简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Garut Ingin “Sulap” Wisata Gunung Guntur Seperti Bromo dan Merapi

  • Bagikan
garut ingin sulap wisata gunung guntur seperti bromo dan merapi
garut ingin sulap wisata gunung guntur seperti bromo dan merapi

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat berencana memoles Gunung Guntur agar menjadi obyek wisata yang lebih menarik, misalnya seperti Gunung Bromo di Jawa Timur dan Gunung Merapi di Yogyakarta yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Menurut Bupati Garut Rudy Gunawan, Pemkab Garut sudah mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk perubahan status Gunung Guntur, dari semula Cagar Alam (CA) menjadi Taman Wisata Alam (TWA) untuk pengelolaan tempat tersebut menjadi kawasan wisata.

“Cagar Alam atau TWA (Gunung Guntur) ini indah, sungguh indah, sama dengan Bromo nanti, sama dengan Gunung Merapi,” kata Rudy di Garut, Senin (07/03/2022), seperti dikutip Kompas.com dari Antara. Usulan perubahan status tersebut kini masih diproses di tingkat pemerintah pusat dan saat ini sudah dilakukan pengukuran wilayah. Ini dilakukan untuk menentukan daerah mana saja yang akan masuk Cagar Alam dan Taman Wisata Alam di Gunung Guntur. “Sudah dalam tahap finalisasi, sekarang tinggal menteri saja, kemarin pengukuran dan lainnya sudah,” ungkap Rudy.

Jika putusan perubahan status sudah dikeluarkan, keberadaan Gunung Guntur bisa dimanfaatkan menjadi kawasan wisata yang menarik dan mampu bersaing dengan daerah lain. Rudy berharap, Gunung Guntur dan beberapa tempat wisata di Kabupaten Garut nantinya dapat menjadi pusat pariwisata premium Kabupaten Garut, yang lokasinya tidak jauh dari kota.

Adapun beberapa keistimewaan kawasan Gunung Guntur di antaranya sumber air panas alami, ada banyak kuda, dan beragam atraksi wisata yang menarik. Investor diharapkan bisa mengembangkan kawasan Gunung Guntur itu menjadi obyek wisata yang menarik dan memberikan kesan bagi setiap pengunjungnya. “Saya berharap ada investor yang bisa mengelola, dikelola dengan baik, bekerja sama dengan BKSDA, warga Garut dapat manfaat,” katanya.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->