简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Ini Jalur Wisata Bromo yang Ditutup Saat Nyepi

  • Bagikan
ini jalur wisata bromo yang ditutup saat nyepi
ini jalur wisata bromo yang ditutup saat nyepi

Kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan ditutup pada 3-4 Maret 2022 mulai Kamis malam pukul 00.00 WIB hingga Jumat pagi pukul 05.00 WIB. Penutupan ini merujuk pada Surat Pengumuman Balai Besar TNBTS tertanggal 1 Maret 2022 berdasarkan permintaan warga Tengger dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Alasan penutupan karena ritual Nyepi 1944 Saka/Pergantian Tahun Baru Saka yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani mengungkapkan, terdapat sejumlah jalur wisata Bromo yang akan ditutup. “Penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura,” kata Novita melalui keterangan resmi, Selasa (1/3/2022). Sementara dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Kemudian dari Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas BB-TNBTS Syarif Hidayat menyebut bahwa kebijakan penutupan itu untuk menghormati ritual Nyepi yang dilaksanakan oleh sebagian besar umat Hindu Tengger. “Penutupan pada Hari Raya Nyepi selalu kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” terang Syarif melalui pesan singkat. Hari Raya Nyepi adalah ritual yang biasa dilakukan oleh umat Hindu untuk menyambut Tahun Baru Saka. Rangkaian Hari Raya Nyepi mulai dari Melasti, Tawur Kesangan, Nyepi dan Ngembak Geni.

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->