简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Sendratari Ramayana Prambanan pagelaran seni di Yogyakarta

  • Bagikan
finroll sendratari ramayana prambanan
finroll sendratari ramayana prambanan

Berlatarkan Candi Prambanan nan megah, pagelaran kolosal Sendratari Ramayana Prambanan berlangsung dengan meriah. Meski tanpa dialog, pertunjukan yang menyatukan seni tari, drama, dan musik tradisional dalam satu panggung ini selalu berhasil memikat para penonton dan membuat mereka terhanyut dalam kisah Ramayana.

Dalam balutan lampu sorot warna-warni, Candi Prambanan di malam hari semakin terlihat megah. Suasana pun makin meriah tatkala sinden melantunkan tembang Jawa dalam iringan musik gamelan. Di panggung utama, sekelompok penari menggerakkan badannya dengan gemulai. Ini bukanlah pertunjukan tari biasa, namun pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan alias kolaborasi seni drama tanpa dialog dan tari yang mengisahkan tentang cerita Ramayana.

Kisah Ramayana sendiri bersumber dari Epos Ramayana karangan Walmiki yang menceritakan tentang usaha Sri Rama untuk menyelamatkan Dewi Shinta yang diculik Rahwana. Kisah yang berasal dari India ini sudah sangat populer, bahkan kisah itu juga terpahat di dinding Candi Prambanan. Berawal dari hal tersebut, Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo menggagas sebuah pertunjukan seni yang mengusung kisah Ramayana. Akhirnya pada 26 Juli 1961, Sendratari Ramayana Prambanan untuk pertama kalinya dipentaskan di panggung terbuka Candi Prambanan. Panggung tersebut dirancang oleh Harsoyo dari UGM, yang mampu menampung hingga 3000 penonton. Sebulan berikutnya pagelaran yang awalnya bernama Ramayana Ballet ini kembali digelar dan disaksikan oleh Presiden Soekarno serta Charlie Chaplin.

finroll kesenian dari yogyakarta

Kemegahan Sendratari Ramayana Prambanan menjadi salah satu seni Yogyakarta

Sendratari Ramayana Prambanan Dilangsungkan rutin seminggu tiga kali tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu

Setiap pertunjukan digelar hampir selalu dipenuhi oleh penonton, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu jika ingin menonton, kamu harus mengetahui jadwal pentasnya terlebih dahulu dan datang lebih awal agar tidak kehabisan tiket.

Perlu kamu ketahui bahwa ada dua tempat pementasan Sendratari Ramayan Prambanan. Ketika musim hujan, pertunjukkan digelar di panggung tertutup Gedung Trimurti, sedangkan ketika musim kemarau dilangsungkan di panggung terbuka. Keistimewaan panggung terbuka di Candi Prambanan adalah pada ukuran yang besar yaitu 14m x 50m dan dibangun sebagai bangunan yang menyatu dengan Candi Prambanan. Candi Hindu nan cantik itu menjadi background utama panggung.

( Sumber : .maioloo.com )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->