Rabu, 17 November 2021

Candi Prambanan Terima Kunjungan Anak Usia di Bawah 12 Tahun


Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang wajib dikunjungi saat sedang wisata candi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Saat ini, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko sudah mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun untuk berkunjung ke tempat tersebut sejak 19 Oktober 2021.

Saat ini Taman Wisata Candi sudah dibuka kembali (untuk anak berusia di bawah 12 tahun),” tutur perwakilan PT TWC yang enggan disebut namanya, Rabu (17/11/2021). Adapun, pengumuman ini juga telah diumumkan oleh pihak PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melalui akun Instagram @prambananpark pada Selasa (19/10/2021). Kendati demikian, mereka wajib didampingi oleh orang tua yang sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, orang tua juga harus sudah bervaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Lengkapnya, berikut syarat kunjungan ke Candi Prambanan: Untuk orang tua, sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi. Untuk orang tua, sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Untuk anak berusia di bawah 12 tahun, harus didampingi oleh orangtua yang memenuhi syarat pada poin-poin sebelumnya. Seluruh wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Area kunjungan wisatawan dibatasi

Perwakilan PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko ini menyebutkan, pihaknya masih membatasi area yang dapat dikunjungi wisatawan. “Benar (masih dibatasi). Saat ini kunjungan maksimal sampai pelataran saja, belum bisa naik ke candi utama seperti biasa. Batasan jumlah pengunjung per harinya, Candi Prambanan 3.500 pengunjung,” jelas dia.

Sementara itu, khusus hari Senin, kunjungan hanya dapat dilakukan di area taman sekitar candi. Wisatawan bahkan tidak bisa berkunjung ke pelataran Candi Prambanan.

Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kawasan wisata ini buka setiap hari pukul 06.30-17.00 WIB. Adapun, pembukaan lebih pagi ini karena Candi Prambanan memiliki paket wisata baru yakni Pruputan. Berdasarkan informasi dalam salah satu unggahan di akun Instagram @prambananpark, Pruputan adalah paket yang memungkinkan pengunjung untuk jalan-jalan pakai mobil listrik. Paket sudah termasuk makan pagi. Harga paket wisata Pruputan Candi Prambanan adalah Rp 75.000/pax untuk anak-anak, dan Rp 100.000/pax untuk umum. Periode Pruputan adalah setiap hari pukul 06.30-08.00 WIB.

Harga tiket masuk Candi Prambanan adalah Rp 50.000 per orang untuk wisatawan nusantara (wisnus).

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT