Selasa, 30 November 2021

5 Tips Wisata di Puncak Kuik Ponorogo agar Puas Nikmati Keindahannya


Menghabiskan waktu libur dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat wisata di pegunungan. Kombinasi udara sejuk dan pemandangan indah akan membuat pikiran segar kembali, sehingga siap untuk menyambut esok hari. Puncak Kuik di Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan kombinasi tersebut. Baca juga: Wisata Puncak Kuik, Salah Satu Atap Ponorogo yang Memesona Berikut ini adalah 5 tips wisata di Puncak Kuik Ponorogo agar puas nikmati keindahannya:

  1. Datang saat cuaca cerah

Wisata di kawasan perbukitan, termasuk Puncak Kuik, hendaknya dilakukan saat cuaca cerah. Salah satu alasannya adalah panorama indah hanya akan tersaji saat cuaca cerah. Sebaliknya saat cuaca buruk, keindahan pemandangan alam tidak terlihat karena tertutup kabut. Selain itu, cuaca buruk di kawasan pegunungan juga berbahaya karena terdapat risiko bencana alam, seperti tanah longsor.

  1. Camping agar puas nikmati keindahan alam Puncak Kuik Camping adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Puncak Kuik Ponorogo. Menurut salah satu pengelola bernama Arka, wisatawan bisa menyewa tenda. “Harga sewa tenda kapasitas 4-5 orang adalah Rp 40.000 per malam,” kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Dengan berkemah, wisatawan dapat menyaksikan gemerlap lampu Kota Ponorogo di sisi utara. Saat cuaca cerah, indahnya langit malam juga makin mempercantik panorama.

  1. Bawa baju hangat jika berkemah

Puncak Kuik Ponorogo berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga suhu udara cukup dingin, terutama malam dan pagi hari.

Oleh karena itu, wisatawan yang datang untuk berkemah hendaknya membawa baju hangat agar tidak kedinginan.

  1. Tetap bawa bekal

Salah satu fasilitas Puncak Kuik adalah warung makan. Wisatawan pun bisa memesan makanan di warung. Namun jika datang pagi-pagi atau berkemah, wisatawan hendaknya membawa bekal untuk mengantisipasi warung masih tutup.

Arka mengatakan bahwa untuk sementara ini warung-warung di Puncak Kuik hanya buka sampai 19.00 WIB.

  1. Buang sampah pada tempatnya

Meski Puncak Kuik mudah dicapai dengan kendaraan, bukan berarti sampah bebas dibuang sembarangan, apalagi sampai dilempar ke jurang.

Sudah ada tempat sampah di dekat area camping. Sampah pun bisa dibuang di sana. Tentu membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang mudah.

Sumber : Kompas.com

Jababeka industrial Estate

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT