Connect with us

Nasional

Tolak Ambil Gaji Menhan Rp 5 juta, Prabowo Berhak atas Tunjangan Rp50 Juta

Published

on


Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak akan menerima gajinya sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju sebesar Rp5.040.000 per bulan seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2000.

Namun, tunjangan yang berhak diterima Prabowo diperkirakan berkali lipat dari gaji sebagai menteri. Nominalnya lebih dari Rp50 juta.

Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Pertahanan menjelaskan bahwa menteri pertahanan berhak mendapat 150 persen dari kelas jabatan 17. Di bagian lampiran tertera tunjangan kelas jabatan 17 sebesar Rp29.085.000.

Dengan demikian, Prabowo berhak memperoleh tunjangan kinerja sebesar 150 persen dari Rp29.085.000, yakni Rp43.627.500.

“Menteri Pertahanan yang mengepalai dan memimpin Kementerian Pertahanan diberikan tunjangan kinerja sebesar 150% dari tunjangan kinerja pada kelas jabatan 17 di Lingkungan Kementerian Pertahanan,” mengutip Pasal 6 Ayat (1) peraturan tersebut.

Prabowo, selaku menteri negara, juga berhak mendapat tunjangan sebagai Pejabat Negara. Hal itu diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Pada Pasal 1 Ayat (2) butir e dinyatakan tunjangan menteri negara sebesar Rp13.608.000 per bulan.

“Menteri Negara, Jaksa Agung, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Pejabat lain yang kedudukannya atau pengangkatannya setingkat atau disetarakan dengan Menteri Negara adalah sebesar Rp. 13.608.000,” mengutip Pada Pasal 1 Ayat (2) butir e Keppres tersebut.

Sehingga diperkirakan, Prabowo berhak memperoleh pendapatan sekitar Rp57.235.500. Nominal tersebut berasal dari tunjangan kinerja Rp43.627.500 ditambah tunjangan sebagai pejabat negara Rp13.608.000.

Selaku menteri, Prabowo pun berhak mendapatkan fasilitas berupa rumah dinas, kendaraan dinas, serta jaminan kesehatan.

Belum diketahui pasti apakah Prabowo menolak atau menerima tunjangan sebesar Rp57.235.500. Sejauh ini, juru bicara Prabowo yakni Dahnil Anzar Simanjuntak hanya mengatakan bahwa eks Danjen Kopassus itu tidak akan menerima gaji sebagai menteri pertahanan.

Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2000, gaji pokok menteri sebesar Rp5.040.000 per bulan.

“Saya ingin mengkonfirmasikan kepada sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dengan informasi yang menyatakan Pak @prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menteri di @Kemhan_RI adalah BENAR,” tutur Dahnil melalui akun Twitter @Dahnilanzar, Rabu (30/10).

Prabowo, lanjutnya, tidak mengambil gaji karena selama ini memang berniat mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara. Dia menyebut Prabowo berprinsip demikian sejak terjun ke dunia politik.

“Sejak awal beliau masuk politik, berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan bangsa dan Negara,” ucap Dahnil.

Nasional

Menag Minta Rp2,6 T untuk Madrasah dan Ponpes

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Menteri Agama Fachrul Razi mengajukan usulan tambahan anggaran sebesar Rp2,6 triliun kepada Kementerian Keuangan untuk program bantuan operasional pendidikan keagamaan Islam dan Pondok Pesantren.
Angka itu ditetapkan setelah pembahasan di DPR. Fachrul mengatakan usulan sebelumnya berjumlah Rp2,7 triliun sebelum ada catatan perbaikan.

Usulan itu ia ajukan dalam surat Nomor MA/169/06/2020 yang diteken pada 12 Juni 2020. Fachrul menyatakan usulan tersebut untuk menunjang pondok pesantren dan madrasah di era new normal saat pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia.

“Untuk bantuan operasional pondok pesantren, LPTQ, Bantuan Operasional Pendidikan Keagamaan Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah dan bantuan pembelajaran daring,” kata Fachrul dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7).

Fachrul merinci dari total anggaran itu, dialokasikan sebesar Rp645 juta untuk Bantuan Operasional Pendidikan Pesantren sejumlah 21.173 lembaga. Jumlah itu di antaranya bagi 14,9 ribu pesantren kecil, 4.000 pesantren sedang dan 2,2 ribu pesantren besar.

Selain itu, Fachrul menyatakan pihaknya akan mengalokasikan sebesar Rp621 juta untuk Bantuan Operasional Pendidikan Diniyah Takmiliyah di 62.153 lembaga.

Fachrul juga mengalokasikan Bantuan Operasional Pendidikan Alquran dengan total anggaran Rp1,12 triliun. Anggaran itu akan dialokasikan untuk 112.008 lembaga yang masing-masing mendapatkan Rp10 juta.

Fachrul menyatakan anggaran itu akan digunakan untuk pembiayaan operasional pesantren dan madrasah, di antaranya pembayaran listrik, air, keamanan dan kebersihan.

Selain itu bisa juga digunakan untuk pembiayaan penyiapan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, thermal scanner, penyemprotan desinfektan, alat kebersihan, wastafel cuci tangan.

“Dan pembiayaan lain terkait pendukung protokol kesehatan. Sebagai catatan bahwa penentuan pesantren kecil, sedang dan besar dilihat dari jumlah santri yang bermukim di pondok pesantren,” kata dia.

Fachrul juga menyatakan pihaknya mengalokasikan sebesar Rp223 miliar untuk program Bantuan Pembelajaran Daring pada pondok pesantren selama tiga bulan. Anggaran itu akan dibagikan untuk 14.906 pesantren, terutama yang masih tutup per bulannya sebesar Rp5 juta.

“Itu digunakan untuk membiayai komponen komponen pendukung pelaksanaan pembelajaran daring seperti paket data internet, kabel, clip on mic, mic, lampu sorot, dan kebutuhan lainnya yang relevan,” kata Fachrul.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto.Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Melihat hal itu, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mendukung usulan Kemenag untuk menambah anggaran penanganan dampak Covid-19 bagi pondok pesantren dan lembaga keagamaan Islam pada APBN Tahun 2020 sebesar Rp2,6 triliun.

Ia pun menegaskan Komisi VIII dapat memahami penjelasan Fachrul mengenal refocusing anggaran madrasah dan pesantren untuk menanggulangi dampak wabah Covid-19 sekitar Rp9,3 triliun.

Anggaran Rp9,3 Miliar Dialihkan
Fachrul melakukan realokasi anggaran Kemenag tahun 2021 sekitar Rp9,3 miliar khusus untuk penanganan dan pencegahan virus corona di madrasah dan pondok pesantren.

Fachrul merinci dari total itu, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag mengalokasikan sebesar Rp9,183 Miliar untuk madrasah yang bersumber dari rupiah murni.

“Dirjen pendidikan Islam telah melakukan refocussing anggaran madrasah melalui revisi anggaran sejumlah Rp9.183.570.000,” kata Fachrul saat menggelar rapat kerja dengan Komisi II DPR, Selasa (7/7).

Tak hanya itu, Fachrul mengatakan pihaknya juga merealokasi anggaran Kemenag tahap pertama sekitar Rp203 juta untuk penanganan dampak corona di pesantren.

Lebih lanjut, Fachrul menyatakan pengalihan anggaran itu diperuntukkan untuk memenuhi pelbagai kebutuhan dalam mencegah pandemi virus corona di madrasah dan pesantren.

Ia mencontohkan anggaran itu bisa memenuhi kebutuhan internal pengadaan alat pelindung diri seperti hand sanitizer, pembelian sabun, penyemprotan, disinfektan, masker hingga perbaikan tempat cuci tangan.

“Dan pembelian alat-alat kesehatan dan juga kebutuhan lain terkait penanganan Covid-19,” kata dia.

Sumber: CNN Indonesia

Continue Reading

Nasional

Calon Penumpang Kembali Padati Stasiun KRL Bogor

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line kembali memadati Stasiun Bogor, Selasa (7/7) pagi, di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Pantauan CNNIndonesia.com sejak pukul 06.30 WIB, penumpang terus berdatangan ke Stasiun Bogor. Di stasiun ini, antrean penumpang dibagi menjadi tiga bagian.

Bagian pertama, antrean penumpang berada di luar stasiun. Bagian kedua, antrean di dalam stasiun. Penumpang diminta berbaris sebelum mengetap kartu.

Kemudian bagian ketiga, antrean di peron. Penumpang baru boleh masuk ke peron saat kereta telah tersedia. Hingga pukul 07.00 WIB antrean penumpang terlihat semakin berkurang.

Petugas yang menggunakan pengeras suara berkali-kali terdengar memperingatkan penumpang untuk memakai masker dan menjaga jarak.

Salah seorang penumpang, Rama Aditya mengatakan antrean hari ini tidak seramai pada Senin (6/7) lalu. Ia menyebut pada Senin, antrean di bagian luar stasiun dibuat panjang dan berputar.

“Kalau Senin ramai mungkin karena orang-orang ada yang pulang ke Bogor sekali seminggu, terus Senin-nya balik ke Jakarta,” kata dia kepada CNNIndonesia.com.

Wali Kota Bogor Bima Arya sebelumnya mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melonggarkan aturan terkait operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline dengan menambah kapasitas penumpang dalam gerbong kereta.

Menurutnya, dengan penambahan itu, akan mengurangi antrean penumpang yang ada di stasiun Bogor.

Antrean calon penumpang yang ingin menggunakan transportasi umum Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter line terjadi di Stasiun Bogor, Senin (7/7) pagi.Antrean calon penumpang commuter line di Stasiun Bogor, Selasa (7/7). (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)
“Menambah kapasitas gerbong kereta dengan protokol kesehatan yang lebih ketat,” kata dia dalam instagram resminya, Senin (6/7).

Bima yang melakukan pemantauan di Stasiun Bogor pada Senin lalu mengatakan penumpukan di stasiun Bogor disebabkan oleh banyaknya sektor-sektor di Ibu kota yang sudah dibuka. Di sisi lain, kapasitas gerbong KRL masih dibatasi.

“Pemkot Bogor meminta agar sistem pembagian kerja dievaluasi total implementasinya. Idealnya waktu bekerja lebih berjarak dan dipastikan berjalan di perkantoran,” kata dia.

Kota Bogor tercatat telah memperpanjang pemberlakuan PSBB proporsional. Kebijakan ini ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, 1 Juli lalu dan akan berlaku selama dua pekan.

Daerah lain di Jawa Barat yang juga menerapkan PSBB proporsional adalah Depok dan Bekasi.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading

Nasional

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Jepara Terasa hingga Bali

Published

on

By

Finroll – Jakarta, Gempa bumi 6,1 magnitudo yang mengguncang Jepara, Jawa Tengah, pagi tadi, terasa getarannya hingga ke sejumlah daerah yang jaraknya terbilang jauh dari pusat gempa.
Daerah-daerah yang merasakan getaran gempa Jepara antara lain Yogyakarta, Mataram, Purworejo, Kuta dengan skala III MMI.

Lalu Denpasar dan Kebumen dengan skala II-III MMI. Kemudian Banjar Negara, Cilacap, Boyolali, Krui, Pesisir Barat, Pangandaran, Tanggamus, Gianyar, Pekalongan, dengan skala II MMI.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) atau Skala Mercall adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Pada skala II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara pada skala III MMI getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
Dari keterangan tersebut, gempa Jepara pagi tadi dirasakan cukup kuat di Yogyakarta, Mataram, Purworejo hingga Kuta.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan getaran gempa Jepara dirasakan sangat luas karena hiposenter gempa sangat dalam.

Karena hiposenter gempa laut jawa ini dalam sekali maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang sangat luas,” kata Daryono di “akun Twitternya, @ DaryonoBMKG.

Situs BMKG sendiri mencatat kedalaman gempa Jepara 578 kilometer. Lokasi gempa Jepara berada di kaut 53 kilometer barat laut Jepara.
Lokasi gempa berada di titik 6.12 Lintang Selatan-110.55 Bujut Timur. BMKG menyatakan gempa Jepara 6,1 magnitudo tidak berpotensi tsunami.

Sumber : CNN Indonesia

Continue Reading
Advertisement

Advertisement
Advertisement

Trending