Sabtu, 20 Februari 2021

Anggrek : Bunga Yang Menemani Ibu Ani Semasa Hidupnya


Semasa hidup, mantan ibu negara Kristiani Herrawati atau yang lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono sangat mencintai bunga anggrek. Di tengah kesibukan Ibu Ani Yudhoyono, beliau tetap meluangkan waktunya untuk berkebun dan mengurus sendiri tanamannya. Hal ini pun pernah disampaikan SBY melalui postingan Facebook pada akun pribadinya yang diberi judul SBY-Ibu Ani dan Bunga Anggrek.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Ani menyukai berkebun. Di halaman kediaman SBY dan Ibu Ani terdapat berbagai macam jenis tanaman, mulai dari tanaman hias di pot hingga pohon rambutan dan sukun. Salah satu koleksi terbanyak dari tanaman hias yang ada adalah bougenville dan anggrek. Berbagai varietas anggrek ditanam dan menghiasi halaman rumah mereka. Dalam memelihara keasrian taman, Ibu Ani dibantu oleh tukang kebun,” tulis SBY dalam unggahan di Facebook.

Nama Ibu Ani Terukir di Varietas Bunga Anggrek Baru

Karena kecintaannya pada bunga anggrek sejak dahulu, membuat salah satu varietas anggrek baru yang ditemukan oleh Suskandari Kartikaningrum, Yoyo Sulyo, Laily Qodriah, dan Suparmin dari Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia, menyematkan nama Ibu Ani pada anggrek tersebut. Nama bunga ini ialah Anggrek Spathoglottis Varietas Ani Bambang Yudhoyono.

finroll anggrek aniyudhoyono

Jenis anggrek ini bersifat sympodial (tumbuh secara berumpun), bentuk bunga bintang, corak polos, panjang bunga 6,2 cm dan lebar 6 cm, diameter bunga 6,0 – 6,5 cm, panjang tangkai 50 – 115 cm, diameter tangkai 0,4 – 0,6 cm, bunga menghadap ke segala arah, jumlah bunga mekar 4 – 5 kuntum/tangkai, dan hasil  bunga 14-21 kuntum/rumpun/tahun.

Keunggulan dari varietas anggrek ini dapat beradaptasi dengan baik pada dataran rendah sampai tinggi dengan ketinggian 50 -1100 m dpl. Intensitas warna merah berubah-ubah sesuai lingkungan. Bunga menghadap ke segala arah. Varietas ini potensial dikembangkan dan dikomersialkan sebagai tanaman pot atau tanaman hias taman oleh agroindustri florikultura.

Bahkan menteri pertanian pada saat itu yaitu Anton Apriyantono, menyetujui pelepasan varietas sebanyak 18 kultivar, melalui Keputusan Menteri Pertanian No.706/Kpts/SR.120/5/2008 tentang Pelepasan Anggrek Spathoglottis Ani Bambang Yudhoyono sebagai varietas unggul.

Hadiah Bunga Anggrek Dari Singapura Untuk Ibu Ani

finroll anggrek dendrobium

Selain itu, ternyata Singapura juga pernah menghadiahi Ani Yudhoyono anggrek hasil persilangan (hibrida) D. Pikul Tuck Soon dan D. Adele William yang diberi nama Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono “Ani”. Bunga anggrek ini merupakan sebuah bentuk penghormatan atas kunjungan Ibu Ani dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Singapore Botanic Gardens pada 15 Februari 2005 silam.

(Sumber : KOMPAS.com)

BACAAN TERKAIT