Selasa, 2 November 2021

Marina Star Sorong, Kulineran di Pelabuhan Sambil Nikmati Sunset


Saat membicarakan pelabuhan, sebagian orang mungkin mengira tidak ada kegiatan wisata yang dapat dilakukan. Umumnya, pelabuhan hanya tempat bersandar bagi kapal-kapal yang baru tiba atau hendak mengarungi laut lepas. Namun, ada yang berbeda di Pelabuhan Perikanan Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Kompas.com sempat berkunjung ke sana pada Senin (25/10/2021) . Jalur yang cukup berliku perlu ditempuh sebelum memasuki area pelabuhan.
Setibanya di pintu masuk area pelabuhan, deretan mobil mewah sudah berjajar memenuhi area parkir. Ramainya area parkir itu ternyata dikarenakan adanya restoran yang cukup besar dan bertingkat. Lokasinya ada di sisi kiri dermaga bercabang yang dihiasi deretan kapal, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Restoran kekinian di dalam pelabuhan Marina Star Cafe & Resto adalah nama restoran itu. Pendar cahaya berwarna kuning menghiasinya di tengah gelapnya pelabuhan usai disirami cahaya matahari terbenam beberapa menit sebelum Kompas.com tiba. Di kejauhan, sorot lampu dari beberapa kapal besar dan rumah-rumah yang mengelilingi pelabuhan dapat dengan mudah terlihat.

Tempat makan ini tidak berdiri di atas daratan, melainkan mengapung di atas pelabuhan, dan terdiri dari empat area makan. Pertama adalah area makan tepi dermaga, lalu area makan dalam ruangan semi-outdoor di lantai 1 dan lantai 2, kemudian area makan dalam ruangan di lantai 2. Restoran ini kental dengan nuansa kayu. Mulai dari bangunan hingga tempat duduk untuk menikmati santapan lezat.

Hampir di setiap sudut restoran ini diterangi cahaya lampu, pengunjung tidak perlu khawatir jika makanan tidak terlihat atau tidak bisa swafoto dengan latar belakang laut lepas.

Beragam menu lezat dengan harga terjangkau

Wisatawan ditawarkan beragam pilihan menu untuk disantap. Setiap hidangan dibagi menjadi beberapa kategori. Ada yang cocok untuk disantap sendiri,dan ada yang cocok disantap ramai-ramai.

Untuk jenis makanannya, beberapa yang ditawarkan adalah sup, olahan ikan, dan makanan kekinian, seperti spaghetti dan fish and chips. Beberapa pilihan sup antara lain adalah sup kuah kuning atau bening, sup sapo ikan keladi, sup asparagus, dan sup ikan sawi asin. Harga dibanderol mulai dari Rp 75.000 untuk ukuran kecil. Sementara untuk sup berbahan ikan kakap dan kerapu, harganya adalah Rp 330.000 per kilogram. Sementara untuk olahan ikan, beberapa yang dapat dipilih menunya adalah ikan iris cah jahe, ikan saus lemon, dan ikan bakar rica. Harga sama dengan menu sup berbahan ikan kakap dan kerapu.

Untuk menu minuman, terdapat pilihan kopi, non-kopi, dan teh dengan harga mulai dari Rp 15.000. Beberapa menu yang tersedia adalah americano, cafe mocha, matcha espresso, dan red mocha. Kemudian, ada caramel latte, espresso, ice coconut black coffee, red velvet, choco latte, black oreo ice blend, teh susu, teh jeruk nipis, teh jahe, dan green thai latte.

Kegiatan wisata di Marina Star Cafe & Resto Sorong

Wisatawan yang bekrunjung ke Marina Star Cafe & Resto tidak hanya bisa kulineran. Mereka juga menikmati segarnya angin laut yang berhembus. Pengunjung juga bisa menikmati hingar bingar pelabuhan dari para pekerja kapal yang tengah bekerja, serta keluar masuknya kapal-kapal yang hendak berangkat atau tiba dari Kabupaten Raja Ampat.

Jababeka industrial Estate

Selain itu, jalan-jalan di dermaga sambil menikmati pemandangan laut lepas pun merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terlebih jika berkunjung ke restoran ini pada sore menjelang malam untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika ingin berkunjung, Marina Star Cafe & Resto berlokasi di Jalan Cakalang, Pelabuhan Perikanan Sorong, Kota Sorong. Waktu bukanya adlaah setiap hari pukul 06.00-22.00 WIT.

Sumber : Kompas.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT