Rabu, 30 Juni 2021

8 Cara Tetap Sejuk Rumah Tanpa Bikin Tagihan Listrik Melonjak


Membuat rumah tetap sejuk tanpa dengan menggunakan AC dan biar hemat listrik, ada cara lain untuk membuat ruangan rumah Anda tetap sejuk dan hemat tagihan, yakni meminimalisasi penggunaan AC di rumah sekaligus melakukan langkah-langkah sederhana.

8 cara tetap sejuk rumah tanpa bikin listrik melonjak sebagai berikut :

 1. Menggunakan tirai warna terang
 Memilih tirai jendela rumah yang tebal dan terang untuk mencegah agar cahaya tersebut tidak masuk ke dalam rumah dan sekaligus memantulkan cahaya masuk ke rumah sehingga dapat mengurangi suhu di ruangan.

 2. Biarkan udara dingin masuk  lewat jendela


3. Pasang kipas angin
Kipas langit-langit sangat bagus untuk mencampur udara di rumah, dan benar-benar dapat membantu kinerja AC dan cara mengaturnya harus berlawanan arah jarum jam, gunanya untuk  memaksa udara turun daripada menyedotnya.


4. Jendela dan pintu rumah berfungsi normal
Pastikan sela-sela jendela dan pintu rumah Anda berfungsi secara normal dan dapat tertutup dengan rapat. supaya masuknya udara tersebut sangat penting terutama untuk mencegah hawa panas masuk saat tidak dibutuhkan.


5. Peralatan rumah yang menghasilkan panas dihindari
Hindari penggunaan mesin pencuci piring, mesin cuci, dan pengering, selama musim panas atau pada siang hari. biarkan kipas kamar mandi bekerja sedikit lebih lama dari biasanya untuk membantu mengusir udara hangat. Jangan khawatir, kipas angin standar ini menggunakan listrik dalam jumlah minimal.

6. Memasak di luar ruangan terbuka
Anda dapat mempertimbangkan untuk memasak sesuatu di luar ruangan terbuka. Misalnya memangang daging, barbekyu, dan aneka masakan hidangan lainnya. Jika Anda memasak di dalam, gunakan kap mesin dan biarkan bekerja untuk menyedot udara panas sebanyak mungkin.

7. Cat rumah lebih terang 
 ada baiknya mengecat ulang bagian luar rumah Anda dengan warna yang lebih terang.

8. Penggunaan AC Maksimal
 Anda masih perlu menyalakan AC. Namun tidak perlu khawatir, dengan beberapa trik sederhana, Caranya pastikan untuk mengganti filter secara teratur selama musim panas, setiap satu bulan sekali, dan jangan mengatur suhu rendah

Sumber : kompas.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT