Keindahan Belitung Di Negeri Laskar Pelangi

  • Bagikan
finroll negeri laskar pelangi7
negeri laskar pelangi

Sejak timbulnya film Laskar Pelangi yang mengambil tempat di Belitung, keindahan Belitung mulai dikenal tidak sedikit orang dan akhirnya kini menjadi salah satu tujuan liburan favorit untuk para wisatawan dan Pulau Belitung dijuluki Negeri Laskar Pelangi. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yakni Kabupaten Belitung yang beribu kota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur yang beribu kota di Manggar.

Kabupaten Belitung mempunyai iklim tropis dan basah dengan variasi curah hujan bulanan antara 3,3 mm sampai 691,6 mm.

Jumlah hari hujan antara 1 hari sampai 30 hari setiap bulannya. Curah Hujan tertinggi bulan Desember. Rata-rata suhu 24,0 °C sampai 27,9 °C. Mulai dari beberapa pantainya yang memang cantik dain air lautnya yang jernih. Belitung menyimpan banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

5 tempat yang wajib dikunjungi di  negeri laskar pelangi Belitung

1. Pantai Tajung Tinggi
Pantai ini mulai terkenal karena dijadikannya lokasi film Laskar Pelangi (2008). Di sana juga banyak warung yang menjual makanan seafood sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika kelaparan. Selain itu juga banyak permainan air di sini, dimulai dari banana boat, kano, hingga ski air.
finroll negeri laskar pelangi2

2. Pulau lengkuas
Pulau ini pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata. Air biru yang jernih membuat kita bisa melihat beragam koral yang tumbuh. Untuk sampai kepulau ini harus menyewa kapal di sekitaran wilayah Tanjung Kelayang, karena harus menyeberang ditempuh sekitar 20 menit. Untuk menyewa kapal disarankan nego harga, kalau bisa kita punya teman asli Belitung karena harga ditawarkan penyewa kapal berkisaran 700 hingga 900rb per keluarga. Jika kita bisa menego kita bisa mendapatkan harga 300 – 400rb rupiah.

3. Sekolah Laskar Pelangi

Tenarnya film ini membuat SD Muhammadiyah Gantong ini menjadi objek wisata masyarakat yang penasaran akan suasana tempat Andrea Hirata mengenyam pendidikan dasar. Lokasi sebenarnya memiliki akses yang cukup sulit ditempuh wisatawan sehingga bangunan ini dipindahkan.
finroll negeri laskar pelangi4

4. Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Meledaknya film Laskar Pelangi membuat Andrea Hirata membangun museum sastra ini. pengunjung bisa mendapatkan inspirasi untuk lebih mencintai karya sastra, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu pengunjung akan diajak menapaktilasi perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan halaman per halaman novel laris tersebut hingga diangkat menjadi sebuah film yang sangat laris di Indonesia.
finroll negeri laskar pelangi5

5. Danau Kaolin

Danau ini sebenarnya adalah lokasi pertambangan timah dan kaolin, kemudian penambangnya tidak menutup lubang itu kembali dan dibiarkan begitu saja. Sehingga lama kelamaan bekas tambang ini airnya berubah menjadi biru.
finroll negeri laskar pelangi6

Sumber : liputan6.com

  • Bagikan
-->