简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Berikut Trik Mencerahkan Ruangan Gelap Tanpa Jendela

  • Bagikan
berikut trik mencerahkan ruangan gelap tanpa jendela
berikut trik mencerahkan ruangan gelap tanpa jendela

Setiap rumah tentu memiliki kekurangan pada ruangan tertentu. Misalnya saja ruangan tanpa jendela yang membuatnya cenderung gelap. Kondisi memungkinkan saja terjadi apabila Anda tidak ikut campur dalam perencanaan desain setiap sudut rumah. Ruangan tanpa jendela yang minim pencahayaan tentu akan mengundang kesan yang kurang mengenakkan dan suram. Salah satu solusi yang paling ampuh untuk mengatasinya tentu dengan merenovasi ruangan dan membuat jendela. Baca juga: 3 Trik Pencahayaan Interior Ruangan untuk Anak Sayangnya opsi ini tentu akan membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya lebih banyak. Cara yang cukup memungkinkan yakni mengecat seluruh dinding dengan warna putih. Akan tetapi, masih ada beberapa trik mudah untuk mencerahkan ruangan gelap tanpa jendela. Seperti apa? Berikut ulasannya.

  1. Gunakan Furnitur Berwarna Cerah

Jangan ragu untuk membeli furnitur berwarna cerah seperti halnya putih untuk ruangan Anda. Resiko kotor jauh lebih baik untuk diambil daripada memiliki ruangan gelap. Karena, dengan menambahkan sofa panjang berwarna putih dan meja kabinet aksen di kedua sisinya akan membuat dinding terlihat lebih tinggi dan lebih lebar. Selain itu, ruangan akan terasa lebih besar dan sedikit lebih terang secara otomatis.

  1. Kombinasikan Warna

    Memainkan beberapa warna cerah pada setiap item dan sudut akan membantu menghidupkan suasana terang pada ruangan. Misalnya ruangan Anda memiliki sudut yang gelap, baiknya segera kombinasikan beberapa warna yang cerah sekaligus pada titik tersebut.

  2. Manfaatkan Pencahaayan Lampu

    Memasang beberapa lampu sebagai sumber pencahayaan akan sangat membantu menerangkan ruangan tanpa jendela. Untuk hasil yang cukup maksimal, siapkan tiga lampu. Pasang masing-masing satu lampu di kedua sisi sofa panjang di ruangan. Kemudian letakkan satu lampu lantai di bagian sudut yang mampu mencakup seluruh ruangan.

  3. Pasang Cermin

Trik lain untuk memberikan cahaya lebih banyak di dalam ruangan adalah dengan menambahkan cermin. Tempatkan cermin secara strategis di sudut yang mampu menangkap cahaya dari luar dan dalam ruangan. Sehingga beberapa pancara sinar alami atau buatan dapat dipantulkan ke beberapa sisi yang gelap di dalam ruangan.

  1. Tambahkan Tanaman atau Karya Seni

Menambahkan beberapa tanaman di sekitar ruangan dapat membantu membuat area tersebut terasa lebih hidup. Anda juga dapat memilih tanaman berwarna terang untuk menyebarkan kesan cerah pada sekitar ruangan. Namun, jika Anda tidak suka merawat tanaman, ada cara lain untuk membuat ruangan terasa hidup tanpa memerlukan perawatan, yaitu dengan karya seni. Manfaatkan lukisan abstrak dan foto pemandangan dengan warna cerah agar ruangan Anda semakin terang.

Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->