Hukum Internasional.

Di luar negeri, kebanyakan hubungan tanpa pernikahan adalah hal yang biasa. Bali selalu akan menerima semua turis, kami akan terus melakukan hal tersebut, bahkan ketika nanti adanya UU yang baru.” lontarnya.

Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/9/2019) meminta DPR menunda pengesahan revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ( RKUHP) yang menuai polemik di masyarakat.

Jokowi sudah memerintahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly untuk menyampaikan sikap pemerintah ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

“Saya perintahkan Menkumham untuk menyampaikan sikap ini kepada DPR ini. Agar pengesahan RUU KUHP ditunda dan pengesahannya tak dilakukan DPR periode ini,” kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (20/9/2019).

Jokowi menyebut permintaan ini karena ia mencermati masukan berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substasi RKUHP. “Saya berkesimpulan masih ada materi-materi yang butuh pendalaman lebih lanjut,” kata Jokowi.(red)

Advertisement

Business

Lomba Logo dan Maskot Pavilliun Indonesia untuk Expo 2020 Dubai DIbuka

Published

on

Finroll.com — Pengelola Pavilliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubai mengundang akademisi kampus dan desainer profesional untuk mengikuti lomba logo dan maskot Pavilliun Indonesia.

Lomba logo dan maskot tersebut menandai babak baru keikutsertaan Indonesia pada pentas terbesar dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 20 Oktober 2020 hingga 20 April 2021 tersebut.

“Bangsa Indonesia akan kembali menghadirkan Pavilliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Untuk itu, kami mengundang kalangan desainer profesional dan kampus untuk mengikuti lomba logo dan maskot yang akan menjadi identitas bangsa di ajang dunia tersebut,” kata Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia, di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dody menyampaikan hal tersebut pada sosialisasi kompetisi logo dan maskot Pavilliun Indonesia yang diadakan di Auditorium 1 dan 2 Kementerian Perdagangan RI. Acara tersebut dihadiri peserta dari Jakarta dan luar Jakarta. Selain itu, acara tersebut juga disiarkan secara live (live streaming) untuk memastikan sosialisasi tersebut sukses menjangkau audiens lebih luas.

Logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka.

“Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan,” ujar Zen Fuad Noor, Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis “Opportunity District”.

Zen menambahkan, Proses kontruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah ground breaking dilakukan pada 9 September 2019 lalu. Saat ini, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran. Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection).

Di sisi lain, para sponsor Pavillun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, Lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten.

“Partisipasi Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai sudah sesuai arahan presiden yang meminta Kementerian, Lembaga serta Pemerintah Daerah untuk berperan aktif,” tambah Dody Edward, Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, selaku Commisioner General Pavilliun Indonesia. Selain dari unsur pemerintah, dari sektor bisnis beberapa perusahaan telah berkomitmen menjadi sponsor.

Sampai saat ini sponsor yang telah bergabung adalah PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama dan sponsor lainnya yaitu PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk, dan CRP Group.

World Expo adalah ajang perhelatan internasional yang setara dengan Olimpiade musim panas dan FIFA Football World Cup dan Diselenggarakan setiap 5 tahun sekali sejak 1920.

Indonesia sudah sering mengikuti event ini sejak 1964 di New York. Expo ini menargetkan bisa meraih 25 juta kunjungan selama 6 bulan penyelenggaraan pentas dunia ini. Paviliun Indonesia bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity”, diharapkan logo dan maskot mampu merefleksikan tema dan konsep tersebut. Karakter maskot diharapkan yang mempunyai karakter unik dan khas Indonesia; bersifat riang, akrab, dan bisa melakukan berbagai ‘action’ yang lucu dan menarik dalam format 2D dan 3D. Sedangkan logo Pavilliun Indonesia diharapkan mampu menggambarkan abstraksi visual dari sajian tampilan Indonesia pada Expo 2020 Dubai.

Saat ini, peserta lomba logo dan maskot telah ditunjuk oleh panitia, yakni terdiri dari 24 kampus di Indonesia dan 17 desainer profesional dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Peserta lomba dari individu maupun perwakilan kampus yang telah ditunjuk, dapat mengirim karya hingga batas akhir penerimaan karya tanggal 19 Februari 2020. Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada 28 Februari 2020.

Setiap karya diharuskan dilengkapi dengan surat pernyataan yang berisi keterangan orisinalitas logo dan maskot yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00. Setiap peserta individu atau tim hanya dibolehkan mengirim 1 karya logo dan atau 1 karya maskot. Semua materi persyaratan mengikuti lomba ini dapat diunduh melalui tautan bit.ly/materiExpo.

Karya logo dapat dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/logo2020expo sedang karya maskot dikirimkan melalui tautan http://bit.ly/2020maskotexpo. Penilaian pemenang lomba akan ditentukan dari kesesuaian antara logo dan maskot dengan tema Pavilliun Indonesia dan tema Expo 2020 Dubai, orisinalitas ide, dan estetika karya.

Lomba akan berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap pertama, dewan juri akan memilih dan menetapkan 5 karya terbaik logo dan 5 karya terbaik maskot menjadi nominasi pemenang lomba. Di tahap kedua, perancang 5 desain logo terbaik dan 5 desain maskot terbaik akan diundang ke Jakarta untuk presentasi di depan dewan juri dan Commisioner General Pavilliun Indonesia. Selanjutnya, akan dipilih 1 pemenang logo dan 1 pemenang maskot. Sebagai hadiah lomba, lima (5) nominator logo terbaik dan lima (5) nominator maskot terbaik akan mendapat hadiah uang masing-masing Rp 5.000.000,00 dan biaya akomodasi selama proses presentasi berlangsung. Sementara, hadiah utama diberikan kepada satu (1) pemenang utama logo dan satu (1) pemenang utama maskot, berupa hadiah masing-masing Rp 50.000.000,00 serta diundang hadir pada saat National Day pada tanggal 9 Januari 2021 untuk mengunjungi Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. (Red)

Continue Reading

Cryptocurrency

Siklus Historis Isyaratkan Bitcoin Tak Bakal Tembus $20.000 hingga 2021

Published

on

By

FINROLL.com — Bitcoin memiliki waktu hingga satu tahun penuh sebelum kembali ke tingkat tertinggi sepanjang masa jika siklus tren kenaikan dari tahun 2014 hingga 2017 menjadi indikasi sejarah yang berulang.

Pasar kripto umumnya yakin bahwa tren positif tengah terbentuk pada Bitcoin dan altcoin lain seperti Ethereum, Litecoin, dan XRP menurut laporan yang dilansir NewsBTC Jumat (14/02) pagi. Banyak sinyal cenderung mendukung teori tersebut, dan seluruh pasar kini berkonsolidasi tepat di bawah level resisten kritis – tanda bahwa level resisten mungkin segera ditembus.

Tetapi sementara dorongan di luar level yang ada saat ini pasti akan menyarankan tren pasar bullish yang baru di sini, penolakan di level saat ini akan membawa Bitcoin kembali sejalan dengan siklus masa lalu.

Bitcoin Bitcoin (BitfinexUSD) baru berusia 11 tahun, jadi tidak ada banyak informasi tentang tren pelemahan yang beralih ke pasar bullish. Tren pelemahan yang paling signifikan yaitu pada puncak tahun 2013 ketika Bitcoin mencapai level lebih dari $1.000 untuk pertama kalinya. Itu adalah penembusan kembali di atas level ini yang menyebabkan pola parabola Bitcoin sepanjang sisa tahun 2017 – pergerakan reli yang mendorong Bitcoin ke tingkat tertinggi baru sepanjang masa.

Hal sama diharapkan sekali lagi muncul setelah publik arus utama mengetahui bahwa Bitcoin berhasil melewati $20.000 setelah menghilang dari mata publik selama beberapa tahun dari tren penurunan.

Waktu yang dilewati antara siklus tingkat tertinggi sepanjang masa terakhir dan kembali level itu adalah sekitar 1.135 hari. Kali ini, Bitcoin hanya berjarak sekitar 800 hari melalui siklusnya saat ini, yang menunjukkan bahwa ada potensi harga beraksi selama satu tahun sebelum kripto terkenal ini kembali menyentuh $20.000.

Data juga menunjukkan bahwa reli Bitcoin ini sudah terlalu berlebih dibandingkan dengan titik yang sama selama siklus terakhir. Hanya dalam waktu 800 hari, Bitcoin kini naik 230% dari level terendah $3.100. 800 hari terakhir kalinya, Bitcoin naik hanya 150% dari level terbawahnya. Juga pada kerangka waktu saat ini, hanya ada 100% keuntungan tersisa sebelum Bitcoin mencapai $20.000. Pada saat yang sama selama siklus terakhir, Bitcoin hanya memiliki peluang pergerakan tersisa sebesar 200%.

Continue Reading

Komoditi

Harga Emas Naik, Ketakutan Virus Kembali Meningkat

Published

on

By

FINROLL.com – Harga emas mencapai level tertinggi dalam 10 hari pada Jumat (14/02) pagi lantaran buyer kembali berpindah hati ke logam kuning di tengah laporan lonjakan baru jumlah kematian dan infeksi epidemi virus Covid-19 di Cina.

Emas berjangka COMEX untuk penyerahan April di New York ditutup naik $7,70, atau sebesar 0,5%, di $1,575.10 per ons. Emas ini memuncak ke $1.581,35 sebelumnya, tingkat tertinggi sejak 3 Februari.

Emas spot, yang mencerminkan perdagangan langsung fisik emas, naik $10,58, atau sebesar 0,7%, ke $1.575,91 pada pukul 02:30 PM ET (19:30 GMT).

Cina pada Kamis melaporkan lonjakan besar jumlah kematian dan infeksi dari virus baru setelah Provinsi Hubei, yang menderita serangan virus paling parah, menerapkan sistem klasifikasi baru yang memperluas cakupan diagnosa untuk wabah tersebut dan telah menyebar ke lebih dari 20 negara.

Korban tewas di Cina mencapai 1.367 orang, bertambah 254 orang dari hari sebelumnya. Jumlah kasus yang dikonfirmasi melonjak 15.152 menjadi 59.804. Peningkatan yang luar biasa besar ini disebabkan oleh perubahan metode diagnosa tim medis di Hubei.

Jepang melaporkan kematian pertamanya yakni seorang wanita berusia 80-an yang telah dirawat di rumah sakit sejak awal Februari. Korban tersebut merupakan kematian ketiga yang dikonfirmasi di luar Cina, setelah kematian di Filipina dan Hong Kong.

TD Securities mengatakan dalam catatan bahwa perdagangan emas yang terbatas baru-baru ini hampir seluruhnya dikaitkan dengan perkembangan virus Covid-19.

“Memang, kami yakin pembalikan arus safe haven ini, didorong oleh kekhawatiran bahwa virus Wuhan dapat mencemari kebijakan reflasi global, tampaknya menjadi kandidat (pendorong) yang jelas untuk pembalikan yang didorong oleh narasi,” katanya.

“Emas adalah perdagangan yang ramai, meskipun aliran kecil sehari-hari tampaknya didorong oleh perubahan sentimen risiko seiring kaitannya dengan permintaan safe haven.” (Investing)

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending