Connect with us

Business

Tarif Tol Trans Jawa Untuk Truk Diminta Agar Diturunkan, Kenapa?

Published

on


Tarif Tol Trans Jawa Untuk Truk Diminta Agar Diturunkan, Kenapa?

Finroll.com – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) meminta pemerintah menurunkan tarif tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya bagi kendaraan golongan V (truk) sebesar 20 persen.

Wakil Ketua Umum Aptrindo Nofrisel mengatakan, penerapan tarif baru tol Trans Jawa bisa berdampak signifikan pada biaya yang mesti ditanggung pengusaha.

Terlebih, bagi kendaraan golongan V (truk) tarif tol yang mesti dibayar dari perjalanan Jakarta-Surabaya sebesar Rp1.382.500.

“Biaya untuk jalur darat itu berkontribusi 39 persen dari total logistik. Kalau bisa menurunkan atau menaikan tarif yang berimplikasi pada jalur darat, pengaruhnya akan besar sekali,” paparnya di Kemenko Perekonomian, Rabu (6/2).

“Harapan kita bisa turun 20 persen,” sambungnya.

Ia menambahkan sebelum tarif tol Trans Jawa ditetapkan, biaya logistik untuk jalur darat hanya berkisar Rp500.000. Apalagi komponen biaya logistik jalur darat berkontribusi 39 persen dari total biaya.

Baca Lainnya: Data dan Fakta Tarif Tol Trans Jawa Berlaku Mulai Senin

Terkait dengan pertemuannya dengan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Nofrisel menyebut jika menteri telah menampung aspirasi dari pelaku usaha.

“Beliau menampung ya, tinggal mengakomodasi. Kami menunggu karena setelah ini ada pertemuan dengan tim kecil dari sistem logistik nasional untuk membahas itu,” paparnya.

Di sisi lain Waketum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto menyebut penerapan tarif tol Trans Jawa yang cukup tinggi menyebabkan penyedia jasa logistik terbebani.

Hal ini dikarenakan kemampuan daya beli pelanggan yang terbatas, sehingga tidak bisa menaikan harga dengan cepat.

“Kami tidak bisa menaikan harga seenaknya, karena harga jasa kepada customer sudah ada kontrak logistik. Yang boleh mengubah harga adalah BBM yang naik, atau UMR yang naik,” tutupnya.

Sumber: Antara

Business

Hadir Sebagai Media Alternatif, Asumsi.co Luncurkan Platform Donasi “YourMedia”

Published

on

Finroll.com — Maraknya industri media di Indonesia kerap menghadapi tantangan untuk selalu berinovasi. Perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Selama itu pula, Asumsi.co telah hadir sebagai media alternatif pilihan anak muda yang mengedepankan kualitas kontennya dalam bentuk video, tulisan dan juga podcast.

Hadir pada 2019 lalu, Asumsi.co menjadi salah satu dari dua media asal Indonesia yang menerima dana hibah dari Google News Initiative. Sebagai perwujudan dari inisiatif tersebut, Asumsi.co kini meluncurkan YourMedia yang bisa diakses di https://yourmedia.asumsi.co.

YourMedia adalah sebuah platform yang mengizinkan audiensnya untuk berdonasi terhadap sajian konten pilihan mereka di Asumsi.co. Selain mengedepankan kualitas, Asumsi.co juga percaya bahwa pembaca, pendengar, dan penontonnya adalah bagian dari perubahan lansekap industri media di Indonesia.

“Pada dasarnya, kami membuat YourMedia karena kami percaya pembaca dan penonton bisa dilibatkan lebih dalam proses pembuatan konten. Banyak audiens kami yang merasa konten yang kami sajikan informatif dan berguna. YourMedia adalah langkah pertama kami untuk meningkatkan partisipasi audiens dalam produksi konten kami,” tutur Pangeran Siahaan selaku founder dan CEO Asumsi.co.

Melalui YourMedia, audiens Asumsi bisa menunjukkan apresiasinya terhadap jenis laporan pilihan mereka, mulai dari video, tulisan maupun podcast, dengan memberikan donasi dimulai dari Rp10.000. Donasi yang dikirim melalui YourMedia bisa dilakukan melalui fitur transfer bank dan juga GoPay seperti layaknya platform e-commerce. Penyediaan fitur ini dilakukan untuk mempermudah proses donasi dari audiens.

“Untuk tahap pertama, audiens kami bisa memberikan apresiasi terhadap konten-konten andalan kami seperti Asumsi Distrik. Tapi untuk tahap berikutnya, kami melihat kemungkinan bahwa audiens kami yang berdonasi pun bisa turut menentukan topik dan kemasan dari produk artikel atau video yang akan kami produksi,” lanjut Pangeran.

YourMedia adalah bagian dari visi jangka panjang Asumsi yang menempatkan audiens sebagai salah satu stakeholder utama dalam ekosistem medianya.

Sebagai informasi tentang Asumsi. Asumsi didirikan oleh Pangeran Siahaan pada 2015 sebagai sebuah channel YouTube yang fokus mengangkat percakapan hangat seputar situasi politik di Indonesia. Asumsi kemudian berkembang menjadi sebuah media massa multi-platform yang memuat laporan terkini dan ulasan tajam soal politik, isu sosial, dan budaya pop dengan kaum muda sebagai audiens utamanya.(red)

Continue Reading

Makro Ekonomi

Jokowi Minta Jangan Ada Dana Mengendap di Kas Daerah

Published

on

By

Presiden Jokowi meminta tidak ada lagi uang yang mengendap di daerah pada 2020. (Law-justice.co)

Finroll – Jakarta, Presiden Joko Widodo menyayangkan besarnya dana daerah yang mengendap di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Dari data yang ia miliki, dana daerah yang tersimpan per November 2019 mencapai Rp220 triliun.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rakornas Investasi untuk Indonesia Maju yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/2).

“Perlu saya ingatkan, pada Oktober dan November 2019 lalu, uang yang ada di bank-bank daerah, di mana APBD disimpan masih pada angka Rp220 triliun, sehingga tidak mempengaruhi ekonomi daerah. Disimpan di bank itu ada Rp220 triliun. Gede banget angka ini,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan penyerapan anggaran pada Desember 2019 memang meningkat. Namun, menyisakan anggaran menjadi Rp110 triliun. Jokowi menyayangkan anggaran itu mestinya dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Continue Reading

Business

AS Angkat Harga Minyak Dunia

Published

on

By

Harga minyak naik tipis pada penutupan perdagangan Kamis (20/2), waktu AS. (Realita Rakyat)

Finroll – Jakarta, Harga minyak mentah dunia menguat tipis pada perdagangan Kamis (20/2), waktu Amerika Serikat (AS). Penguatan minyak ditopang perlambatan pertumbuhan pasokan AS.

Mengutip Antara, minyak mentah berjangka Brent naik 19 sen atau 0,32 persen menjadi US$59,31 per barel. Sementara, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) bertambah 49 sen atau 0,90 persen di level US$59,31 per barel.

Badan Informasi Energi AS (EIA) menuturkan persediaan minyak mentah AS hanya naik 414 ribu barel pekan lalu. Angka itu jauh lebih rendah dari prediksi analis yakni 2,5 juta barel.

Data juga menunjukkan tingkat pemanfaatan kilang pantai timur AS turun menjadi 59,2 persen pekan lalu. Angka itu adalah yang terendah sejak November 2012. Namun, tingkat pemanfaatan kilang AS secara keseluruhan naik 1,4 persen.

“Sentimen fundamental hari ini terutama melesetnya rilis data EIA mingguan dari prediksi,” kata Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch.

Namun, virus corona masih membayangi pasar sehingga membatasi kenaikan harga minyak. Kematian pertama di Korea Selatan memicu ketakutan terhadap pandemi global karena penelitian menunjukkan bahwa virus itu lebih menular daripada prediksi.

Korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona terus melonjak hingga mencapai 2.120 orang di seluruh dunia hingga Kamis (20/2). Virus itu menginfeksi 76.262 orang di sejumlah negara.

China telah menurunkan suku bunga guna menopang perekonomian. Langkah China itu mengurangi kekhawatiran melambatnya permintaan.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement

Trending