Begini Cara yang Benar Memilih Warna Cat Dinding Rumah

  • Bagikan
begini cara yang benar memilih warna cat dinding rumah
begini cara yang benar memilih warna cat dinding rumah

Mengecat dinding rumah adalah salah satu cara untuk membuat hunian Anda tampak indah dan bersih sehingga lebih nyaman untuk ditempati. Namun memilih warna cat rumah bukanlah hal yang gampang. Bila salah memilih warna, maka rumah bisa tampak lebih kusam dan tidak sesuai dengan konsep rumah secara keseluruhan.

Jika Anda pergi ke toko cat dan bingung melihat buku sampel warna, pilihlan tiga warna dari perabotan yang ada di rumah Anda. Misalnya pilih warna dari bantal sofa di ruang keluarga, dasi atau syal favorit atau lukisan. Pilihlah warna dari benda-benda yang kenyamanan atau hubungan emosional bagi Anda.

Temukan sampel warna terkait pilih salah satu dari tiga warna cat sebagai warna dinding Anda dan menyimpan dua lainnya untuk digunakan di ruangan lain. Untuk memilih warna untuk ruangan yang berdekatan, ambil tiga strip sampel warna asli yang sama dan pilih warna lain yang hampir mirip.

Setelah Anda memiliki sampel warna yang diinginkan, pertimbangkan tampilan akhir cat yang akan Anda gunakan. Cat dengan lapisan satin sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada dinding rumah karena dapat digosok dan bisa menutupi ketidaksempurnaan. Selain mencocokan dengan warna furnitur, pemilihan cat juga bisa mengacu pada psikologi warna. Secara umum, warna dingin (biru, hijau, dan putih bersih) dianggap lebih menenangkan. Sementara itu, warna-warna hangat (seperti merah, oranye, dan kuning) akan menciptakan kesan drama dan memberi energi baru pada sebuah ruangan. Salah satu pendiri dan editor blog apartmenttherapy.com, Maxwell Gillingham-Ryan menyarankan pemilik hunian mengecat ruang untuk berkumpul dengan warna-warna hangat seperti kuning atau cranberry. Sedangkan pilihan cat yang dapat diaplikasikan ke area yang lebih pribadi seperti kantor, kamar rias, dan kamar tidur harus dilapisi warna yang lebih sejuk seperti hijau sage, ungu, atau biru langit.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->