Kamis, 1 Juli 2021

Cara Merawat Wajah yang Benar Tiap Hari (Plus Perawatan Kulit di Salon Kecantikan)


Cara merawat wajah yang benar sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan di rumah. Anda bisa mulai perawatan wajah harian dengan cara rutin cuci muka, pakai pelembap dan sunscreen, serta menjalani pola hidup sehat. Dengan demikian, kulit bisa bersih dan sehat, serta terhindar dari masalah kulit.

Cara merawat wajah yang benar sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda pun tidak harus melakukan rangkaian perawatan di klinik kecantikan yang mahal untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

Sayangnya, tidak semua orang memahami pentingnya tips merawat wajah dengan benar. Padahal, mengetahui perawatan wajah yang tepat dapat membantu mencegah masalah kulit yang meresahkan, seperti jerawat, noda bekas jerawat, bintik hitam di wajah, hingga tanda-tanda penuaan dini (keriput dan garis halus).
Cara merawat wajah yang benar sehari-hari
Pada dasarnya, cara merawat muka terdiri dari tiga langkah dasar, yakni membersihkan, menggunakan pelembap, dan mengoleskan tabir surya atau sunscreen.
Apabila ketiga perawatan wajah dasar tersebut sudah dilakukan, Anda baru bisa melengkapi rangkaian penggunaan produk skincare lainnya, seperti menggunakan toner, serum, hingga masker wajah.
Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai panduan cara merawat wajah yang benar.

  1. Rutin mencuci muka

    Salah satu cara merawat wajah yang paling mendasar adalah dengan rutin mencuci muka.
    Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah.
    Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up, seperti cleansing oil atau micellar water terlebih dahulu. Sebab, make up tidak dapat diangkat sepenuhnya hanya dengan mencuci muka.
    Kemudian, lanjutkan cara cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Kemudian, tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan.

Gunakan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.
Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut.
Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur serta setelah berkeringat atau berolahraga.
Bila Anda mempunyai kulit kering atau sedang tidak menggunakan make up, sebaiknya bersihkan wajah sekali sehari hanya pada malam hari.
Pastikan Anda menggunakan sabun pencuci muka sesuai jenis kulit wajah yang kandungannya ringan dan lembut di kulit.
Kandungan sabun pembersih wajah yang terlalu keras di kulit dapat menghilangkan minyak alami di wajah.

  1. Gunakan toner wajah

    Setelah cuci muka, cara merawat wajah yang benar bisa diiringi dengan penggunaan toner wajah.
    Fungsi toner wajah adalah untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah Anda membersihkan wajah.
    Bagi pemilik kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari.
    Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit wajah yang hilang saat tahapan mencuci muka.
    Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap
  2. Pakai serum wajah

Cara merawat wajah juga bisa dengan rutin menggunakan serum wajah. Apa pun jenis kulit Anda, baik kulit kering, berminyak, berjerawat, atau yang sudah kinclong bersinar sekalipun, fungsi serum wajah dapat membantu merawat kesehatan kulit menjadi lebih sempurna.
Ada beragam jenis serum wajah, dengan fungsi yang beragam pula. Anda bisa memilih sesuai dengan jenis atau masalah kulit yang sedang dialami, seperti mencerahkan wajah, mengobati jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, hinga mengurangi tanda penuaan.
Bila menggunakan serum vitamin C, sebaiknya gunakan pada pagi hari. Sedangkan, gunakan serum wajah mengandung retinol untuk perawatan wajah di malam hari.

  1. Oleskan pelembap

    Cara merawat wajah yang benar selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembap. Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit Anda.
    Jika memiliki kulit yang kering, gunakan pelembap berbahan dasar minyak dan hindari pelembap berbahan dasar alkohol.
    Gunakan moisturizer untuk kulit berminyak berbahan dasar air, tidak mengandung minyak, dan berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.
    Sedangkan, bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah pelembap yang berfungsi untuk menenangkan kulit, seperti aloe vera.
    Bila Anda tidak punya masalah kulit tertentu, gunakan pelembap berbahan dasar minyak untuk menjaga kelembapan kulit.
    Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap mengandung SPF dan berlabel broad spectrum sebagai cara merawat kulit wajah agar tetap sehat dengan memberikan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari.
    Saat pagi hari, gunakan pelembap yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, koenzim Q10, atau kandungan vitamin A, C, dan E yang mampu menetralkan bahaya radikal bebas penyebab penuaan kulit.
  2. Gunakan sunscreen atau tabir surya

    Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare, seperti toner atau serum, tetapi melupakan bagian yang paling penting, yakni menggunakan sunscreen atau tabir surya.
    Padahal, cara merawat wajah melalui penggunaan sunscreen merupakan hal yang wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari.
    Bahaya paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit.

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan saat memilih sunscreen sebagai bagian dari cara merawat kulit wajah.
Pertama, carilah produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 atau lebih. Selain itu, pilih produk yang berlabel broad spectrum atau punya keunggulan dalam melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.
Bagi pemilik kulit berminyak, American Academy of Dermatology menyarankan agar penggunaan sunscreen untuk kulit berminyak mengandung titanium dioxide dan zinc oxide untuk mencegah timbulnya jerawat dan iritasi kulit.
Oleskan tabir surya ke kulit 15-20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, terutama jika Anda berkeringat atau berenang.
Selain tubuh dan wajah, berikan perlindungan pada permukaan bibir Anda. Pastikan lip balm yang Anda gunakan memiliki setidaknya kandungan SPF 30.

  1. Lakukan eksfoliasi wajah

    Setelah rutin melakukan cara merawat muka harian, Anda perlu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati.
    Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah tiap seminggu sekali untuk membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga wajah bisa tampak cerah dan berseri alami.
    Untuk eksfoliasi wajah, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (glycolic acid, asam malat, dan lactic acid) dan BHA (asam salisilat).
    Sebaiknya, gunakan produk AHA dengan konsentrasi kurang dari 10% agar risiko efek sampingnya bisa diminimalisir. Sedangkan, pilih kandungan BHA dengan rentang 0,5% – 5%.
    Pastikan untuk mengecek kandungan produk perawatan harian Anda. Apabila ada produk yang sudah mengandung AHA dan BHA, rutinitas eksfoliasi mingguan mungkin tidak perlu dilakukan.
    Seberapa sering eksfoliasi harus dilakukan dan seberapa keras Anda bisa mengeksfoliasi kulit Anda, ini tergantung pada jenis kulit.
    Jika kulit Anda tergolong kulit sangat kering, lakukan eksfoliasi secara ringan dan lakukan hanya sebulan sekali agar kulit tidak semakin kering.
    Setelah itu, pastikan Anda mengoleskan pelembap untuk menghidrasi kulit.
  2. Gunakan masker wajah

Cara merawat wajah yang benar dan maksimal bisa diiringi dengan menggunakan masker.
Penggunaan masker wajah sebenarnya tak perlu sering-sering dan cukup sekali seminggu saja.
Anda bisa menggunakan masker wajah berbahan dasar clay (lumpur) atau charcoal (arang aktif) yang dapat membantu membersihkan pori-pori kulit wajah dan mengecilkan ukurannya.

  1. Makan makanan sehat

    Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein dan lemak sehat, baik untuk kesehatan kulit wajah sehingga termasuk dari rangkaian cara merawat wajah yang benar dan paling mendasar.
    Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa diet yang kaya akan minyak ikan, serta rendah lemak tak sehat, gula, dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga tampak lebih awet muda.
    Mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih yang cukup bisa menjadi cara merawat wajah yang benar agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.
Pada umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

  1. Tidak merokok

    Tips merawat wajah yang tak kalah penting adalah dengan tidak merokok.
    Sebab, kebiasaan merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua yang memicu terbentuknya kerutan akibat gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan terus-menerus.
    Di samping itu, bahaya merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan kulit terluar. Akibatnya, aliran darah berkurang sehingga membuat kulit terlihat lebih kecil.
    Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan.
    Tak berhenti di situ, efek samping merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa.
  2. Kendalikan stres

    Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat, maupun masalah kulit lainnya.
    Oleh sebab itu, tips merawat wajah lainnya adalah coba untuk mengendalikan stres yang Anda alami dengan pikiran yang tenang dan melakukan hal-hal yang disukai.
  3. Berolahraga

    Orang yang gemar berolahraga tiap pagi bisa membuat tampilan wajahnya tampak lebih awet muda.
    Ketika berolahraga, hormon stres yang Ada di dalam tubuh akan berkurang sehingga mengurangi risiko munculnya masalah kulit.
    Jika ingin memperoleh manfaatnya, Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, atau berenang, minimal 2 kali seminggu selama 30 menit per sesi.
    Tips merawat wajah secara alami ini perlu dilakukan secara rutin dan dijadikan sebagai bagian pola hidup sehat Anda.
    Cara merawat kulit wajah di klinik kecantikan
    Jika perawatan wajah sehari-hari dan mingguan sudah dilakukan, Anda dapat melakukan rangkaian tips merawat wajah di klinik kecantikan. Namun, pastikan Anda memilih klinik kecantikan yang tepat, ya.
    Berikut adalah beberapa cara merawat kulit wajah di klinik kecantikan yang bisa dilakukan.
  4. Chemical peeling

Salah satu cara merawat kulit wajah yang bisa dipilih adalah chemical peeling. Chemical peeling adalah tindakan mengangkat lapisan kulit paling luar menggunakan larutan asam dengan konsentrasi tinggi.
Lantaran melibatkan penggunaan asam dengan konsentrasi tinggi dalam tindakan peeling wajah, maka prosedur ini harus dilakukan oleh dokter kulit.

  1. Pengobatan jerawat yang parah

    Bagi Anda yang bermasalah dengan jerawat ringan, Anda bisa mengatasinya menggunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas.
    Namun, pada kasus yang lebih berat, seperti jerawat meradang, yang tidak kunjung membaik menggunakan obat jerawat di apotek, Anda sangat dianjurkan untuk meminta bantuan dokter.
    Dokter dapat meresepkan obat jerawat yang bekerja lebih efektif, seperti antibiotik oral dan topikal, isotretinoin, atau obat-obat pengendali hormon pada jerawat hormonal.
    Tips merawat wajah yang perlu dihindari
    Selama menerapkan berbagai tips merawat wajah di atas, Anda tidak disarankan melakukan berbagai kebiasaan berikut ini untuk mencegah timbulnya masalah kulit.
  2. Menyentuh area wajah

    Salah satu tips merawat wajah yang perlu dihindari adalah kebiasaan menyentuh wajah.
    Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah.
    Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit wajah.
    Namun, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih sebelum menyentuh wajah, ya.
  3. Memecahkan jerawat

Anda juga tidak disarankan memencet atau memecahkan jerawat sebagai cara merawat kulit wajah yang tengah berjerawat.
Memecahkan jerawat dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut sekaligus meningkatkan risiko bakteri menyebar ke area kulit lainnya. Alhasil, peradangan dan infeksi bisa semakin parah terjadi.
Di samping itu, memecahkan jerawat juga dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut di kemudian hari.

CIMB NIAGA
  1. Tidur menggunakan make up

    Tidur di malam hari tanpa menggunakan make up merupakan kebiasaan yang perlu dihindari.
    Jika Anda tidak sengaja melakukannya terus-menerus, kebiasaan ini bisa membuat pori-pori rentan tersumbat oleh tumpukan kotoran dan produk make up.
    Akibatnya, masalah kulit, seperti jerawat dan penuaan dini bisa muncul.

Sumber : Sehat.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT