Murah dan Alami, Cuka Juga Bisa Membersihkan Barang-barang dari Kayu

  • Bagikan
murah dan alami cuka juga bisa membersihkan barang barang dari kayu
murah dan alami cuka juga bisa membersihkan barang barang dari kayu

Tak hanya digunakan oleh ibu rumah tangga (IRT) sebagai penyedap rasa makanan, cuka juga menjadi salah satu bahan pembersih yang sangat baik untuk benda terbuat dari kayu. Karena, tidak akan merusak lapisan atau membuat kayu menjadi melengkung. Bahkan, membersihkan benda dari kayu dengan cuka merupakan cara alami yang lebih baik daripada menggunakan pembersih kimia yang beracun serta mahal.

Meski begitu, Anda perlu mengetahui cara tepat membersihkan beragam permukaan kayu dengan cuka seperti berikut ini:

  1. Lantai kayu

Sebelum dibersihkan dengan cuka, Anda perlu membersihkan lantai kayu terlebih dahulu dengan cara biasa.

Jika sudah, campurkan satu cangkir cuka ke dalam wadah berisi 3,5 liter air hangat. Gunakan kain atau pel untuk membersihkan lantai dengan larutan bahan tersebut. Lalu, bersihkan lantai kayu beberapa kali untuk menghilangkan semua residu yang tidak diinginkan. Jika telah menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, gunakan cuka yang banyak dan bersihkan lantai kayu lebih lama.

  1. Furnitur kayu

Tak hanya untuk lantai, cuka juga mampu membersihkan perabotan atau pernak-pernik kayu lainnya. Caranya cukup mudah, Anda hanya butuh campurkan satu cangkir minyak zaitun dengan setengah cangkir cuka. Minyak zaitun berguna memoles furnitur kayu, sementara cuka akan membersihkannya tanpa menghilangkan lapisan akhir.

Campuran ini bekerja paling baik jika digunakan dari botol semprot. Gunakan kain bersih yang lembut untuk mengoleskan larutan pembersih ke furnitur kayu.

  1. Dinding kayu

Cuka juga mampu dalam membersihkan dinding kayu agar terlihat lebih licin dan bersih. Anda hanya butuh wadah untuk mencampurkan cuka, minyak zaitun, dan air hangat.

Perbandingan cuka dan minyak zaitun yang dicampurkan masing-masing secangkir cuka dan minyak zaitu, serta empat cangkir air hangat. Kemudian, aduk semua bahan hingga merata untuk digunakan sebagai larutan pembersih kayu. Untuk mengaplikasiannya, jangan lupa menggunakan kain kain lembut dalam mengoleskan larutan pembersih ke bahan kayu. Selanjutnya, keringkan permukaan kayu dengan kain bersih dan lembut. Setelah itu, Anda tidak perlu membilas perumukaan yang telah dibersihkan tadi.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->