Sabtu, 20 Februari 2021

Mau Beli Jas Hujan? Kenali Dulu Yuk Macam-macamnya!


Pada saat musim penghujan datang, bagi pengendara roda dua, pastilah sangat dibutuhkan jas hujan untuk melindungi diri dari hujan yang turun saat berkendara. Di pasaran, sering dijumpai berbagai jenis dan model jas hujan, mulai dari yang harganya tinggi hingga rendah dengan bahan plastik. Namun, tau gak sih apa saja jenis dari jas hujan? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Jenis Bahan Pada Jas Hujan

Menurut Johanes Paulus selaku CEO Istana Payung yang memproduksi jas hujan merek Masterain dan Carol, terdapat tiga jenis jas hujan yang harus diketahui oleh masyarakat.

finroll jashujan

“Jenisnya ada HDPE, PVC plastik, dan jenis jahitan berbahan parasut,” kata Johanes.

Jas hujan jenis HDPE sendiri merupakan jas hujan yang berbahan dasar plastik yang sangat tipis. Biasanya jas hujan ini digunakan pada saat keadaan darurat. Pengguna jas hujan dengan jenis ini hanya bisa satu atau dua kali digunakan saja, setelah itu tidak dipergunakan lagi. Jas hujan ini juga dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Jenis kedua yaitu jas hujan berbahan PVC. Jas hujan ini sama-sama berbahan plastic, tetapi jenis PVC berbahan plastic press. Jas hujan ini tergolong murah, hanya saja masih kurang kuat untuk menerjang hujan. Biasanya, jas hujan jenis PVC bila dijemur akan menjadi mengeras bahkan mudah robek.

Yang terakhir, terdapat jas hujan jenis jahitan. Jas hujan ini berbeda dari jenis jas hujan lainnya. Umumnya berbahan parasut, yang mana taslan merupakan bahan yang terbaik. Jas hujan ini merupakan jenis paling bagus dan tingkat keawetannya lebih baik, hanya saja harganya lebih mahal.

Model Pada Jas Hujan

Selain jenisnya, ternyata jas hujan juga memiliki model lho! Apa saja modelnya?

“Modelnya itu ada raincoat, ponco, dan setelan yang terdiri atas baju dan celana,” kata Johanes.

Model raincoat ini biasanya digunkan oleh para pejalan kaki. Tidak hanya itu, para petugas keamanan yang bertugas mengatur lalu lintas pun lebih banyak mengandalkan jas hujan model ini.

Selanjutnya ada model ponco. Jas hujan ini juga dikenal dengan nama jas hujan jenis kelelawar. Model jas hujan ponco banyak disukai oleh para pengendara ojek. Hal itu karena jas hujan jenis ponco sangat praktis digunakan. Namun bila tidak berhati-hati dalam penggunaannya, seringkali terjadi kecelakaan karena jas hujan jenis ini mudah tersangkut di roda motor.

FHI indonesia 2021

Terakhir ada model training (setelan atas dan bawah). Jas hujan jenis ini sangat popular dan disukai pengendara motor. Selain nyaman untuk digunakan, juga lebih aman. Jas hujan jenis ini dapat melindungi diri kita dari derasnya hujan karena hampir menutupi seluruh bagian tubuh.

Jadi jangan asal menggunakan jas hujan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu ya.

(Sumber : Liputan6.com)

BACAAN TERKAIT