8 Stasiun Kereta Terindah di Dunia, Bergaya Klasik hingga Modern

  • Bagikan
8 stasiun kereta terindah di dunia bergaya klasik hingga modern finroll
8 stasiun kereta terindah di dunia bergaya klasik hingga modern finroll

Ketika bepergian menggunakan transportasi umum, baik itu udara atau darat, perhatian kita sering kali tertuju pada bandara atau stasiun yang disinggahi. Termasuk ketika mengunjungi stasiun kereta api. Bahkan ketika melakukan perjalanan singkat, seperti naik kereta KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line, sebagian dari kita mungkin punya stasiun favorit yang dianggap palng nyaman dan indah secara estetika. Di dunia, ada beberapa stasiun kereta indah yang tentunya wajib untuk dikunjungi ketika kita mampir ke daerah tersebut. Ini tersebar di beberapa negara di dunia, seperti di Inggris, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat. Berikut ulasannya.

Stasiun kereta terindah di dunia Melansir TravelAwaits, Senin (03/01/2021), berikut daftar stasiun kereta terindah di dunia yang tak hanya mengagumkan secara tampilan, tapi juga punya detail menarik dan cerita yang melekat. Sebagian stasiun sangat bersejarah, tetapi lainnya tampak sangat modern.

Grand Central, New York, Amerika Serikat

Melansir situs resminya, stasiun yang berlokasi di Midtown Manhattan ini mulai dibuka untuk umum pada 2 Februari 1913, serta menjadi landmark dan pusat transportasi populer di dunia. Stasiun yang merupakan rumah dari MTA Metro-North Railroad serta melayani jalur kereta bawah tanah 4, 5, 6, 7, dan S ini punya sejarah yang kaya dan kerap dijadikan lokasi syuting berbagai film.

Salah satu atraksi utama Grand Central adalah jam bermuka empat yang terletak di tengah Concourse Utama di atas Stan Informasi. Titik ini juga sering dijadikan tempat pertemuan bagi pengunjung dan penduduk lokal. Pengunjung bisa menjelajahi lorong-lorong cantiknya sambil mengangumi arsitektur Beaux-Arts yang mengagumkan sambil mengikuti tur dengan pemandu.

Stasiun Huddersfield, Inggris

Stasiun yang pertama dibuka pada 1847 ini adalah stasiun tersibuk kedua di Yorkshire Barat, setelah Stasiun Leeds. Mengadopsi bangunan bergaya neoklasik, salah satu stasiun terindah di dunia ini masuk dalam daftar kelas 1 bangunan bersejarah. Bagian depan stasiunnya juga terbuat dari batu pasir yang elegan, bahkan digambarkan oleh penyair John Betjeman sebagai fasad terindah di Inggris. Pencinta kucing mungkin bakal cocok dengan stasiun ini. Sebab, stasiun Huddersfield punya “penghuni” tetap, yakni dua kucing bernama Felix dan Bolt, yang sangat populer dan bahkan punya akun media sosial sendiri.

Stasiun Napoli Afragola, Naples, Italia

Salah satu stasiun terindah di dunia lainnya adalah Stasiun Napoli Afragola di dekat Naples, Italia. Stasiun dengan konsep arsitektur yang sangat modern ini dibangun tepat di sebelah desa Mycenaean kuno yang berasal dari tahun 1500 SM, yang dibuka pada 2017. Stasiun rancangan Zaha Hadid ini memiliki bangunan yang memainkan garis-garis putih tidak biasa di dalam dan luar gedung stasiun. Tampak menentang gravitasi dan pemikiran-pemikiran tradisional. Dari kejauhan, stasiun super modern ini terlihat seperti pesawat luar angkasa yang mendarat di landskap hijau. Jika dilihat dari dekat, permainan garis, cahaya, dan bayangan yang dipantulkan tampak sangat memesona. Sudut-sudutnya tampak dihujani cahaya, membuat kesan modern semakin kental.

Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai, India

Stasiun dengan desain Victoria kuno yang megah ini kerap dijadikan lokasi syuting berbagai film Bollywood dan Hollywood, termasuk film peraih Oscar, Slumdog Millionaire (2008). Garis-garis bangunannya mengingatkan sebagian orang pada St. Pancras di London, tetapi berlokasi tepat di jantung Mumbai yang padat. Chhatrapati Shivaji Terminus, sebelumnya dikenal sebagai Victoria Terminus, adalah contoh arsitektur kolonial yang bagus, dirancang oleh arsitek FW Stevens dan dibangun selama 10 tahun yang kemudian dibuka pada 1887. Stasiun ini bahkan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, sehingga tak berlebihan rasanya jika memasukannya ke dalam daftar stasiun paling indah di dunia

Stasiun Kanazawa, Jepang

Stasiun Kanazawa juga merupakan salah satu stasiun terindah di dunia, dengan atap kaca, kubah baja, dan gerbang megah yang mengarah ke pintu masuk. Seluruhnya terbuat dari kayu dari cemara Jepang dan dirancang dengan drum Tsuzumi tradisional

Stasiun Kanazawa juga merupakan salah satu stasiun terindah di dunia, dengan atap kaca, kubah baja, dan gerbang megah yang mengarah ke pintu masuk. Seluruhnya terbuat dari kayu dari cemara Jepang dan dirancang dengan drum Tsuzumi tradisional.

Ketika melihatnya, kita mungkin tak percaya bahwa stasiun yang tampak begitu modern ini oertama kali dibangun pada 1898. Rupanya, stasiun tua yang telah lama hilang telah diganti dengan versi modern yang saat ini ada. Detail dari stasiun ini begitu menarik, termasuk 24 pilar kayu di sepanjang concourse, yang masing-masing dihiasi pernis atau barang porselen, mewakili warisan budaya dan seni kota tersebut.

Stasiun Komsomolskaya, Moskow, Rusia

Ini adalah stasiun metro komuter dalam kota dengan bangunan bergaya Soviet yang megah dan mencolok. Stasiun ini punya langit-langit berkubah kuning cerah, tiang-tiang yang menopang lengkungan cantik, plester putih di langit-langit, dan lampu gantung yang tak terhitung jumlahnya, semuanya berpadu menciptakan sebuah bangunan yang begitu indah. Di stasiun metro yang sibuk ini terdapat mosaik besar karya Pavel Korin yang merayakan kehebatan Rusia dalam berbagai perang dan adegan dari sejarah Rusia, lengkap dengan para jenderal yang menang dan sejumlah pahlawan nasional.

Estacao Da Luz, Sao Paulo, Brasil

Bangunan stasiun ini dirancang dan diproduksi di Glasgow, Skotlandia. Para pekerja merakit seluruh bangunan di Glasgow, sebelum membongkarnya, kemudian mengirimkannya ke Sao Paulo dan memasangnya kembali di tempat. Da menara jam yang pernah mendominasi cakrawala Sao Paulo, mengumumkan kekayaan kopi dari kota itu kepada dunia.

Di dalam stasiun, pengunjung juga bisa menemukan Museum Bahasa Portugis.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->