Kamis, 7 Oktober 2021

Waspada, 6 Tanda Water Heater di Rumah Mulai Rusak


Water heater merupakan alat pemanas air elektronik yang digunakan di kamar mandi. Dengan alat tersebut, memungkinkan seseorang untuk mandi dengan air hangat.

Alat ini sangat cocok digunakan terutama di daerah dingin seperti di dataran tinggi pegunungan. Namun, sama dengan barang elektronik pada umumnya, water heater bisa mengalami kerusakan seiring pemakaian.

Kerusakan pada water heater disebabkan berbagai hal. Dilansir dari homeserve.com, berikut enam hal yang menandakan water heater mulai rusak:

  1. Lama memanaskan air

Pada saat awal pembelian, water heater tentu akan berfungsi secara maskimal. Di mana untuk memanaskan air butuh waktu singkat. Karenanya, jika proses pemanasan air menjadi lebih lama dari biasanya, hal ini tentu menjadi tanda bahwa water heater mulai rusak dan bermasalah. Anda perlu melakukan pengecekan atau membawanya ke tukang service.

  1. Kualitas air menurun

Selanjutnya, jika menemukan adanya penurunan kualitas air yang dihasilkan dari water heater, maka tanda bahwa alat tersebut bermasalah.

Penurunan kualitas air bisa jadi disebabkan karena kebocoran dan karat pada tangki pemanas air. Karenanya, segeralah perbaiki alat tersebut untuk kembali menghasilakn kualitas air yang baik.

  1. Mesin Water heater bocor Water heater memiliki dua elemen untuk mengalirkan air panas yaitu pipa dan tangki. Salah satu masalah yang biasa dialami berupa kebocoran yang mengakibatkan water heater tak berfungsi secara maksimal. Jika menemukan indikasi kerusakan, periksalah titik kebocoran dan segera lakukan perbaikan untuk menghindari kebocoran yang makin parah hingga korsleting Listrik .
  2. Air panas bau karat

Air panas yang dihasilkan dari water heater seharusnya tidak memiliki bau apa pun. Namun, apabila Anda mencium bau karat pada air, kemungkinan besar tangki atau pipa water heater telah mengalami korosi. Apalagi, tangki umumnya terbuat dari besi sehingga sangat rentan berkarat. Untuk mengatasi air water heater yang berbau karat, sebaiknya lakukan pengecekan pada tangki atau pipa water heater.

5.Water heater keluarkan suara bising

Semakin lama jangka penggunaan water heater, semakin banyak sedimen yang akan terbentuk di dasar tangki. Lama-kelamaan sedimen tersebut akan semakin mengeras. Akibatnya, hasil proses pemanasan yang terus-menerus dan berulang-ulang. Ketika hal ini terjadi, Anda akan sering mendengar suara gemuruh atau bising yang berasal dari mesin water heater. Hal ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa water heater berada pada akhir masa pemakaiannya.

  1. Suhu panas air tak konsisten Water heater bermasalah biasanya ditandai dengan suhu panas yang tidak konsisten.
    Meski alat tersebut dinyalakan dalam waktu yang lama, biasanya suhu panas air yang dihasilkan justru tidak maksimal.
    Selain itu, air panas yang dgunakan juga cepat berubah menjadi dingin. Jika Anda menemukan tanda-tanda pada water heater Anda di rumah, maka segera perbaiki agar kembali berfungsi normal.

Sumber : Kompas.com

Jababeka industrial Estate

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT