Daftar 25 Negara yang Terapkan Pajak Turis Mulai 2022, Ada Indonesia

  • Bagikan
daftar 25 negara yang terapkan pajak turis mulai 2022 ada indonesia
daftar 25 negara yang terapkan pajak turis mulai 2022 ada indonesia

Pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata harus berjuang keras untuk bangkit dari keterpurukan, serta menghadapi sejumlah aturan pembatasan dan penutupan wilayah. Hal tersebut lantas membuat beberapa negara akan memberlakukan pajak wisatawan atau tourist tax mulai tahun 2022. Kendati demikian, kebijakan tersebut bukanlah hal yang baru lantaran sudah diterapkan di beberapa negara sebelumnya.

Mungkin saja kamu pernah membayar pajak turis ini saat wisata ke sebuah negara, baik lewat tiket pesawat maupun penginapan. Melansir Euro News pada Selasa (18/1/2022), berikut daftar 25 negara atau wilayah yang akan memberlakukan pajak turis mulai tahun 2022:

  1. Thailand

Thailand akan menerapkan biaya wisata mulai April 2022 sebesar 8 euro atau sekitar Rp 130.270. Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand mengatakan bahwa sebagian dari pajak tersebut akan digunakan untuk keperluan wisatawan, serta membantu biaya pengembangan tempat-tempat wisata di Thailand.

  1. Venesia

Venesia akan segera menagih pajak kepada wisatawan mulai musim panas tahun ini hingga seterusnya. Retribusi yang diusulkan akan bervariasi antara 3 – 10 euro atau sekitar Rp 48.847 hingga Rp 162.796, berdasarkan low season atau high season.

  1. Uni Eropa (UE)

Uni Eropa (UE) akan menerapkan pajak turis mulai akhir tahun 2022. Kebijakan ini mewajibkan warga negara non-UE, termasuk Amerika Serikat (AS), Australia, Inggris, dan wisatawan lain dari luar zona Schengen untuk mengisi aplikasi sebesar 7 euro atau sekitar Rp 113.957 untuk masuk ke kawasan UE. Meski begitu, biaya tersebut akan dibebaskan bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun, atau di atas 70 tahun.

  1. Austria

Di Austria, wisatawan wajib membayar pajak akomodasi untuk semalam. Besar pajak bervariasi tergantung provinsi. Di Wina atau Salzburg, contohnya, wisatawan akan membayar tambahan sebesar 3,02 persen dari tagihan hotel per orangnya.

  1. Belgia

Pajak wisatawan di Belgia juga berlaku untuk akomodasi per malam. Secara umum biaya untuk wisatawan yang menginap di negara tersebut sekitar 7,50 euro atau Rp 81.398.

  1. Bhutan

Saat negara lain memberlakukan pajak turis di bawah 20 euro, Bhutan justru menetapkan harga yang cukup tinggi. Biaya harian minimum untuk wisatawan asing mulai dari 228 euro atau Rp 3.711.764 per orang untuk satu hari, selama high season. Harga ini akan sedikit lebih murah saat low season. Kendati demikian, biaya ini sudah mencakup beragam hal, di antaranya akomodasi, transportasi dalam negeri, pemandu, makanan, dan biaya masuk.

  1. Bulgaria Bulgaria menerapkan biaya untuk wisatawan yang menginap semalam. Harganya pun dinilai rendah dan bervariasi tergantung klasifikasi area dan hotel, yaitu sekitar 1,50 euro atau Rp 24.419.
  2. Kepulauan Karibia

Sebagian besar Kepulauan Karibia memiliki pajak wisatawan yang ditambahkan ke biaya hotel atau biaya keberangkatan. Biaya berkisar dari 13 euro, atau sekitar Rp 211.635, di Bahama hingga 45 euro, atau sekitar Rp 732.585, di Antigua dan Barbuda.

  1. Kroasia

Kroasia menaikkan pajak wisatawan mereka pada tahun 2019. Kenaikan tarif hanya berlaku selama peak season pada musim panas. Wisatawan akan membayar sekitar 1,33 euro atau Rp 21.163 per orang per malam.

  1. Republik Ceko

Wisatawan hanya perlu membayar biaya wisata di Republik Ceko saat mengunjungi ibu kota, Praha. Biayanya di bawah 1 euro (sekitar Rp 16.305) dan dibayar per orang, untuk satu hingga 60 malam. Pajak tidak berlaku untuk anak di bawah 18 tahun.

  1. Perancis

Perancis memiliki taxe de séjour yang harus dibayar. Biaya tersebut ditambahkan ke tagihan hotel wisatawan dengan harga yang bervariasi tergantung kota tempat wisatawan itu berada. Tarifnya berkisar dari 0,20 euro hingga 4 euro, atau sekitar Rp 3.255 hingga Rp 65.118 per orang per malam. Biaya tersebut akan digunakan untuk memelihara infrastruktur pariwisata.

  1. Jerman

Jerman memiliki kulturförderabgabe atau pajak budaya dan bettensteuer atau pajak tempat tidur di sejumlah kota, di antaranya Frankfurt, Hamburg, dan Berlin. Biaya tersebut sekitar lima persen dari tagihan hotel wisatawan.

  1. Yunani

Pajak wisatawan di Yunani berdasarkan jumlah bintang hotel atau jumlah kamar yang disewa. Kemungkinan tarif per kamar sekitar 4 euro atau Rp 65.118 rupiah.

  1. Hungaria

Pajak wisatawan di Hungaria hanya berlaku di Budapest. Wisatawan harus membayar biaya tambahan sebesar empat persen per malam berdasarkan harga kamar mereka.

  1. Indonesia

Pajak wisatawan di Indonesia hanya berlaku di Bali. Pada tahun 2019, undang-undang baru menyatakan bahwa wisatawan mancanegara harus membayar mulai dari 9 euro atau sekitar Rp146.517. Pendapatan dari pajak ini digunakan untuk program-program yang membantu melestarikan lingkungan dan budaya Bali.

  1. Italia

Pajak wisatawan di Italia tergantung tempat wisatawan tersebut berada. Venesia baru memperkenalkan pajaknya sendiri untuk musim panas 2022. Sementara itu, pajak wisata di Roma berkisar antara 3 – 7 euro per malam, atau sekitar Rp 48.839 – Rp 113.957, tergantung jenis kamar.

  1. Jepang

Di Jepang, wisatawan hanya membayar 8 euro, atau sekitar Rp 130.237, saat mereka meninggalkan negara tersebut.

  1. Malaysia

Malaysia mengenakan tarif tetap setiap malamnya untuk wisatawan yang menginap. Biayanya tidak lebih dari 4 euro atau sekitar Rp 65.118 per malam.

  1. Selandia Baru

Wisatawan asing yang tiba di Selandia Baru harus membayar International Visitor Conservation and Tourism Levy atau IVL. Namun, kebijakan ini dikecualikan bagi orang-orang dari Australia. Biaya IVL berkisar 21 euro atau sekitar Rp 341.873.

  1. Belanda

Belanda memiliki pajak wisata darat dan pajak wisata air. Di Amsterdam, besar pajak sekitar tujuh persen dari biaya kamar hotel.

  1. Portugal

Pajak wisatawan di Portugal cukup rendah dan dibayarkan per malam untuk satu orangnya. Kebijakan ini hanya berlaku bagi wisatawan yang berusia 13 tahun ke atas. Biayanya sekitar 2 euro atau Rp 32.559. Mereka hanya perlu membayarnya pada tujuh hari pertama selama periode menginap.

  1. Slovenia Pajak wisatawan di Slovenia bervariasi berdasarkan lokasi dan bintang hotel, yaitu sekitar 3 euro atau Rp 48.839.
  2. Spanyol

Jika kamu pergi ke Ibiza atau Majorca, maka kamu harus membayar pajak wisatwan sekitar 4 euro atau Rp 65.118 per malam. Kebijakan ini berlaku untuk setiap wisatawan yang berusia 16 tahun ke atas.

  1. Swiss

Pajak wisatawan di Swiss bervariasi tergantung lokasi. Biaya per malam dan per orangnya sekitar 2,20 euro atau Rp 35.815. Biaya tersebut hanya berlaku untuk masa inap di bawah 40 hari.

  1. Amerika Serikat

Pajak hotel atau pajak akomodasi untuk wisatawan di Amerika Serikat disebut pajak hunian. Tarif tertinggi ada di Houston, dengan pajak 17 persen dari tagihan hotel wisatawan. Saat ini, sudah banyak negara yang memberlakukan kebijakan pajak wisatawan karena berbagai alasan.

Mulai dari mengontrol jumlah kunjungan agar tidak melebihi daya tampung, memelihara fasilitas wisata, hingga melindungi sumber daya alam di negara tersebut.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->