Selasa, 9 Maret 2021

Sulaiman Resto : Restoran China yang Halal dan Enak


Selama ini ada anggapan bahwa restoran China identik dengan menu masakan yang mengandung bahan-bahan tidak halal. Anggapan ini coba ditepis oleh Sulaiman Han (42), lelaki Muslim asal daratan Tiongkok dengan membuka Sulaiman Resto di Jalan Batu Ceper No. 73 Jakarta Pusat.

Restoran ini mengkhususkan menu masakan Muslim China etnis Hui di provinsi Shaanxi yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Kendati tengah memproses sertifikasi halal dari LPPOM MUI, Sulaiman menjamin menu-menu yang dihidangkan restoran milikinya 100 halal.

“Restoran ini adalah satu-satunya restoran Muslim Tiongkok yang 100 persen halal, tak usah ragu-ragu” kata Sulaiman Han belum lama ini saat memperkenalkan restorannya. Sulaiman mengaku bahan-bahan masakannya sebagian besar diimpor dari negeri Tiongkok. Meski berstatus restoran Muslim, tetapi bukan berarti pengunjung Sulaiman Resto seluruhnya adalah Muslim. Banyak juga pengunjung non Muslim yang datang ke resto ini.

Awal mula dibukannya restoran ini berawal dari kunjungan Sulaiman Han ke Indonesia pada 2010. Karena melihat Indonesia mayoritas Muslim ia memiliki tekad untuk membuka restoran di Jakarta dengan semangat untuk merajut persaudaraan antara Muslim Tongkok dengan Indonesia. Sebelum membuka resto di Tanah Air, Sulaiman memiliki tiga restoran di tempat asalnya.

Menu masakan Sulaiman Resto sangat beragam. Diantaranya nasi Xinjiang, mie tarik Lanzhou, makanan panggang/bakar khas Muslim Tiongkok, segala jenis tumisan sayur, satai kambing, paha kambing, juga iga goreng tepung. Ada juga masakan berbahan tahu yang disebut tahu mapo. Yang tak kalah menarik juga ada terong asam manis yang dimasak begitu lezatnya.

Menu Favorit di Sulaiman Resto

Mie Tapanji Sulaiman Resto

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan di Sulaiman Restaurant, Mie Tapanji diklaim sebagai salah satu menu favorit. Hidangan berbahan dasar mie agak tebal ini disajikan dengan porsi besar. Untuk menambah selera makan, biasanya juga dilengkapi dengan taburan kentang, paprika, plus potongan ayam besar. Konon untuk memasaknya benar-benar didasarkan pada resep aslinya dari Tiongkok.

Mie Tapanji memiliki citarasa gurih dan manis, bisa dibilang sedikit mirip dengan mie ayam. Porsinya juga lumayan jumbo, karena cukup dinikmati untuk dua atau tiga orang sekaligus. Rasanya pun dijaga seotentik mungkin demi memuaskan pelanggan.

Menu Lain di Sulaiman Resto

Selain mie tapanji, masih ada banyak menu lain yang bisa memanjakan lidah di Restaurant Sulaiman. Ada sate ayam ala Tiongkok, tahu mapo, hidangan iga, daging kambing ziran, dan mie daging sapi berkuah. Semuanya dijamin memberikan cita rasa otentik dari Negeri Tirai Bambu.

Bicara soal harga, menu-menu di Restaurant Sulaiman juga bisa dibilang cukup terjangkau. Mie Tapanji ditawarkan dengan harga 50 ribu rupiah, sementara sate ayam dijual 6 ribu rupiah per tusuk. Untuk minuman, bisa ditebus dengan harga mulai 18 hingga 25 ribu rupiah.

Tak hanya dari masakannya, Restaurant Sulaiman juga berupaya sedemikian rupa agar para pelanggan merasakan suasana seolah mereka benar-benar makan di Tiongkok. Hal tersebut coba dicapai dengan menghadirkan sejumlah lukisan dan hiasan lain, langsung dari negeri Tirai Bambu. Selain itu, tempat ini juga secara khusus berlangganan surat kabar berbahasa Mandarin.

Jababeka industrial Estate

Maka tidak mengherankan jika restoran satu ini cukup populer di kalangan warga Jakarta, khususnya yang keturunan Tionghoa. Jangan heran jika begitu melangkah masuk, sayup-sayup bakal terdengar obrolan dalam bahasa mandarin.

(Sumber: travelingyuk.com)

Komentar

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACAAN TERKAIT