Selasa, 26 Oktober 2021

Kebun Teh Wonosari Malang, Camping Bermalam di Tengah Kebun Teh


Terhampar luas, Kebun Teh Wonosari begitu menyejukkan pandangan. Kebun Teh Wonosari Kebun Teh Wonosari terletak di Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang. Kebun ini di dikelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Lokasinya sekitar 8 kilometer dari pintu exit tol Lawang dan sekitar 26 km dari Kota Malang.

Luasnya mencapai 528 hektar. Karena memicu animo kunjungan, pihak pengelola ingin memaksimalkan pariwisata kebun teh ini. “Kita berusaha mengelola Wisata Agro Wonosari ini secara maksimal. Awalnya sebagai sampingan saja. Dengan melihat animo wisatawan, kita upayakan ke arah maksimal profesional sambil menyiapkan SDM dan menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan,” kata Manajer Kebun Wonosari, Khubbul Wathoni Akhsani Taqwin kepada Kompas.com, Jumat (22/10/2021).

Khubbul mengatakan, sebelum pandemi Covid-19, jumlah kunjungan bisa mencapai 5.000 orang pada hari Minggu dan 4.000 orang pada hari Sabtu.

Aktivitas wisata di Kebun Teh Wonosari Wisatawan datang ke kebun teh untuk menikmati pemandangan hijau daun teh yang terhampar luas. Mereka juga dapat melihat cara pengelolaan teh. “Mereka di sini menikmati udara segar, kesejukan kemudian edukasi, rekreasi dan ada yang ingin tahu tentang pengolahan teh. Yang banyak adalah wisatawan bersantai dengan keluarga di area terbuka,” jelas Khubbul.

Selain itu, tersedia pula sarana rekreasi. Seperti kolam renang, outbound, jalur gowes, dan jalur trail. Wisatawan juga bisa belajar tentang teh dengan mengikuti tur kebun dan pabrik untuk mengenal beberapa jenis teh di Indonesia.

Menginap di Kebun Teh Wonosari Tak hanya itu, wisatawan juga bisa bermalam di dalam kebun teh itu. Ada 24 cottage untuk bermalam di dalam kebun teh. Ada pula Hotel Rollaas yang berdiri di tengah hamparan tanaman teh. Hotel itu terdiri dari 46 kamar. Harga per malamnya mulai dari Rp 375.000. “Ada camping ground apabila ingin bermalam di tenda bersama keluarga merasakan sensasi bermalam di luar rumah tapi masih dalam kawasan yang aman,” katanya. Harga untuk camping ground mulai dari Rp 35.000 per orang.

Sejarah di Kebun Teh Wonosari Wisatawan juga bisa merasakan sensasi matahari terbit dan matahari terbenam di kawasan kebun teh itu. Kebun Teh Wonosari sudah ada sejak tahun 1875. Saat itu lahan berfungsi sebagai kebun kina dan kopi.

Pada tahun 1910, kebun itu beralih fungsi menjadi kebun teh oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah Indonesia merdeka, status kebun dinasionalisasi dan sekarang berada di bawah pengelolaan PTPN XII. Jam buka dan harga tiket Kebun Teh Wonosari Kebun Teh Wonosari buka setiap hari, mulai pukul 6.00 WIB sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 15.000 untuk weekday dan Rp 20.000 untuk weekend. Selama masa PPKM, pastikan berkunjung sesuai protokol kesehatan. Tetap berjaga jarak, menggunakan masker, hindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan segera lengkapi vaksinasi.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT