简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Bebaskan Kamar Mandi dari Jamur dengan Lima Cara Ini

  • Bagikan
bebaskan kamar mandi dari jamur dengan lima cara ini
bebaskan kamar mandi dari jamur dengan lima cara ini

Kamar mandi dikenal sebagai ruang tertutup karena kurangnya ventilasi dan area dengan tingginya kelembapan. Alhasil, tak jarang bila ruang ini berpotensi rentan terhadap jamur. Biasanya, hama ini muncul di dinding, lantai, atau nat kamar mandi. Adanya jamur di kamar mandi tentu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti pernapasan dan alergi. Maka dari itu, cara terbaik membasmi jamur di kamar mandi adalah mencegah pertumbuhannya.

Melansir Bobvila, inilah lima cara demi mencegah penumpukan jamur di kamar mandi:

  1. Pilih cat tahan jamur

Setelah menikmati mandi dengan uap, dinding kamar mandi biasanya menyerap kelembapan yang tersisa dan hal ini dapat memicu pertumbuhan jamur. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan cat atau zat aditif tahan jamur untuk memberikan perlindungan ekstra pada dinding kamar mandi.

  1. Jaga ventilasi

Jamur akan subur di tempat-tempat lembap karena kamar mandi yang basah sebagai tempat berkembang biak utama mereka.

Untuk menghilangkan kelembapan berlebih, nyalakan kipas angin saat mandi dan biarkan menyala selama 30 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa dinding dan langit-langit akan mengering dengan baik. Jika memiliki jendela di kamar mandi, bukalah sedikit agar udara keluar dari ruangan.

  1. Pencahayaan

Tak hanya kurang ventilasi, kamar mandi yang dibiarkan gelap juga menjadi hal yang disukai oleh jamur.

Karena hal itu, pemilik rumah harus berpikir dua kali sebelum mematikan lampu kamar mandi setelah digunakan. Cobalah untuk membuka gorden atau nyalakan lampu yang waktunya dapat diatur untuk mengusir jamur yang mengganggu.

  1. Keringkan genangan air

Cara mencegah jamur selanjutnya di kamar mandi adalah membersihkan dan mengeringkan genangan air seusai mandi. Setelah mandi, ambil alat pembersih karet untuk membersihkan tetesan di bathtub (bak) dan lantai kamar mandi.

  1. Perbaiki kebocoran

Kebocoran di kamar mandi dapat menyebabkan kelembapan dan genangan air yang akhirnya menjadi tempat berkembang biak jamur. Karena itu, segera perbaiki bagian yang rentan mengalami kebocoran seperti di bawah wastafel atau di dekat toilet. Jika Anda memunda perbaikan, maka berpotensi memberikan lebih banyak kelembapan di dalam kamar mandi. Hal ini tentunya dapat menimbulkan permasalahan jamur lebih besar.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->