Dalam Festival, Durian Vanessa Jadi Juara

  • Bagikan

Finroll.com – Festival Durian Cikakak berlangsung pada 1 sampai 3 Februari 2019 di Taman Wisata Batu Karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Dua acara menarik dalam festival ini adalah makan buah durian sepuasnya dan lomba durian terenak.

Ada tiga jawara durian yang berhasil mendapat predikat durian paling enak. Varietas durian asal Gandasoli, Kabupaten Sukabumi keluar sebagai juara kontes durian. Entah disengaja atau tidak, durian milik Saiban itu diberi nama durian Si Vanesa.

Juara kedua adalah durian Sibo yang juga milik Saiban. Sedangkan juara ketiga direbut durian Si Sultan milik Dayat. Pengumuman pemenang sekaligus penutupan Festival Durian Durian ini dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

“Ke depan kami akan mengembangkan dan memerbanyak lagi komoditas durian untuk disebar dan ditanam di Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Minggu 3 Februari 2019. “Kegiatan ini bisa berkontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat.”

Adapun tantangan makan durian sepuasnya di festival tersebut, menurut Marwan, digelar selama tiga hari berturut-turut. Pengunjung yang memiliki tiket dibagi dalam 3 hari festival. Setiap hari, panitia menyiapkan 500 sampai 1.000 butir durian dari berbagai varietas.

Setiap pengunjung Festival Durian Durian Cikakak yang sudah memiliki tiket bisa langsung melahap durian sepuasnya dengan durasi 1 jam. “Rata-rata setiap peserta hanya mampu menghabiskan 3 buah,” ujar Purwanda, 30 tahun, peserta makan durian asal Cianjur. “Rasa duriannya super sekali. Habis satu buah saja kepala sudah pusing.”

  • Bagikan
-->