Kamis, 21 Oktober 2021

Hari Pertama Dibuka, Gunungkidul dan Pantai Bantul Diserbu Wisatawan


Wisatawan menyerbu tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), setelah dibuka kembali bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad Saw, Rabu (20/10/2021). Terkait aturan ganjil genap untuk kendaraan saat akhir pekan, hal itu masih dikoordinasikan dengan pihak terkait. Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, sampai pukul 16.00 WIB data kunjungan yang masuk 4.325 orang. Untuk kunjungan non-pantai sebanyak 84 orang, terdiri dari Goa Cerme delapan orang dan Gunung Api Purba Nglanggeran 76 orang. “Kawasan pantai masih mendominasi kunjungan hari pertama dibuka kemarin,” kata Harry saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (21/10/2021).

Saat disinggung mengenai kendala sinyal, Harry mengatakan masih ada masalah sinyal di tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Pule. “Untuk kendala sinyal hanya pos Pule, lainnya lancar,” kata dia. Ia menambahkan, kebijakan ganjil genap mengacu pada Surat Edaran (SE) Nomor: 556/4825 tentang Pembukaan Destinasi Wisata di Kabupaten Gunungkidul. Adapun surat itu diteken oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono, Selasa (19/10/2021). Salah satu poinnya adalah pemberlakuan ganjil genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi wisata mulai Jumat pukul 12.00 – 18.00 WIB.

Harry mengatakan bahwa pihaknya masih akan berkoordinasi. “Kita akan rapat koordinasi (terkait pemberlakuan ganjil/genap) Jumat pagi (22/10/2021),” katanya. Sementara Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan, berdasarkan Instruksi Bupati Bantul Nomor 31/INSTR/2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Covid-19 di Kabupaten Bantul, kawasan wisata boleh dibuka. Salah satu syaratnya adalah pelaksanaan ganji genap saat akhir pekan. “Hari ini kita rapat koordinasi, nanti akan kita sampaikan,” kata Markus.

Terkait kunjungan wisata, Markus mengatakan bahwa sebanyak 10.598 orang mengunjungi kawasan Pantai Parangtritis, dan 1.975 orang mengunjungi pantai wilayah barat.

Sementara untuk kawasan non-pantai, Gua Cerme dikunjungi 17 orang dan Gua Selarong dikunjungi 110 orang. “Pantai mendominasi kunjungan hari pertama,” kata Markus. Perlu diketahui kawasan wisata di DIY sebelumnya ditutup sejak PPKM diberlakukan mulai 3 Juli 2021 lalu.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT