Jumat, 20 November 2020

Idola K-pop di Pusaran Dugaan Plagiarisme


Isu plagiarisme kembali menjadi sorotan di tengah dunia K-pop pada 2020. Sejumlah musisi asing diduga menjiplak video musik Korea, tapi ada pula tim kreatif idola K-pop yang dituding meniru karya artis mancanegara.

Salah satu kasus terbaru adalah video debut STAYC yang dituduh menjiplak Midnight Sky milik Miley Cyrus. Perusahaan produksi video itu, Rigend Film, akhirnya meminta maaf dan menegaskan bahwa mereka tak pernah berniat menjiplak apa pun dalam proses pembuatan video musik STAYC, SO BAD.

“Kami juga ingin meminta maaf kepada penggemar dan publik karena mengonfirmasi detail terkait seni dan visual selama tahap produksi tanpa penelitian yang sesuai. Kami memohon maaf,” demikian pernyataan mereka seperti dilansir DongA via Naver.

Tak hanya STAYC, aespa juga harus terlibat dugaan plagiarisme menjelang debut mereka. Dugaan tersebut muncul setelah SM Entertainment merilis video teaser Black Mamba pada Minggu (15/11) malam waktu Indonesia.

Sejumlah bagian dari teaser tersebut diduga hasil menjiplak karya seni beberapa orang, salah satunya seniman asal Jerman, Timo Helgert.

Helgert menyoroti beberapa adegan, seperti ketika ular hitam besar (mamba) melintas di dalam kereta bawah tanah. Ada pula adegan bunga-bunga di dalam subway seperti di video musik NCT beberapa waktu lalu.

Seniman Bryan Huynh juga sempat mengunggah kemiripan antara karya seninya dengan foto teaser member aespa di Instagram Stories-nya beberapa waktu lalu.

Namun, hingga kini SM Entertainment belum memberikan keterangan resmi terkait dugaan plagiarisme tersebut.

Mengutip berbagai sumber, CNNIndonesia.com merangkum beberapa isu dugaan plagiarisme yang beredar di tengah idol K-pop pada 2020.

IU – Above Time

Via Vallen menarik perhatian ketika video untuk lagunya, Kasih Dengarkanlah Aku, diduga merupakan hasil jiplak klip musik IU, Above Time.

Jababeka industrial Estate

Label musik Via, Ascada Musik, menyatakan video itu sepenuhnya buah pemikiran sang sutradara. Mereka juga menyatakan Via dan Dyrga Dadaly hanya menjalankan tugas sebagai pemeran video.

Video asli Kasih Dengarkanlah Aku telah dihapus dan diganti dengan yang baru. Namun, Via Vallen secara pribadi meminta maaf kepada semua orang, terutama penggemar IU.

Isin aku, rek (malu aku). Dilokno koyok ngono (diledek seperti itu), karena memang salah ya mau bagaimana? Ya aku bisa apa? Terus fans-nya (penggemarnya) marah, merasa dijiplak videonya. Wajar gitu lho, wajar banget, karena memang salah posisinya. Makanya, aku sampai bikin story minta maaf,” kata ViaVallen beberapa waktu lalu.

GOT7 (Just Right) dan BTS (Boy with Luv)

Video musik Just Right milik GOT7 juga diduga pernah ditiru secara keseluruhan dalam video klip Hold Me Down yang dipopulerkan Lyta.

Setiap bagian dari awal hingga akhir klip yang dirilis pada 14 Agustus 2020 itu terlihat serupa dengan video musik GOT7 yang dirilis pada 12 Juli 2015 tersebut.

Warganet juga menuding Lyta menjiplak beberapa bagian klip Boy with Luv karya BTS untuk video musiknya, Hold Me Down.

Alih-alih memberikan keterangan resmi terkait dugaan plagiat tersebut, labelLyta,Naira Marley, hanya menuliskan video musik tersebut terinspirasi dari GOT7 danBTS. Kolom komentar untuk video musik tersebut juga telah ditutup.

BIGBANG – Bad Boy

Rapper asal Filipina, Flow-G dan Skusta Clee, beberapa kali diduga menjiplak musik dari idol Korea, seperti BIGBANG dan BTS.

Mereka awalnya diduga menjiplak musik Bad Boy yang dirilis BIGBANG pada 28 Februari 2012 dengan merilis Wag Ka Nang Magalit sekitar dua tahun lalu. Video musik asli Wag Ka Nang Magalit kini telah dihapus.

BTS – DDAENG

Skusta Lee dan Flow-G kembali tersandung masalah plagiarisme. Ia kali ini diduga menjiplak lagu DDAENG dari BTS dalam lagu DEYM.

Dalam unggahan di Facebook, Flow-G menjelaskan lagu itu dibuat dengan beat dan flow yang umum. Ia juga menegaskan DEYM tak mirip dengan DDAENG.

“Semua hanya kebetulan,” tulis Flow-G.

Pernyataan tersebut membuat fan BTS mendesak Big Hit Entertainment selaku agensi mengambil langkah hukum terkait dugaan plagiat itu.

Agust D (Suga BTS) – Daechwita

Rapper asal Ukraina, Alllex Black, diduga menjiplak lagu Daechwita (Agust D) dalam lagunya yang bertajuk 10K. Awalnya, 10K dirilis sebagai single.

Namun, banyak warganet yang menyadari kemiripan lagu tersebut dengan Daechwita dan melaporkan hal tersebut kepada Big Hit Entertainment.

Tak lama setelah itu, mereka merilis ulang lagu tersebut dengan keterangan 10K merupakan cover dariDaechwita.

BACAAN TERKAIT