Kamis, 11 Maret 2021

Pesona Indahnya Pulau Sombori yang Seperti Surga


Belum berkesempatan buat menjelajahi Raja Ampat? Kalau begitu bagaimana jika mengunjungi Pulau Sombori saja?

Pulau Sombori adalah kawasan konservasi laut seluas 41.342 hektar. Terdapat beberapa pulau kecil di kawasan ini, sebagian di antaranya menjadi tempat tinggal bagi nelayan, selebihnya adalah pulau tak berpenghuni. Pulau Sombori terletak di Morowali, Sulawesi Tengah.

Ketika memasuki kawasan Sombori, Anda akan disambut oleh tebing karang di kanan dan kiri, dengan lautan yang berombak. Barulah ketika masuk semakin dalam, hamparan lautan tenang nan memukau, menanti untuk Anda nikmati. Kawasan Sombori terdiri dari gugusan pulau karang yang menakjubkan, layaknya Raja Ampat. Ada yang hanya berupa karang menonjol, ada pula pulau karang besar yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Pepohonan ini menjadi tempat bertengger burung-burung.

Inilah Pulau Sombori diperkenalkan lewat Festival Bajo Pasakayyang pada 21 November 2015 di Pulau Kaleorang.

finroll pulau sombori 1

Bagi Anda yang menyukai snorkling Pulau Sombori adalah pilihan yang tepat

karena pemandangan bawah laut di Pulau Sombori tidak kalah luar biasa dan mampu memanjakan mata Anda. Beraneka warna dan bentuk binatang karang, terhampar lautan. Selain itu, Pulau Sombori ini dikelilingi oleh pasir putih nan menawan.

Spot foto favorit para wisatawan di sini adalah Puncak Khayangan, berupa tebing karst di mana pengunjung bisa menikmati lanskap pemandangan Sombori secara utuh.

Jika beruntung, Anda bisa melihat gerombolan lumba-lumba atau hiu paus yang sedang mengejar ikan. Untuk menuju kawasan Sombori, dapat ditempuh melalui Kendari, Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, Anda dapat memilih menempuh perjalanan darat atau laut. Untuk perjalanan darat bisa ditempuh selama 5-6 jam menuju Kota Lafei Morowali dan dilanjutkan denga perahu selama 1 jam untuk ke Pulau Kaleroang. Sedangkan jika menempuh perjalanan laut, akan memakan waktu setengah hari, jika menggunakan kapal niaga. Sedangkan jika menggunakan speedboat, dapat ditempuh sekitar 4-5 jam.

Calon wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Sombori biasanya ditawarkan paket wisata Kepulauan Labengki dan Sombori. Wisata Sombori sendiri masih belum dikelola secara maksimal. Infrastruktur dan fasilitas yang tersedia untuk wisatawan juga masih terbatas. Tetapi keindahan alamnya memang sepadan dengan kurangnya kenyamanan

( Sumber : ksmtour.com )

Komentar

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACAAN TERKAIT