Kamis, 28 Oktober 2021

Warna Baju Yang Dihindari Saat Melamar Kerja


Warna baju yang harus dihindari saat melamar kerja – Warna yang harus dihindari saat melamar kerja atau wawancara kerja adalah warna oranye. Warna tersebut dinilai bisa ‘menakuti’ orang yang mewawancarai Anda.

Konsultan karier di Snagajob, platform pekerjaan online mengungkapkan bahwa pilihan untuk pakaian itu tak terbatas, namun yang pasti ada satu warna yang sebaiknya dihindari saat melamar pekerjaan.

“Penelitian selama 50 tahun terakhir telah membantu kami memahami bahwa 75 persen percakapan tatap muka adalah non-verbal,” kata pakar karir di Snagajob kepada Pure Wow.

Faktanya, survei CareerBuilder 2013 mensurvei 2.099 manajer perekrutan dan profesional sumber daya manusia di beberapa industri dan oranye menduduki puncak daftar warna terburuk, dengan 25 persen pengusaha setuju bahwa itu adalah warna terburuk untuk dikenakan saat wawancara.

Memang, kemampuan Anda jauh di atas warna untuk jadi pertimbangan diterima atau tidak. Tapi bagian perekrutan atau HRD juga tak ingin orang yang terlihat bakal berdampak negatif pada tim karena merasa lebih hebat dari orang lain.

“Psikologi warna mempengaruhi persepsi, bahkan ketika kita tidak menyadari pengaruhnya, jadi Anda tidak ingin memberi pewawancara kesan yang bertentangan dengan apa yang Anda coba sampaikan karena atasan oranye Anda,” jelasnya.

Jadi warna apa yang harus dipakai untuk wawancara kerja?

Saat Anda memilih pakaian untuk wawancara kerja, ingatlah bahwa Anda mencoba menjual diri sendiri dan meyakinkan calon atasan Anda bahwa Anda akan menganggap serius pekerjaan itu dan menjadi aset bagi tim.
Sementara itu fashion juga menjadi bentuk ekspresi diri dan kepribadian seseorang. Tapi dalam hal satu ini, kompromi tampaknya jadi solusi.

Snagajob mengungkapkan, daripada oranye, Anda bisa memilih atasan biru favorit Anda. Kenapa biru?

“Ini membantu audiens Anda melihat dengan jelas betapa berharganya Anda untuk bisnis mereka karena Anda mengenakan warna yang menyampaikan kepercayaan, tanggung jawab, dan semangat tim,” ucapnya.

“Pilih warna biru yang lebih gelap dari yang mungkin Anda pilih untuk wawancara langsung (bukan via zoom). Webcam tidak menangkap warna seperti yang dilakukan mata kita secara langsung, jadi warna biru muda bisa pudar.”

Sumber : www.cnnindonesia.com


Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT