Sabtu, 29 Desember 2018

Benarkah Hewan-Hewan Ini Dapat Memprediksi Bencana?


Finroll.com – Bencana Datang Memang Tidak Terduga, Baik Itu Gempa Bumi, Longsor, Gunung Meletus Dan Lain Sebagainya.

Keyakinan masyarakat terhadap kemampuan ‘khusus’ hewan dapat memprediksi gempa bumi, telah ada selama berabad-abad. Beberapa binatang diyakini dapat mendengar suara dan merasakan getaran yang terkait dengan pergeseran lapisan di dalam bumi.

Di kutip dari berbagai sumber, berikut adalah hewan yang dipercaya bisa memprediksi bencana:

1. Kucing

Memprediksi Bencana

Saat gempa bumi besar melanda Jepang, tim dari universitas Tsing Hua melakukan riset bagaimana kucing berhasil menghindar sebelum gempa melanda. Bahkan enam hari sebelum datang gempa, kucing memperlihatkan perilaku yang tidak biasa dan menjadi lebih stres. Peneliti percaya, jika pendengaran kucing yang mampu membuat mereka mengetahui adanya gempa.

2. Sapi

Memprediksi Bencana

Tim yang sama di Jepang juga mengetahui, jika sapi bisa melakukan hal yang sama, yaitu memprediksi gempa. Sapi-sapi bereaksi dengan menurunnya produksi susu dalam beberapa hari sebelum gempa.

3. Burung Warblers
Memprediksi Bencana

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

 

Burung ini mampu memprediksi kapan akan datang badai, seperti yang terjadi saat tim ilmuwan dari Berkeley meneliti burung ini. Dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum badai datang, burung ini akan meninggalkan rumahnya untuk menghindari badai.

4. Hiu

Memprediksi Bencana

Hiu dipercaya merupakan pengejar badai. Mereka akan berkumpul, di tempat di mana akan terjadi badai besar. Terutama jenis hiu macan, tubuh mereka sangat sensitif sekali terhadap perubahan suhu air.

5. Lebah

Memprediksi Bencana

Serangga yang satu ini selain bermanfaat karena menghasilkan madu, juga bisa memprediksi kapan hujan besar akan datang. Mereka akan berbondong-bondong pulang ke sarangnya sebelum itu terjadi.

Selain lima hewan di atas, masih banyak hewan lainnya yang bisa memprediksi bencana, namun belum ada keterangan ilmiah atau penjelasan ilmiahnya. Seperti turunnya binatang dari gunung sebelum terjadi letusan, atau lele yang menghilang sebelum bencana longsor.

BACAAN TERKAIT